Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senar Pancing Anti Kriting dan Mudah Tenggelam

Spesifik Senar pancing anti kriting dan mudah tenggelam ini memang paling banyak di minati, selain itu spesifik dalam ukuran termasuk paling tipis dan sangat halus tapi kebanyakan memiliki kekuatan beban ikan yang disesuaikan dengan tarikan walaupun tetap membutuhkan Grip untuk alat bantu menaikan ikan.

Jadi tak heran walaupun harganya agak lebih mahal tapi dari segi kemampuan senar pancing yang seperti ini tetap saja sangat di butuhkan sekali.

Selain itu mudah kriting, pastinya senar yang digunakan tidak lama lalu keriting akan terlihat kusam banget, terlebih saat mengulung ke Reel dalam keadaan senar yang kendor bisa jadi di Reel pancing akan bertumpuk-tumpuk tak beraturan.

Jadi senar tidak mudah kriting dan mudah tenggelam tetap di utamakan untuk digunakan.

Pada umumnya, senar yang mudah tenggelam ini sangat dibutuhkan saat mancing di kolam pemancingan.

Contohnya saat melemparkan umpan mengunakan pelampung sisa senar utama yang ke Reel pastinya dibutuhkan cepat tenggelam karena saat menyentaknya tadi akan langsung tersangkut ke bibir ikan.

Berbeda bila senarnya tidak atau lambat tenggelam ke air terlihat mengambang di permukaan walaupun bisa di goyang melalui joran pancing supaya senar tenggelam tapi tetap saja waktu mengoyang ikan akan menjauh.

Berbeda bila untuk mancing di sungai terutama mengunakan timah pemberat, tidak perlu tenggelam senar pancing pasti akan terasa kencang terus.

Walaupun mengunakan pelampung tetap saja tenggelam sangat tidak di butuhkan karena bisa saja nyangkut di dalam air.

Buat kalian yang membutuhkan senar seperti ini, setidaknya ada 3 yang sudah sering di gunakan diantaranya:

  1. Blood Big Game.
  2. Optima Hi Class.
  3. Dan Exory Hi Speed.

Ketiga jenis senar diatas terkesan yang paling banyak digunakan, hanya saja untuk Exory Hi Speed terbilang jarang karena warna dari senarnya yaitu Merah tua Kecoklatan sehingga bila di gunakan pada air yang bening terkesan sangat terlihat.

Bila digunakan mancing kolam kecuali untuk mancing disungai walaupun nilai bias nya lumayan tinggi.

Walaupun antara Exory Hi Speed, Blood dan Optima terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing tapi tetap saja tinggal tergantung kebutuhan kita masing-masing yang mengunakannya.

Untuk lebih jauhnya kurang lebih sebagai berikut:

Senar Blood Big Game

Senar pancing anti kriting dan mudah tenggelam

Untuk yang pertama ini, bila di lihat dari segi kriting termasuk tidak ada bahkan jarang sekali dari yang pernah mengunakannya itu ngeluh kalau kriting dan juga mudah untuk tenggelam.

Kalau kriting dibagian ujung mendekati mata kail memang sering karena perlawanan dari ikan dan ini termasuk hal yang masih wajarlah.

Sementara kalau kita lihat dari segi kelebihannya terbilang cukup banyak, tapi bukan berarti spesifik senar Blood Big Game tidak ada kekurangannya ya, pasti tetap ada.

Kelebihan
Mulai dari segi tenggelam dan tidak mudah kriting sudah oke, juga nilai bias senar ini cukup bagus sehingga terkesan samar terlihat dengan ikan saat digunakan.

Selain itu walaupun strike ikan besar tidak mudah kendor, sehingga mengulur dari Reel bisa dimaksimalkan karena bahan dari Blood Big Game yang termasuk kuat membuat kebanyakan ikan babon tetap mudah untuk naik.

Tapi sayangnya kencang terus tidak kendor sehingga bila bobot ikan lebih dari kapasitas kekuatan senar Blood Big Game maka akan langsung putus tapi tetap saja wajar.

Kekuranganya
Hanya sedikit sih yaitu pilihan warna senarnya, saat membeli senar Blood Big Game di toko alat pancing maka yang tersedia hanya 1 warna saja yaitu Bening atau Clear jadi tidak ada yang lainnya.

Kekurangan dari warna ini jika terlalu lama digunakan maka bagian yang sering tenggelam akan berubah warna agak kotor tapi tetap bisa di bersihkan mengunakan minyak, kalau menurut saya sih tidak begitu bermasalah.

Senar Optima Hi Clasa

Senar pancing anti kriting dan mudah tenggelam

Bisa dikatakan hampir sama seperti senar diatas, tapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada senar ini.

Bila di gunakan mancing terkesan berbahan Monofilament memiliki serat senar 1.

Jadi untuk sesama pemancing sudah bisa menentukan senar apa yang digunakan dan kapasitas dari kekuatannya padahal ya sudah lebih dari cukup untuk apa saja.

Kelebihan
Dari segi kekuatan sudah bisa diandalkan walaupun mendapat perlawanan dari ikan besar, kecuali bila bergigi tajam.

Untuk bias senar ini juga lumayan bagus, mudah tenggelam dan tidak juga mudah kriting bila digunakan, pokonya sudah oke lah tetap hampir sama kayak Blood Big Game jadi bila kalian pernah mengunakannya maka spesifik senar Optima Hi Class hampir sama saja.

Kekurangan
Bila strike dengan ikan yang lebih besar tidak bisa di optimalkan nariknya karena kalau sudah molor di bagian tertentunya maka akan langsung terputus tapi jarang!

Dari segi warna juga hanya Bening atau Clear saja tidak ada pilihan yang lainnya, sudah cukup untuk kekurangannya hanya dari segi itu saja.

Senar Exory Hi Speed

Senar pancing anti kriting dan mudah tenggelam

Kalau untuk yang satu ini sangat berbeda dengan senar diatas sebelumnya.

Baik dari segi kekuatan dan lainnya tapi tetap saja sudah banyak yang mengunakannya, yang sangat berminat untuk senar ini adalah panjangnya yaitu dibawah 900 meter dan mengikuti Ukuran senar yang akan digunakan.

Jadi bila kalian mengunakan Reel yang besar bisa di sesuaikan lah.

Kelebihan
Senar ini kalau strike dengan ikan besar maka akan molor tapi tidak langsung putus akan kencang lagi, bila bobot ikan yang besar maka kencang kendornya senar akan main terus.

Jadi walaupun Reel terkunci kencang tidak akan langsung putus, dari segi bias juga sudah lumayan walaupun mengunakan warna Merah tua Kecoklatan di air bening maka ikan masih tetap samar untuk memakan umpannya.

Selain itu bila tenggelam juga terkesan cepat tapi lambat di bandingkan 2 senar diatas tadi tapi ya sudah lumayan lah.

Kekurangan
Senar ini tidak tahan panas, sehingga bila digunakan pas terik matahari menyengat tidak akan tahan setelah itu akan mudah kriting.

Bila dipaksa mancing dengan kondisi seperti ini terus maka akan cepat putus.

Dari segi pilihan warna juga tetap hanya 1 saja yaitu Merah Tua Kecoklatan sehingga tidak bisa memilih yang lainnya lagi, untuk kekurangannya masih standart juga sih.

Untuk kita pemancing, saat mendapatkan senar dengan kekurangan sebenarnya tidak perlu di permasalahkan begitu besar, karena hampir semua senar pasti adalah kelebihannya yang mungkin pas untuk kita dan sesuai begitu juga kekurangannya yang kita jengkeli.

Mikirnya santai saja, selagi banyak kelebihannya ketimbang kurang ya mengapa tidak untuk di gunakan!