Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Umpan Lempeng Pelet Untuk Mancing

Buat umpan lempeng pelet untuk mancing ikan di sungai tidaklah sulit, yang penting bisa membuatnya karena bahan utamanya yaitu pelet.

Untuk ikan target adalah patin, jadi bila kalian memancing disungai pakai lempeng pelet pastinya ikan yang menyambar di dulukan patin, bisa patin kecil, sedang atau babonnya sekali tapi hampir semua ikan sungai tetap maulah makan umpan lempeng pelet ini.

Buat umpan lempeng pelet untuk mancing ikan di sungai tidaklah sulit, yang penting bisa

Jadi, terkesan hampir rata-rata ikan sungai tetap saja mau memakanya yang penting racikan untuk membuatnya pas.

Sedangkan pembuatanya juga terbilang mudah dan cepat. Bila kalian ingin mencoba untuk membuatnya silahkan siapkan dulu beberapa bahannya:

  1. Tepung Kanji (sagu).
  2. Pelet Joss atau apa saja yang penting pelet.
  3. Teplon dan Minyak sayur.

Untuk cara membuatnya, pertama siapkan wadah dulu lalu ambil 3 sendok makan pelet dan lumatkan dengan air panas supaya hancur dan kemudian tambahkan tepung kanji 2 sendok makan dan kasih air secukupnya dan aduk sampai rata.

Setelah perkiraan merata, panaskan teplon lalu kasih sedikit minyak sayur untuk mengoreng umpan tadi dengan bentuk lempeng.

Usahakan api yang digunakan kecil saja jangan terlalu besar, karena bila mengunakan api besar nanti luarnya gosong dan dalamnya tidak masak semua.

Kalau api kecil dalamnya masak merata dan luarnya tidak gosong.

Sesudah diperkirakan matang maka letak diwadah untuk nunggu dingin, sesudah dingin bisa langsung di potong-potong ukuran sedang langsung sambil melihat bagian dalamnya ada yang belum masak atau sudah masak merata.

Kalau belum masak merata tapi sebagian ada yang sudah masak, bisa kalian buang dan ambil yang masak saja atau bisa juga digoreng ulang.

Untuk mengunakan Umpan lempeng pelet kurang lebih hampir sama seperti kebanyakan umpan yang lainnya, hanya saja waktu kalian meletakan umpannya ke mata kail usaha agak banyak boleh sekitar 10 buah karena bila ingin memancing ikan besar nantinya pas digunakan itu hampir semua ikan tetap akan memakanya, terutama ikan yang kecil-kecil tetap makan juga umpan ini.

Jadi, supaya tidak cepat kehabisan gunakan agak banyak ke mata kail umpannya, dan juga kalau bisa jangan hanya mengunakan 1 mata kail tapi pasang sampai 4 atau 5 ke senar dengan model rawai.

Kalau pas ikan babon yang makan nanti tetap mudah untuk mengetahuinya.

Tapi sayangnya, untuk mengunakan umpan lempeng pelet tidak bisa terlalu lama, maksudnya lebih dari seharian digunakan mancing.

Jadi, kalau kalian buatnya hari ini terus dipakai mancing kalau ada sisanya pas kalian pulang langsunglah buang karena bila digunakan untuk besok lagi umpan ini jadi lembek atau seperti makanan basi, jadi tidak bisa digunakan lagi.

Kalau masih mau mengunakanya lagi, ya terpaksa kalian buat baru lagi umpannya.

Nah untuk kalian yang seandainya masih kesulitan untuk membuatnya tanpa ada contoh, kalian bisa cek di youtube untuk cara membuat umpan lempeng pelet dengan mudah.