Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Ikan Nila Pakai Umpan Lumut, Pasti Gacor!

Mancing Ikan Nila Pakai Umpan Lumut - Saat mancing ikan nila mengunakan umpan lumut dengan campuran essen atau yang lainnya, termasuk sudah umum dan banyak di ketahui pemancing untuk strike.

Tapi terkadang tetap ada saja perubahan campuran lumut untuk di gunakan saat mancing ikan nila.

Campuran ini lah yang terkadang ada yang pas saat di gunakan dan ada juga yang tidak pas sama sekali.

Kalau sedang hoki umpan lumut yang di gunakan maka ikan nila pasti dapat banyak, kalau pas sedang tidak bisa-bisa boncos gak karuan.

Mancing Ikan Nila Pakai Umpan Lumut

Dari boncos dan hoki mancing ikan nila, tidak ada salahnya untuk kalian yang ingin mencoba untuk mengunakan umpan lumut dengan cara mancing nila.

Tapi mesti di ketahui dengan benar tata caranya, baik dari segi pengunakan dan campuranya saat memancing dan membuatnya.

Memancing ikan nila yang paling diutamakan adalah lokasi tempat kita meletak umpannya dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan nila berada dilokasi tersebut.

Jangan hanya mengandalkan aroma supaya didatangi ikan nila, untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik inilah tempat berkumpulan ikan nila yang bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila ikan mulai rasa sensitifnya yang kuat akan sering menghindari dan diam saja walaupun umpan didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar samar dilihat ikan nila yang kita pancing mengunakan umpan lumut, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja hanya sekadar umpan lumut jitu tapi juga senar dan titik lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan juga sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti.

Selain campuran, model dari jenis umpan kalian juga mesti tau karena bukan umpan lumut sembarangan yang di jadikan makanan untuknya.

Beberapa umpan yang umum di gunakan adalah:

  1. Lumut halus di air yang mengalir.
  2. Lumut agak kasar dan berwarna pekat.
  3. Dan lumut biasa yang di gunakan.

Ke 3 jenis lumut yang saya sebutkan diatas, terkadang berbeda tempat memancingnya juga berbeda untuk di gunakan.

Sebut saja lumut halus di air yang mengalir bisa bagus di gunakan saat mancing tapi untuk jenis yang lainnya tidaklah pas saat di gunakan.

Begitupun sebaliknya untuk umpan yang kasar dan lainnya, maka dari itulah penyesuaian mengunakan umpan lumut mesti menjadi pilihan yang tepat.

Selain hanya mengunakan umpan lumut juga terkadang ada campuran yang perlu di coba, soalnya begini terkadang pas terus mengunakan umpan lumut saat mancing, ikan nila jadi bosan dan tidak mau lagi makan umpan lumut yang sering kita gunakan.

Jalan satu-satunya untuk tetap mengunakan umpan lumut pasti dengan memberi campuran yang lain supaya lumut yang di gunakan terkesan berbeda dan mulai di sukai ikan nila di tempat kita memancing, ada pun beberapa campuran untuk ikan nila sebagai berikut:

  • Beri essen penguat aroma.
  • Beri masako ayam.
  • Beri campuran pelet.
  • Dan rendam air lumut dengan yang baru sebelum di gunakan.

Beberapa jenis campuran diatas bisa kalian coba untuk di aplikasikan ke lumut bila ikan sudah mulai malas makan umpan yang kalian gunakan, untuk lebih jelas dalam pengunaanya akan sedikit coba saya ulas juga di sini.

1. Mengunakan Essen Penguat Aroma

Untuk penguat aroma, biasanya di gunakan supaya ikan nila di semua area tempat kita mancing tercium aroma lumut yang kita gunakan, untuk mencampurkan juga terbilang mudah karena hanya cukup memberikan beberapa tetes Essen ke wadah lumut yang sudah di siap di gunakan.

Bila Essen penguat aroma sudah mulai tidak di sukai ikan nila, sebaiknya kalian coba dengan campuran Essen yang lainnya, bisa dengan aroma lain sebagai campuranya.

2. Beri Campuran Masako Ayam

Bukan hanya masako yang bisa kalian gunakan, seperti royko juga bisa tapi gunakan yang Ayam, simpelnya begini Masako Ayam atau Royko Ayam.

Untuk mencampurkanya seperti biasa saat sudah siap lumut di dalam wadah dengan sedikit air beri campuran ke air lalu aduk sampai tercampur dan menimbulkan aroma yang berbeda setelah itu umpan lumut siap untuk kalian gunakan.

3. Beri Campuran Pelet

Umpan pelet juga biasa di gunakan saat mancing ikan nila.

Tapi disini kalian juga bisa mencampurkan langsung pelet ke wadah lumut dengan cara yang hampir sama seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

Usahakan dalam mencampurkan pelet tidak terlalu banyak karena bisa saja semua aroma lumut berubah jadi aroma pelet utuh jadi kalau tidak pas dengan ikan nila maka tidak akan di makan umpan yang kalian gunakan.

4. Menyalin Air Yang Di Gunakan Lumut

Menganti air ke wadah lumut ini perlu, kadang air tempat kita mengambil lumut mengandung aroma lain sehingga ikan nila tidak mau memakanya.

Jadi mengantinya dengan yang baru juga sangat penting, menganti yang saya maksudkan bukan hanya mencari lumut lalu di ganti air dalam wadahnya, tapi coba untuk merendamkan dengan air yang baru minimal 5 - 6 jam sebelum di gunakan.

Nah beberapa campuran lumut untuk mancing ikan nila diatas bisa kalian gunakan.

Tapi perlu diketahui kalau tidak lagi di makan berarti umpan lumut sudah terbiasa untuk ikan nila atau memang di lokasi tempat kalian memancing itu sudah ada lumut di sekitarnya.

Jadi ikan nila tidak perlu memakan lumut yang kalian gunakan karena sudah ada banyak yang bisa di makan ikan. Kecuali ikan bila di kolam yang terbiasa diberi pelet karena nila peliharaan.

Kalau ikan nila liar ya terkadang rakus memakan umpan nila karena baru ketemu umpan lama kelamaan akan jadi terbiasa.

Jadi, mencampurkan lumut dengan bahan lainnya juga mesti di coba kalau ikan nila sudah tidak mau makan umpan tersebut, tapi kalau masih mau makan lumut biasa sebaiknya jangan terlalu cepat untuk memberi campuran karena bisa jadi nanti ikan nila yang sering kalian pancing jadi sama sekali tidak mau lagi makan umpan lumut apa saja yang kalian gunakan.