Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Umpan Cakui Untuk Mancing

Cara Buat Umpan Cakui Untuk Mancing - Cakui atau Roti Cakoi yang biasanya dibuat sendiri untuk mancing ikan tapi ada juga yang masih belum ngerti cara yang pas untuk membuatnya.

Sehingga setiap di buat pasti ada saja yang salahnya maka dari itu ada baiknya saat buat cakui itu langsung perhatikan siapa yang membuatnya.

Memancing ikan apapun dengan umpan cakui yang harus diutamakan adalah lokasi tempat kita meletak umpannya dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan dilubuk tersebut.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan bisa melihat keberadaan kita dengan begitu bila ikan mulai rasa sensitifnya yang kuat sering menghindari dan diam saja walaupun umpan didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang mengandalkan bias tinggi agar samar dilihat ikan yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan yang jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kunci memancing ini pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan juga sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti.

Kalau pembuatan sudah pas, siap di bawa mancing tinggal gunting-gunting sesuai dengan ukuran yang akan di gunakan.

Cara Buat Umpan Cakui Untuk Mancing

Seperti yang kita ketahui, umpan cakui di sukai banyak ikan tapi mungkin berbeda tempat maka berbeda juga umpanya.

Khususnya di wilaya Sumatera saja ya mengunakanya, luar sih boleh saja penting cuma coba-coba.

Adapun ikan yang suka makan umpan cakui ini di antaranya:

  • Juaro, Ini yang paling ganas makanya.
  • Saitam / Sitam.
  • Baung.
  • Dan ikan kecil-kecil lainnya seperti Lais dan sebagainya.

Untuk kalian yang ingin membuat umpan cakui ini, hal pertama yang mesti kalian siapkan adalah: Pernipam (pengembang roti).

Tepung Terigu dan untuk campuran wewangian ada berbagai macam-macam yang mengunakanya, dari Jas Jus, Kunir (kuning) dan bahan lainnya untuk menambah aroma pada umpan.

Untuk takaran dalam pembuatanya cukup gunakan 3 sedok tepung terigu, tambahkan Fernipam cukup seujung sedok saja jangan banyak-banyak.

Untuk wewangianya tinggal kalian siapkan Kunyit atau mau pakai Jas Jus, sesudah itu lumatkan dulu adonanya dan biarkan sesat mengembang.

Setelah mengembang langsung goreng, begitu selesai digoreng dinginkan dulu dan siap di bawa mancing. Untuk lebih detail tentang pembuatan umpanya silahkan cek videonya, biar jelas ya:

Setelah kalian bisa membuat umpan cakui seperti di video diatas, perlu kalian perhatikan dalam pengunaanya untuk umpan karena biasanya umpan cakui hanya di gunakan harian untuk mancing.

Bila pemacing pulang biasanya umpan di tinggalkan begitu saja karena besoknya pastilah buat lagi karena bila kelamaan biasanya umpan cakui ini jadi keras dan mudah hanya, kalaupun dibawa pulang biasanya juga di masukan ke dalam kulkas.

Bukan hanya sampai disitu saja, buat untuk pembuatanya kalau bisa usahakan sepemakaianya saja jadi tidak perlu pembuatan yang berlebihan dan kebanyakan. Kalau dibuat banyak pasti akan di tinggal, yang penting buat saja secukupnya untuk dijadikan umpan mancingnya.