Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cari Udang Sungai, Kolam dan Rawa Untuk Umpan Mancing

Umpan udang hidup memang harus dicari dulu sebelum digunakan untuk mancing, tapi tidak mudah mencarinya bila belum mengetahui caranya.

Karena udang disungai, kolam dan rawa-rawa, berbeda cara untuk mencarinya dan harus disesuaikan dengan target ikan yang akan dipancing.

Misalkan mau mancing Ikan Belida disungai atau juga Iwak Mas Kolam, pastinya pengunaan umpan dari mencari udangnya akan berbeda.

Kita umpamakan saja, mancing ikan disungai pakai umpan udang yang dikolam, sebaliknya yang dari rawa dibawak ke tempat yang berbeda untuk memancing pastinya akan berbeda kan.

Walaupun tetap saja ikan dilokasi yang berbeda umpan udangnya, tetap mau makan tapi kan tidak secepat yang dihabitatnya, karena kan sudah terbiasa banyak.

Jadi usahakan mencari disesuai lokasinya saja, misal dikolam ya gunakan ditempat tersebut begitu juga sungai pakailah disana supaya target ikannya tepat yang kena pancing.

Sedangkan cara mencarinya, tidaklah sulit tinggal sesuaikan dulu tempat mencarinya.

Udang Kolam

cara mencari udang di kolam untuk umpan mancing

Ini paling mudah mencarinya, hanya bermodalkan tanguk (sawuk) yang halus pasti akan berlimpah udang yang bisa didapatkan.

Untuk mencarinya, cukup pilih bagian pinggir yang bertepi saja lalu masukan tanguk dan berjalan agak 3 langkah dan angkat, pastinya sudah mendapatkan udang kolam.

Tinggal dijalani saja sekeliling bagian kolam saja pastinya sudah banyak untuk mendapatkan udangnya.

Sedangkan waktu yang tepat untuk mencari udang kolam, usahakan dipagi hari, karena pada saat ini udangnya tepat berada dipinggiran dan belum tersebar, walaupun kapan saja bisa mencarinya tapi tetap saja pagi lebih baik.

Selanjutnya tinggal kumpulkan saja udang yang diambil dan siap untuk dijadikan umpan.

Udang Rawa

cari umpan udang rawa untuk mancing ikan

Sedangkan untuk mencari udang rawa-rawa sedikit berbeda dengan yang dikolam, walaupun tetap sama mengunakan tanguk tapi lokasinya pasti sulit untuk ditentukan karena tersebar.

Walaupun bisa juga mengunakan tanguk untuk mencari udang rawa, tapi pastinya akan cukup kesulitan karena tidak sekali sawuk ada banyak didalamnya.

Supaya cepat untuk mendapatkannya, cukup pasang Bubu Payung dengan mengisi umpan nasi atau buah sawit.

Cukup memasangnya dimalam hari, lalu besoknya cek sekalian bawa wadahnya dan seberapa saja dapat ambil semua dan pasang lagi untuk mencarinya lagi.

Sebagai saran, bila sudah mendapatkan udang di dalam bubu bila terlalu banyak cukup bawa untuk mancing seperlunya saja sedangkan sisanya cukup biarkan saja didalam bubu dan rendam lagi ke air, kapan saja mau diambil lagi kan tetap hidup.

Udang Sungai

cara mencari udang sungai pakai decis

Sedangkan yang kesulitan itu ya ini, karena mengunakan alat seperti diatas sudah pasti cukup sulit untuk dipakai tapi tetap masih ada saja cara mencarinya yaitu mengunakan decis.

Walaupun decil racun tapi tidak akan mematikan udang, ikan dan hewan lainnya termasuk kepiting.

Dengan decis hanya matanya saja yang mungkin terasa sakit, jadi saat menaburkannya udang akan muncul kepermukaan dan berdiam dipinggir, jadinya kan tinggal ambil dan masukin saja ke wadah sedangkan bila sudah menyiapkan air bersih diwadahnya tadi spontan akan langsung sehat lagi.

Untuk mengunakan Decis mencari udangnya juga tidak sulit, tapi jangan banyak-banyak cukup takar dengan 2 tutupnya saja sudah cukup untuk kalian mengikuti sepanjang sungai untuk mengambil udangnya.

Tapi arus sungai diperhatikan dulu, bila yang agak tenang decis bisa ditumpahkan langsung di air tadi bila deras harusnya dimasukan ke botol aqua dulu, cara membuatnya cukup kasih bolongan lalu masukan, kemudian ikan dengan tali dan celupkan ke air.

Sesudah menyelupkan langsunglah mencari udangnya, karena berlahan-lahan decisnya akan habis juga tapi tidak secara langsung.

Bila diair deras decisnya langsung ditumpahkan ya tidak akan bisa mengejar udang lah yang mau diambil.

Kesimpulan
Mencari udang itu mudah untuk yang sudah bisa mencarinya, tapi sulit bila yang sama sekali belum mengetahuinya.

Termasuk cara membawanya nanti, karena bila tidak direndam ke air malah udang lebih cepat mati, kurang lebih seperti dibawah ini.