Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Tau Umpan Mancing Ikan Baung Sungai Atau Murai Ya?

Umpan mancing ikan baung sungai deras dan sedang, memang ada macam-macamnya ikan baung karena setidaknya ada 3 jenis ikan baung yang biasanya kena pancing.

Untuk itu, beda daerah mungkin namanya ikan baung ini juga berbeda-beda, untuk yang biasanya kena pancing adalah ikan baung biasa lalu ada ikan baung murai dan baung akar, ketiga jenis ikan ini pun spot mancingnya hampir-hampir sama saja.

Mau Tau Umpan Mancing Ikan Baung Sungai atau Murai Ya?

Rata-rata ikan baung aktifnya malam hari dan kondisi sungainya pun deras, hanya saja umpan yang di gunakan saja yang berbeda dengan ikan yang biasanya.

Memancing ikan baung lebih diutamakan adalah spot tempat kita meletak umpannya dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan baung bergerombol.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam dan terdapat banyak kayu yang dijadikan sarang, karena pada titik ini ikan baung bisa melihat kita dengan begitu bila ikan baung mulai rasa sensitif yang kuat karena ukurang besar pasti akan jadi sering menghindari dan diam saja walaupun umpan didekatnya kecuali dengan aroma yang kuat.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang mengandalkan bias yang tinggi juga halus agar samar dilihat ikan baung yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan yang jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya mendekati sarangnya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan baung yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan juga sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti.

Umpan ikan baung yang paling disukainya yang berbau kuat, tidak saja itu terkadang juga mau memakan umpan biasanya untuk ikan yang penting spot untuk memancingnya memang kawasan ikan baung.

Kalau sudah di tempatnya ikan baung, pasti kalian akan strike juga ikan ini sekalipun mengunakan umpan biasa-biasa saja tapi efek makan umpanya tidak begitu ganas bila mengunakan umpan yang tepat untuk ikan baung ini.

Karena umpan umum yang di gunakan adalah cacing saja tapi untuk khusus memancing ikan baung ada cara memancingnya dan umpan yang tepat untuk di gunakan dan beberapa umpannya adalah:

  1. Kucur, umpan yang berbau kuat yang dibuat.
  2. Kijing yang dibuat dengan di busukan.
  3. Umpan udang yang di busukan juga.
  4. Dan anak ikan khusus untuk tajur.

Umpan yang saya sebutkan diatas yang paling banyak digunakan untuk mancing ikan baung, sengaja tidak saya tulis cacing karena memang hanya umpan umum yang digunakan bukan khusus untuk ikan baung.

Beberapa umpan yang telah saya sebutkan tadi ada cara untuk membuatnya.

Cara Buat Umpan Kucur

Untuk membuat umpan ini, pertama siapkanlah Usus ayam, Lemak kambing, daging ikan baung dan kapas.

Untuk memprosesnya pertama bersihkanlah dulu usus ayam untuk banyak usus secukupnya saja lalu blender daging ikan baung tadi juga secukupnya.

Setelah siap usus dan blenderan daging, hancurkan lemak kambing terlebih dahulu dengan mencampurkan kapas, kemudian masukan ke dalam toples semua bahan dan pendam 3 hari 3 malam di dalam tanah.

Setelah hari ke 4 di ambil, ambilah dulu sendok garpu untuk mengaduk umpan kucur yang sudah dibuat tadi biasanya usus belum hancur dan umpan kucur yang baru jadi inilaj siap untuk di gunakan.

Perlu kalian ketahui, untuk umpan kucur yang sudah berjalan lama sebaiknya buang dan tidak digunakan karena ikan baung jarang yang memakan umpan kucur lebih dari 7 hari.

Cara Buat Umpan Kijing Untuk Baung

Selanjutnya mengunakan umpan kijing, untuk membuatnya tidak serumit pembuatan kucur tapi kebanyakan lebih ampuh untuk mancing ikan baung ketimbang kucur.

Untuk pembuatanya, terlebih dahulu carilah kijing sungai secukupnya kemudian kupas dan ambil isinya saja.

Setelah itu, tumbuk bawang merah kurang lebih 3 buah saja.

Setelah di tumbuk campurkan dengan daging kijing tadi lalu ambil botol aqua dan masukan kemudian tutup rapat dengan tambahan plastik di penutupnya supaya kuat dan rapat. Untuk mengunakanya minimal 3 harian baru bisa di gunakan.

Perlu kalian ketahui bila mengunakan umpan kijing, cukup sampai 7 hari saja paling lama karena bila sudah lebih dari 7 hari biasanya daging kijing mudah untuk hancur dan bila digunakan akan mudah terlepas saat di lemparkan ke sungai.

Sebagai tambahan untuk umpan udang sama saja, ada yang juga di proses pembusukan minimal 3 hari dengan memasukan ke dalam botol aqua sampai daging udang yang tadinya putih menjadi warna merah dan bau nya juga berbeda dan menyengat.

Bila kalian mengunakan anakn ikan, berarti kalian menajur ikan baung karena bila digunakan langsung untuk umpan biasanya sangatlah susah di makan ikan baung. Tapi kalau dijadikan umpan tajur bukan hanya ikan baung yang memakanya tapi kebanyakan ikan besar juga mau lah ya, untuk bertubi-tubi strike ikan baung kalian bisa cek: