Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mamarit (marit) Kolongan Ring Senar Anti Keriting

Kolongan ring anti kriting untuk senar pancing memang kadang ada yang pakai dan ada juga yang tidak.

Tinggal tergantung keperluannya saja tapi untuk pemancing kolam hampir kebanyakan mengunakan kolongan Ring pancing untuk anti keriting.

Kolongan ring anti kriting untuk senar pancing memang kadang ada yang pakai dan ada juga yang tidak

Terutama untuk yang pakai senar halus dan lembut dengan ukuran dibawah 0.08 kebanyakan pada bagian ujung joran pancing mengunakan Kolongan Ring anti keriting.

Bila tidak digunakan maka tidak perlu waktu lama sudah pasti senar akan rusak bergelombang lalu jadi keriting.

Kalau senar sudah seperti ini tinggal pilih 2 kemungkinan:

  1. Beli senar yang baru lalu ganti yang sudah rusak.
  2. Ubah awal senar menjadi akhir dan yang akhir menjadi senar utama.

Kedua kemungkinan diataslah yang paling sering digunakan salah satunya, tapi tergantung juga dengan pemilik senarnya bila waktu luang biasanya menganti senar dengan yang baru.

Bila tidak mau ribet-ribet ya cukup gunakan alat bantu untuk menukar posisi awal senar pancing ke akhir.

Tapi untuk yang sudah mengetahui perawatan alat pancing sudah pasti tidak akan berfikir lagi untuk mengunakan Kolongan Ring dengan menganti yang pertama dibelinya.

Supaya senar awet tahan lama dan tidak ribet untuk gonta-ganti senar pancing.

Jadi, untuk kalian yang sering mikir cara supaya senar pancing tidak mudah jadi keriting jalan satu-satunya ya ganti Ring ujung joran kalian dengan Anti Keriting.

Seperti: Sungu Marit atau Mamarit dengan berbagai jenis, untuk pilihan dan kelebihannya berikut kita ulas.

Sungu Mamarit Tanduk Kolongan Ring Pancing

sungu mamarit tanduk kolongan ring pancing

Untuk yang paling banyak digunakan para pemancing yang pertama ya ini, Marit yang biasanya dibuat dengan bahan Tanduk kambing yang dirubah menjadi sedemikian rupa sehingga mampu meredam panas pada senar pancing.

Selain meredam tingkat panas, Mamarit sungu juga terbilang sangat halus sehingga saat strike ikan juga tidak akan merusak senar pancing yang kalian gunakan.

Bukan hanya sebatas itu saja, bagi kalian yang mengunakan mamarit pada joran saat mengulung senar maka tidak akan memutar senar sehingga terhindar juga untuk terjadinya gelombang-gelombang pada senar pancing dengan begitu sudah pasti senar yang kalian gunakan tahan lama.

Nah diatas sedikit berbagi tentang Sungu Mamarit kolongan ring anti keriting, untuk lebih jauh pengunaanya bisa di katakan hanya sebatas itu saja, dalam seputaran senar keriting.

Bila kalian membutuhkan alat ini, ya silahkan tinggal beli dan pasang pada bagian ujung joran pancing andalan kalian.

Cara Pasang Sungu Mamarit Di Joran Pancing

Bila hanya untuk memasang Mamarit ke ujung joran pancing, itu terbilang mudah dimana kalian cukup melepaskan dulu Ring yang sudah dipasang sebelumnya.

Lalu menganti dengan Sungu Mamarit yang sudah kalian siapkan.

Tapi mesti dilihat juga dengan bahan joran yang kalian gunakan, misalnya joran susun (antena) kemungkinan mudah untuk melepaskan Ring ujungnya cukup di beri panasan supaya lem yang berada di dalamnya mencair lalu lepaskan.

Tapi bila kalian mengunakan Fiber, sepertinga sedikit sulit karena biasanya ring utama pada ujung joran fiber dilem mati sehingga tidak akan bisa terlepas kecuali patah ujungnya ini.

Termasuk kalian bila ingin memasang Sungu Mamarit tinggal mencoba dibakar pada bagian Ringnya bila mau dilepas berarti ya tinggal pasang Mamaritnya tapi kebanyakan tidak bisa!

Kalian akan mematahkan bagian Ring ini terlebih dahulu kemudian mengikis ujungnya supaya pas memasukan ujung jorang pancing ke Sungu Mamarit.

Bila sudah pas ukurannya barulah diberikan lem perekat dan dipasang supaya kuat dan mamarit tidak mudah terlepas tanpa di sadari.

Harga Sungu Mamarit Kolongan Ring

harga sungu mamarit kolongan ring

Masalah harga ada yang murah dan juga mahal, tapi tetap pada bahan utama Mamarit yang akan kalian gunakan karena berbeda kualitas pastinya akan berbeda juga masalah harganya.

Untuk kisaran harga Mamarit sekitar dibawah 100.000an tapi tetap kembali pada penjualnya.

Biasanya kan penjual di toko akan mengutamakan keuntungan jadi semakin tinggi melabel harga maka semakin tinggi juga keuntungan dari pembelian mamarit.

Tapi tidak semua penjual di toko pancing seperti itu, tapi memang ada beberapa penjual yang begitu jadi untuk kisaran harga memang dibawah harga 100.000 bahkan ada yang hanya dikisaran 30.000an.

Untuk yang lebih mahal, biasanya ya berbahan tanduk lebih bagus bahan yang digunakan bisa jadi akan semakin mahal seperti Tanduk Kambing Hutan biasanya ya mahal, apa lagi Gading Gajah sudah tentu akan lebih mahal karena pembuatannya memang sangat rumit sebenarnya.

Walaupun harganya lebih mahal bila kualitasnya terbaik ya apa salahnya, terlebih bagi kita para pemancing sudah pasti sangat membutuhkan sungu Mamarit anti keriting ini.