Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Lais Pakai Jangkrik

Umpan Ikan Lais Pakai Jangkrik - Mancing ikan lais memang asik, terutama pas waktunya yang tepat untuk dipancing, apa lagi kalau pas tempatnya.

Seperti yang kita ketahui, ikan lais bersifat gerombolan jadi pas di pancing makanya berebutan tak heran sekali strike ikan lais secara terus menerus dan buat kita capek untuk naikkanya.

Umpan Ikan Lais Pakai Jangkrik

Untuk mancing ikan lais supaya dapat banyak tidak juga mudah, dibutuhkan pengetahuan dan trik mancing yang tepat, terutama untuk ikan lais yang berukuran besar, karena pada umumnya yang sering naik itu hanya sekitaran 3 jarian paling besar.

Selebihnya hanya ikan-ikan lais berukuran sedang dan kecil, karena sifatnya ikan yang besar akan sendirian berbeda dengan ukuran sedang dan kecil sekali kemana-mana selalu rombongan.

Nah untuk kalian yang sering memancing ikan lais ini pastinya sudah taulah caranya, tapi untuk bisa dapat banyak pastinya ada yang sudah tau ada juga yang belum.

Untuk yang belum mengetahuinya ya dapatnya pasti hanya segitu-segitu saja, untuk dapat lebih banyak lagi ya mesti mengunakan cara dan kebutuhan alat pancing yang akan di gunakan supaya dapat ikan lais yang banyak sekali sekali dipancing.

Jadi untuk hal utama yang harus disiapkan adalah:

  1. Mata Kail yang cocok.
  2. Ukuran senar yang sesuai.
  3. Dan umpan yang tepat.

Hal yang harus kalian pikiran hanya 3 diatas saja, kalau pas lagi benar sudah bisa dipastikan tidak akan susah untuk strike bertubi-tubi ikan lais.

Cara Mancing Ikan Lais Yang Benar

Untuk apa saja yang mesti kalian ketahui itu cara mancingnya, bukan hanya cukup di pancing seadanya tapi tekhniknya di kuasai dulu. Untuk yang pertama kalian cek pada peralatan pancing kalian adalah senar, gunakan senar pancing dengan ukuran 0.18 kebawah.

Semakin kecil maka semakin bagus dan cocok untuk ikan lais.

Setelah cek senar selanjutnya cek mata kail, kalian harus mengunakan ukuran mata kail yang sesuai dengan mulut ikan lais, karena kalau kebesaran malah umpan habis ikan laisnya tidak kena mata kail.

Jadi gunakan ukuran yang menyesuaikan, setelah cocok antara senar dan mata kail selanjutnya perhatikan kedalaman umpan yang kalian gunakan.

Karena ikan lais bukan ikan dasaran jadi kalian mesti membuat pancing gantung mengunakan pelampung, bila mengunakan timah mesti mata kailnya di atas.

Kalau sudah siap peralatan kalian, tinggal umpan saja yang sekarang di tentukan.

Umpan Lais Yang Di Siapkan Untuk Mancing

Untuk umumnya umpan ikan lais yang di gunakan itu hanya cukup Jangkrik atau Cacing saja, dengan mengunakan salah satu dari umpan ini pastinya kalian sudah kualahan dapatnya.

Kalau untuk khusus umpannya maka kalian cukup mengunakan Jangkrik saja.

Tapi perlu di ketahui, saat mengunakan umpan jangkrik kalian saat mengaitkanya usahakan membuang bagian sayap dan kaki belakangnya.

Karena terkadang ikan lais hanya memakan di bagian sayap saja dan kaki saja, jadi usahakan untuk dibuang dulu dan memasukan bagian kepala dulu supaya bagian perut jangkrik dekat dengan bagian tajam mata kailnya.

Untuk pilihan waktu mancingnya cukup pada jam 5 sore sampai menjelang magrib dan mulai jam 7 malam sampai jam 11 malam.

Kalau lokasi tempat kalian mancing rimbun tertutupi pohon maka siang haripun kalian bisa mancing, karena ikan lais sangat menyukai tempat seperti ini, kalau tempat mancing kalian terbuka langsung kena sinar matahari ya sebaiknya pada pukul yang sudah saya tulis diatas tadi.