Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Ikan Patin Kolam, Cuma Ini Saja? Wajar Cepat Gede!

Mancing pastinya akan mengunakan umpan yang tepat untuk digunakan, terutama mengetahui makanan ikan patin di kolam.

Karena seperti biasanya, saat memancing ikan patin kolam kita membutuhkan info seputaran umpan yang digunakan.

makanan ikan patin kolam

Bukan hanya itu saja, kita juga terkadang tetap mencari tentang apa saja makanan yang biasanya dimakan ikan patin saat dikolam, tujuan mengetahui pakan ini tidak lebih dari pengembangan saat akan meracik umpan yang digunakan.

Sebelum kalian membuat umpan jitu makanan ikan patin kolam, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan patin kolam dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan patin kolam bukan cuma umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan patin kolam juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan patin kolam yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan patin kolam yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan tidak akan menghabiskan waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita gunakan.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan patin kolam maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Memang bila umpan ikan patin kolam yang biasa dibeli tetap akan strike, tapi bila mengunakan umpan yang tepat sudah pasti meyakinkan untuk mendapatkan ikan patin kolam yang besar dan banyak.

Harapan pengetahuan inilah yang memang dibutuhkan, tanpa mengetahuinya sudah pasti kemampuan kita memancing ikan hanya sebatas itu saja dan hasil tetap mengikuti hari dan juga rejeki kan.

Berbeda bila kita memahami, mendapatkan ikan dihari ini sekian, kemungkinan besok akan lebih banyak atau tidak sama sekali.

Tapi semakin ilmu di asah terus sudah pasti akan tetap terus bertambah. Nah untuk kalian yang membutuhkan makanan ikan patin kolam yang termasuk peliharaan setidaknya ada 2 jenis saja, berikut kita ulas satu persatu.

Pelet Pakan Ikan Patin

Untuk makanan favorit ikan patin kolam yang pertama adalah pelet, karena ini peliharaan sedari kecil makanan sudah pasti pelet walaupun berbeda untuk jenis pakan tapi tetap sama.

Untuk pengunaan yang standart, hanya pelet pakan ikan saja yang cukup dibeli pada toko atau penjual makanan hewan.

Selain hanya pelet standart, terkadang banyak juga yang akan menambahkan perangsang nafsu makan untuk ikan patin supaya cepat besar.

Semakin banyak umpan yang dimakan ikan sudah pasti akan tambah cepat besar, tapi bila pelet pakan tadi mau digunakan untuk umpan bisa jadi waktu sedikit lebih lama.

Bisa kalian gunakan tapi tetap harus mencampurkan dengan beberapa bahan lain seperti Essen atau Powder perangsang nafsu ikan patin memakan umpan.

Dengan menambahkan campuran, bisa dipastikan hasil lebih baik lagi terutama untuk pemancing.

Belatung Maggot BSF

Untuk pengembangan ikan patin kolam, dalam beberapa tahun ini sudah mulai banyak yang mengunakan Belatung Maggot BSF untuk pakan ikan patin.

Pengunaan pengembangan Belatung maggot sangat cepat disambar ikan patin, terbukti beberapa video menampilkan begitu disebar berlomba-lomba ikan patin memakan, dengan begitu pasti daya makan terhadap belatung ini lebih agresif.

Dengan begitu tinggal membuat saja racikan umpan yang berbahan utama belatung, sedangkan campuran bisa mengunakan Pelet 313 atau lainnya yang penting strike lebih cepat anti mocel saja lah.

Udang Kolam

Dikolam ikan patin pasti akan ada juga Udang, hampir disemua kolam pemancing juga tetap akan ada udang.

Tanpa perlu dipeliharan dengan bibit tau-tau udang tetap saja ada dikolam, jadi secara alami ikan patin kolam pasti akan sering memakan udang.

Jadi tak heran terkadang sebagai pemancing ikan patin kolam, akan membuat racikan umpan yang mencampurkan udang, biasanya saat akan diracik mulai dari digoreng kering dulu baru digiling sampai yang langsung saja diblender juga ada.

Dan hasil umpan racikan terbila hoki banget, bahkan babon juga landed.

Kesimpulan
Beberapa makanan ikan patin kolam diatas berdasarkan pengalaman pribadi, dengan begitu karena kita sesama pemancing sudah sebaiknyalah berbagi.

Yang penting apa yang bisa dibagikan selagi bermanfaat ya apa salahnya kan tentangan makanan kesukaan ikan patin kolam.