Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Mancing Ikan Patin Yang Tidak Mau Makan

Umpan mancing ikan patin yang tidak makan, ikan patin memang beragam-ragam, tinggal melihat jenis ikan patin kolam atau sungai karena bila lain tempat habitatnya sudah pasti akan berbeda untuk umpanya.

Terlebih umpan ikan patin kolam yang biasanya di pancing dengan bayar harian.

Memancing ikan patin yang diutamakan adalah lokasi tempat kita meletakan umpannya dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan patin pada lokasi tersebut.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan patin bisa melihat keberadaan kita dengan begitu bila ikan mulai rasa sensitif yang kuat sering menghindari dan diam saja walaupun umpan didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang mengandalkan bias tinggi juga halus, bening dan kuat agar samar dilihat ikan patin yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja hanya sekadar umpan yang jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya seperti ini saja pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan patin yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan juga sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti.

Kalau kita tau kondisi tempat mancing ikan patin maka umpanya bisa ngikut saja untuk di gunakan karena memang sudah pas saat kita mancing, tapi kalau tetap masih tidak makan umpan yang kita pakai saat itu ada baiknya dipelajari dululah.

Umpan mancing ikan patin yang tidak makan

Hal yang harus diketahui saat umpan mancing ikan patin itu dari tempatnya terlebih dahulu, kalian memancingnya di kolam atau sungai.

Karena kedua lokasi ikan patin ini sudah jelas berbeda untuk umpanya, sebut saja ikan patin kolam (peliharaan) dan sungai (liar) sudah jelas kan dari spot yang di sukai ikan ini sampai ke makananya.

Hal ini lah membuat kita sebagai pemancing terkadang terasa rumit mancing ikan patin kok tidak mau makan umpan padahal itu tempatnya.

Untuk lebih jelasnya kurang lebih seperti ini, kalau kalian mancing ikan patin tidak mau makan umpan yang kalian gunakan.

Umpan Ikan Patin Kolam

Di lokasi seperti ini, biasanya ikan patin yang kita pancing itu peliharaan pemilik kolamnya, dengan begitu sudah pasti ikan di dalam kolam tersebut di beri umpan untuk sehari-harinya.

Jadi, saat kalian memancing dengan umpan itu bisa saja jadi pengaruh dari pakan ikan yang sudah buat ikan patin itu kenyang jadi tidak mau memakan umpan yang kalian gunakan.

Kalau kalian tunggu ya tetap saja 1 atau 2 kali ikan patin di kolam tetaplah lapar dan memakan umpan kalian, tinggal pelajari umpan yang di gunakan oleh pemilik kolam tersebut. Biasanya yang di gunakan itu pelet.

Kalau pemiliknya itu langsung menebarkan pakan, kalian tidak merubah pakan tersebut menjadi umpan, contohnya pelet tinggal kalian seduh air panas dan lumat supaya pulen di dalam plastik untuk di jadikan umpan.

Kesalahan yang biasanya adalah umpan yang di gunakan itu berbeda dengan umpan ikan patin yang biasa diberikan oleh pemiliknya, berbeda umpan itu biasa ada 2 pilihan ya teman.

  • 1. Ikan patin memakan umpan yang berbeda dengan lahap dan banyak, tapi jarang terjadi kalaupun ada hanya sebagaian saja yang seperti ini.
  • 2. Ikan patin masih memakan umpan yang kalian buat dan lain dari pakanya, itu karena ikan patin saking banyaknya dan memang lapar.

Itulah kebanyakan mengapa ikan patin kolam ada yang mau makan umpan baru dan ada juga yang tidak mau makan sama sekali.

Umpan Ikan Patin Sungai

Ikan patin sungai yang tidak mau memakan umpan juga ada sebabnya, karena biasanya ikan patin yang liar ini masih terbagi juga menjadi 2 macam yaitu ada ikan patin asli sungai dan ada juga yang mirip dengan ikan patin yang biasanya di kolam.

Tapi untuk umpanya itu hampir sama saja, beberapa umpan ikan patin sungai yang pas adalah:

  • Buah nangka.
  • Buah sawit
  • Udang sungai
  • Dan cacing kalung (gilo).

Untuk umpan yang paling di akui jitu untuk mancing ikan patin kolam adalah cacing kalung, tapi bukan hanya ikan patin saja yang memakan umpanya hampir semua jenis ikan di sungai tetap mau memakannya, jadi bila kalian mengunakan umpan cacing kalung ini kalian bisa mendapatkan ikan apapun, untuk strikenya mengunakan umpan cacing kalung kurang lebih seperti ini.