Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Ikan Pakai Bubu Payung Cepat dan Mudah

Mengunakan bubu payung untuk memcari ikan memang terkesan simpel, mudah, dengan hasil yang lumayan.

Sekali pasang bisa dapat banyak ikan-ikan liar pada tempat yang kita pasang.

Mengunakan bubu payung untuk memcari ikan memang terkesan simpel

Namanya juga pasang perangkap, bila pas dengan pemasangan dan mengunakan umpan yang disukai ikan.

Pastinya tetap saja dapat kan ikannya, yang penting pas dengan waktu yang tepat untuk memasangnya.

Jadi bila semuanya sudah dikondisikan, tinggal tunggu saja ikan-ikan masuk ke dalamnya jadi tidak perlu susah-susah lagi nyari ikannya, sebut saja begini:

Pertama pergi untuk memasang bubu payung di lokasinya lalu di tinggal, pas waktu untuk melihatnya ya tinggal angkat dan lihat ikannya bila sedang banyak rezeki bisa-bisa ikan penuh didalam bubu tapi kalau pas belum ada rezeki ya bisa-bisa cukup saja lah.

Walaupun begitu, memasang bubu payung tetap saja asik dan juga pas dengan keinginan hati mencari ikan untuk di goreng lalu disambel pedas. Wawww lezatnya!!!

Jadi untuk kalian yang berminat untuk memasang bubu payung, beberapa hal yang mesti kalian pahami mulai dari Pemasangan, Waktu, Umpan yang digunakan dan pemilihan lokasi juga target ikan yang kalian inginkan.

Bila sudah dipahami, tinggal pasang saja lagi tapi bagi kalian yang belum mengetahuinya silahkan ikuti beberapa langkah untuk memasangnya.

Termasuk lengkap dengan cara memilih untuk dibeli dan pastinya sesuai dengan apa yang kalian harapkan.

Untuk yang pertama adalah persiapan bubunya bila belum ada ya beli dulu lah.

Harga Bubu Payung Lubang 8 dan 12

harga bubu payung lubang 8 dan 12

Untuk beli bubu payung sebaiknya lewat Online shope saja seperti Shopee, Tokopedia atau Buka lapak.

Harganya kisaran Rp.25.000 untuk lubang 8 dan Rp.40.000 Lubang 12, sedangkan bila kalian membelinya di toko alat pancing, biasanya penjual juga mengambil keuntungan jadi harganya bisa saja selisih lebih mahal.

Contohnya begini, bila beli di online shope dengan harga 25 ribu untuk yang lubang 8 nah bila kalian beli di toko pancing bisa jadi harganya lebih mahal bahkan mencapai 50 ribu bahkan lebih.

Kalau beli di online memang akan ketambahan Ongkir contohnya harga beli 25 ribu lalu ditambah ongkir 50 ribu jadinya harga yang kalian beli jadi 75 ribu tapi bila kalian pintar membelinya seperti di Shopee, Tokpedia atau Bukalapak.

Pastinya akan ada potongan Ongkir jadi hitunganya seperti ini: Harga beli 25 ribu dan ongkir 50 ribu, potongan ongkir 40 ribu jadinya kalian hanya bayar 35 ribu saja.

Perlu di perhatikan, saat membeli bubu payung lewat online shope harus teliti saat barangnya sampai.

Periksa dengan tepat karena tetap ada saja barang yang sampai tapi rusak, jadi kembalikan saja lagi bila rusak reture dengan yang baru.

Bila prmbelian bubu payung kalian sudah pas, selanjutnya tinggal mengunakan dan mengisi umpannya saja lagi.

Cara Pasang Bubu Payung

cara pasang bubu payung supaya dapat ikan banyak

Untuk pemasanganya kalian tinggal pilih di sungai atau rawa, yang pastinya jangan lupa untuk memasang tali di kunci bubu payungnya supaya mudah dalam pengunaanya.

Terutama bila kalian pasang di sungai, bila tidak di ikat dengan tali bisa saja bubu payung kalian hanyut terbawa arus sungai.

Begitupun bila kalian pasang di rawa-rawa, bila ada ikat babon yang masuk ke bubu payung bisa jadi posisi tempat kalian pasang pindah karena di tumbur-tumbur ikan.

Juga kalau bisa mengunakan bubu payung jangan 1 saja, semakin banyak lebih bagus jadi kalian bisa pasang diberbagai titik dengan umpan yang berbeda untuk kalian gunakan.

Sebut saja begini untuk bubu payung pertama ikan gabus dan yang berikutnya udang.

Tapi ingat, pemasangan tidak perlu di bagian tengah air cukup pasang di pinggir-pingginya saja terutama untuk kalian yang memasangnya dimalam hari.

Karena pada umumnya ikan lebih menyukai pinggiran saat akan mencari makanan untuknya.

Jadi cukup dipasang bagian pinggir saja, bila ada bagian air keluar seperti di rawa tapi ada 1 titik air yang keluar akan lebih pas lagi bila kalian pasang disini.

Karena pada malam hari akan ada saja ikan yang masuk juga keluar, bila sudah paham untuk memasangnya tinggal kalian sesuaikan dengan umpan yang akan kalian gunakan.

Umpan Bubu Payung Untuk Ikan Wader, Sepat, Gabus, Mujair, Nila dan Nilem

umpan bubu payung untuk ikan wader sepat gabus mujair nila dan nilem

Bila ikan-ikan diatas terbilang gampang bila kalian mengunakan bubu payung, kalian bisa mengunakan nasi dan pelet pakan ikan saja.

Untuk menyiapkan umpannya cukup masukan ke plastik lalu tusuk-tusuk mengunakan sendok garpu, semakin banyak lubang maka semakin kuat aroma yang keluar.

Akan lebih baik bila kalian mengunakan umpan pelet saja, terutama pilih yang untuk pakan ikan sudah pasti ikan apa saja yang ada dilokasi kalian memasang bubu payung akan tetap saja masuk.

Setelah ikan kecil-kecil masuk ke dalam bubu payung, bila di sekitarnya ada ikan gabus pasti akan masuk juga untuk memakan ikan yang kecil lalu tidak bisa keluar lagi.

Hanya saja terkadang ikan gabus yang masuk hanya 1 saja terlebih bila itu gabus babon.

Umpan Ikan Belut Untuk Bubu Payung

Bila kalian akan memasang bubu payung untuk ikan belut cukup gunakan umpan Bekicot atau Buah sawit saja.

Dengan umpan ini sudah pasti ikan belut akan masuk ke bubu payung yang kalian gunakan.

Untuk menguankan Bekicot kalian cukup hancurkan dulu luarnya lalu masukan isi dalamnya saja ke bubu payung.

Sedangkan bila kalian ingin mengunakan buah sawit, usahakan memilih yang sudah terlalu tua dengan warna yang sudah kuning pucat, karena akan menghasilkan aroma yang lebih kuat.

Untuk yang lebih pas lagi, gunakan saja ke 2 nya dengan memasukan buah sawit dan bekicot.

Juga usahakan pemasangnya dimalam hari saja dan mengecek diesok paginya, karena ikan belut pada umumnya lebih aktif dimalam hari untuk mencari makanan.

Tapi perlu kalian perhatikan, bila mengunakan bubu payung untuk ikan belut tidak pas karena tidak tahan dan mudah hancur mengunakan ekor belut.

Jadi, bila ikan belut sudah tidak menemukan jalan keluar lalu bagian ekornya mampu masuk / menembus keluar, pastinya akan mundur terus lalu bubu payung putus-memutus.

Dan larilah ikan belutnya, selanjutnya kalian harus memperbaiki lagi kan bubunya.

Umpan Udang Untuk Bubu Payung

umpan udang untuk bubu payung

Untuk yang ini paling mudah cukup gunakan nasi, udang pasti akan kumpul di bubu payung yang kalian pasang.

Bukan hanya sampai situ saja pastinya akan ada ikan-ikan yang lainnya juga akan ngumpul jadi tetap bisa diandalkan mengunakan nasi untuk dapat udang tinggal kalian sesuaikan tempat memasangnya saja lagi.

Tapi mengunakan nasih hanya bisa kalian gunakan untuk udang rawa-rawa atau lokasi kolam.

Sementara untuk udang sungai sedikit berbeda untuk mengunakan umpannya.

Jadi bila kalian ingin mencari yang di sungai, cukup gunakan saja pelet pakan ikan atau bisa juga pakai buah sawit tapi yang diutamakan adalah pelet pakan ikan.

Kecuali bila udang yang kalian cari untuk di air tenang seperti rawa atau kolam, pastinya mengunakan nasi saja sudah cukup tinggal tunggu saja sampai udang penuh di dalam bubu payung yang sedang kalian pasang.

Cara Perbaiki Bubu Payung Yang Rusak

Untuk memperbaiki bubu payung yang rusak, tinggal cek dulu apa kerusakannya.

Bila susunan rangkanya, kemungkinan akan sulit karena pastinya akan ribet untuk diperbaiki.

Bila yang rusak hanya sobek-sobek saja, kemungkinan masih mudah.

Tinggal cukup jahit saja lagi mengunakan benang sol yang lebih tebal, dengan begitu semua yang bolong-bolong dan sobek tinggal tambal saja dan bubu payung siap untuk kalian gunakan lagi.

Disinilah letak kekurangan dari bubu payung, karena mengunakan ayaman mengunakan benang.

Jadi tidak bisa dioptimalkan untuk ikan-ikan besar, terutama yang masuk adalah biawak pastinya akan tetap lebih cepat hancur dan berbagai susunan payungnya tetap ikut rusak juga.

Tapi mengingat harganya yang tadi, jadi paslah untuk pengunaan nya bila tahan atau tidaknya dan yang pas untuk mengunakan bubu payung ini hanya sebatas nyari ikan kecil ukuran wader, sepat, nila, mujair dan nilem tapi bila yang masuk gurame ukuran besar ya bisa jadi tetap akan hancur juga.

Kesimpulan
Mengunakan bubu payung memang tetap kembali pada kita yang mengunakanya.

Bila pemasangan dan umpan yang digunakan pas, maka tetap saja bisa pas dengan ikan yang kita dapat tapi sayangnya terkadang tetap akan ada orang lain yang ikut mengambil ikannya jadi hilang kan ikan di dalam bubu payung.