Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Semah (mahseer) Arus Deras, Air Jernih dan Keruh

Umpan Ikan semah (mahseer) yang biasanya diarus deras, dan kadar air yang jernih juga keruh, sedangkan cara memancingnya tinggal sesuaikan dengan kondisi lekasi pemancingnya.

Tapi sayangnya, terkadang ada yang hobi memancingnya hanya dengan teknik berdasarkan pengalaman monotone, walaupun begitu kalau umpan yang di gunakan pas tetap saja strike ikan semahnya.

Umpan Mancing Ikan Semah (masheer) Arus Deras

Seperti yang kita ketahui, saat memancing ikan semah di air sungai yang jernih atau keruh, bila umpan yang digunakan belum pas maka akan susah sekali untuk mendapatkanya.

Tapi kalau umpan yang di gunakan pas tinggal tergantung spot tempat kita memancing.

Jadi, kesanya seperti ini, umpan yang kita gunakan pas tapi spot ikan semah lagi kurang atau belum mendukung jadi tetap saja tidak mendapatkan ikanya.

Memancing ikan mahseer yang diutamakan adalah lokasi tempat kita meletak umpannya dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan mahseernya.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam dan arus deras, karena pada titik ini ikan mahseer bisa melihat keberadaan kita dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan sering menghindari dan diam saja walaupun umpan ada didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang mengandalkan bias paling tinggi dan halus tapi agar samar dilihat ikan mahseer yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan mahseer yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini, lubuk yang dalam berarus sungai yang deras.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan juga sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti.

Tapi kalau tempat pas, umpan cocok maka sudah bisa di positifkan mancing ikan semah sedang hoki, strike bisa berkali-kali sampai capek di buatnya.

Nah untuk kalian yang ingin memancing ikan semah tapi kekurangan umpan, tidak ada salahnya kalian mencoba umpan yang akan saya bagikan disini mana tau pas, berikut beberapa umpanya:

  1. Jagung manis
  2. Buah sawit
  3. Ubi kayu
  4. Dan jangkrik.

Untuk pengunaan jangkrik, biasanya ikan semah yang mau memakanya hanya yang berukuran kecil kalau yang besar mau juga tapi jarang untuk menyambar umpan ini.

Kalau kalian ingin mencoba berbagai ukuran ikan semah babon, besar atau kecil tidak ada salahnya mengunakan umpan yang lainnya dan berikut cara untuk menyiapkan umpannya.

Tapi pastikan dulu kadar air tempat kalian memancingnya di air jernih atau keruh, walaupun yang digunakan umpannya sama tapi tetap efeknya berbeda, contohnya seperti ini.

Umpan Ikan Mahseer Air Jernih

Bila memancing ikan semah (mahseer) di kadar air yang sedang jernih memang mengikuti saja, pengunaannya juga bermacam-macam seperti:

Jagung Manis
Sebelum di gunakan biasanya jagung manis direbus terlebih dahulu, untuk mendapatkanya kalian terpaksa beli dulu jagung manisnya lalu rebus dan siap untuk di jadikan umpan, untuk mengunakanya ke mata kail tinggal kalian mengunakanya yang besar atau sedang.

Kalau ukuran mata kail kalian besar terpaksa mengunakan jagung manisnya sampai 5 butiran atau sampai penuh di semua mata kailnya.

Buah Sawit.
Untuk sawit, bila ingin kalian gunakan sebagai umpan bisa kalian cari saja dan usahakan yang sudah lembut dan tua.

Pengunaanya, tinggal kalian iris kotak-kotak jangan terlalu besar untuk di susun ke mata kail, biasanya hanya 3 irisan saja saat akan digunakan, kalau sekali mancing kalian cukup membawa 6 atau 7 buah sawit saja tidak perlu banyak-banyak karena kalau bawak lebih banyak nantinya juga terbuang-buang saja jadi bawa secukupnya saja.

Ubi Kayu
Untuk umpan yang satu ini sudah termasuk umum di gunakan, caranyapun hampir sama saja dengan mengirisnya sesuai dengan ukuran yang akan di gunakan.

Untuk banyak atau sedikitnya irisan ubi kayu yang di gunakan tetap kembali pada mata kail yang digunakan untuk memancing.

Umpan Ikan Mahseer Air Keruh

Bila kondisi air tempat kalian mancinh ikan semah menjadi keruh hanya berganti atau memang selalu begitu, sepertinya harus mengunakan umpan yang aroma lebih kuat.

Untuk yang utama digunakan adalah Buah Sawit, namun mengunakannya harus diracik dulu layaknya Kucur, untuk pembuatannya:

Pertama siapkan dulu buah sawit secukupnya, makin banyak lebih bagus kurang lebih sekiloan atau seplastik lalu rebus dulu mengunakan air supaya bisa memisahkan antara minyak dan kulitnya.

Setelah berwarna kecoklatan, dinginkan dulu atau rendam dengan air dingin lalu ambil kaleng agak besar dan mulai untuk memisahkan antara kulit dan bijinya terlebih dahulu.

Setelah kulit terkumpul, tumbuk mengunakan kayu sampai halus kemudian ambil kain tebal dan pindahkan lalu peras untuk memisahkan minyaknya.

Minyak kelapa sawit bisa ditampung untuk pembuatan umpan lainnya, sedangkan untuk ikan semah cukup ambil kulitnya tadi.

Bila minyak sudah terpisah sepenuhnya lalu lipat kain untuk membungkusnya dan tindih pakai batu berat, lalu tinggulah sekitar 2 mingguan sebelum digunakan.

Bila sudah siap, silahkan dicoba pastinya ikan semah lebih ganas lagi memakan umpan racikan ini.

Selain mengunakan trik kucur sawit diatas, kalian juga masih bisa memancing ikan semah (mahseer) air keruh mengunakan kulit ayam karena aromanya juga cukup kuat diair yang sedang keruh.

Sebagai Tambahan Umpan Mancing Semah
Sesudah kalian mengetahui beberapa jenis umpan yang sering di gunakan untuk mancing ikan semah, untuk tambahan supaya lebih pas lagi saat kalian mancing jangan lupa untuk main tabur.

Umpan yang digunakan baik itu jagung manis, buah sawit dan ubi kayu sebaiknya iris kecil-kecil halus dan taburkan ke air secara berangsur-angsur.

Tujuanya supaya ikan semah yang berada dibagian bawah arus sungai yang kalian pancing akan naik ke atas untuk mencari umpan yang lainnya, begitu ketemu dengan umpan yang kalian gunakan langsung strike kan.

Selain itu, untuk ukuran besar dan kecilnya ikan semah yang kalian dapatkan dengan mengunakan umpan ini tinggal kembali pada rejeki yang kalian dapatkan, karena tidak akan terus menerus kita selalu strike ikan semah babon, ada kalanya juga akan mendapatkan yang berukuran kecil.