Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cepat Dapat Ikan Belida Mengunakan Senar Ukuran 0.12

Cepat dapat ikan belida dengan senar 0.12, bila kalian terasa sulit untuk mendapatkan ikan belida saat mancing maka yang pertama harus di perhatikan adalah ukuran senar yang di gunakan.

Karena kalau mengunakan senar yang besar kemungkinan sulit untuk mendapatkan ikan belida, karena ikan ini termasuk yang paling sensitif dengan senar saat dipancing.

Kalau masalah umpan yang digunakan tetap mengikuti saja yang umum dipakai.

Cepat dapat ikan belida dengan senar 0.12
Tugu Ikan Belida: Palembang

Jadi inilah kuncinya jika mancing ikan belida tidak mau memakan umpan pancing kalian, kalau mau dipelajari sebenarnya banyak yang mau dipikiran dulu untuk mancing ikan belida.

Mulai dari Ukuran senar, mata kail pancing, jumlah joran, waktu untuk memancing dan umpannya yang tepat.

Untuk ukuran ikan belida yang dipancing juga berbeda-beda, mulai dari yang masih anakan, dewasa dan babon tidaklah sama saat memancingnya.

Untuk yang berukuran dewasa hingga babon, ini sudah termasuk memilih mulai dari umpan dan cara mancingnya, kecuali anakannya jika umpan alami tetap langsung dimakan tapi untuk ukuran senarnya tetap saja mesti memilih.

Kalau sudah untuk yang ukuran dewasa atau babonnya sudahlah, mulai dari makan umpan bisa di rasakan hanya sekali saja dalam 1 waktunya.

Jika sampai terlepas nantinya, akan lama lagi baru mau makan umpan yang sama bila tetap digunakan.

Kecuali jika tempat kalian memancing ikan belidanya tergolong untuk yang masih jarang dipancing.

Bila sudah ditempat yang seperti ini, pasti gampang memancingnya terutama kalian yang sudah memahami tekhnik mancing ikan belida.

Untuk lebih jelasnya pemilihan alat pancing untuk ikan belida yuk coba kita bahas.

Ukuran Senar Yang Digunakan Untuk Mancing Ikan Belida

Ini pilihan yang pertamanya, semakin kecil dan halus senar pancing yang digunakan nantinya akan makin besar kemungkinan untuk mendapatkan ikan belida.

Kecuali jika ikan belida yang kalian incar memang sudah diketahui untuk ukurannya, barulah bisa untuk menyesuaikan ukurannya, namun tetap harus memilih yang tranparan agar tidak terlihat dengan ikan belida di dalam air.

Untuk ukuran senar yang standart memancing ikan belida adalah 0.18 kebawah hingga 0.09 dengan warna clear atau bening, juga waktu pembelian senarnya jangan lupa untuk mengetahui berapa persen tingkat BIAS dari senarnya kalau bisa cari yang 60% keatas.

Untuk BIAS ini, biasanya hanya sampai 95% inipun sudah jarang pokoknya paling minim pun gunakan yang 50% saja.

Keuntungan BIAS ini di dalam air samar nyaris tidak terlihat dengan ikan, sehingga cocok untuk mancing ikan yang sensitif seperti belida ini.

Bila Kalian sudah merubah senarnya, jangan lupa perhatikan juga umpan yang digunakan.

Umpan Yang Tepat Ikan Belida

Untuk ikan belida, pastinya kalian sudah mengetahuinya kalau ikan ini biasanya sangat suka untuk memakan umpan hidup seperti Udang Hidup dan Anak Ikan Kecil seperti Sepat, Betik dan anakan lele, untuk udang terkadang yang sudah matipun tetap mau dimakan ikan belida.

Jika terlalu lapar, mengunakan umpan cacing kalung atau biasa tetap saja mau dimakan tapi jarang dan lama menunggunya.

Berbeda bila kalian gunakan seperti yang sudah saya ulas diatas tadi.

Inilah sebabnya terkadang tanpa di cari saat mengunakan umpan ini, ikan belida tetap dapat walaupun hanya 1 ekor saja.

Tinggal sesuaikan saja umpan yang mudah kalian temukan lalu dipasang, tapi jangan lupa untuk mengetahui waktu memancingnya yang tepat, bila sudah di sesuaikan tinggal berangkat saja.

Waktu Yang Tepat Untuk Memancing Ikan Belida

Karena ikan belida termasuk predator yang aktif di malam hari, jadi kalian harus memilih beberapa waktu saja dan jam yang tepat untuk memancingnya.

Kebanyakan yang sudah paham itu akan memancing ikan belida pas saat:

  1. Pagi mulai jam 06:00 wib sampai jam 07:00 wib.
  2. Sore hari jam 17:30 wib sampai jam 19:00 wib.
  3. Malam hari jam 20:00 wib sampai jam 01:00 wib.

Ke tiga waktu itulah yang paling sip untuk mancing ikan belida, juga perlu kalian ketahui pada hitungan jam tetap tergantung pada cuaca.

Contohnya pagi hari bila kalian mulai jam 06:00 wib tapi sebelum waktu tersebut sudah mulai terbit mata hari terkadang ikan belida sudah aktif.

Juga sinar matahari terkadang pukul tersebut belum mulai keluar jadi sulit tapi begitu jam 08:00 wib baru ada sinar maka kalian harus memilih diwaktu tersebut.

Tapi sebaiknya jangan tergantung pada waktu yang penting kalian berangkat mancing jam 06 maka selesainya di jam 09, waktu ini harus ditentukan dengan baik karena bila kurang tepat biasanya ikan belida sudah lebih dulu memakan pakan alaminya sehingga saat kita pancing ikan belida sudah kenyang jadi tetap diabaikannya. Jadi ini termasuk penting!

Cara Mancing Ikan Belida

Pertama kalian harus mengetahui lokasi atau sarang ikan belidanya, karena belida termasuk ikan penguasa jadi tidak akan pindah di 1 tempat saja.

Untuk caranya memancingnya tidak terlalu sulit, hanya saja saat di terlihat umpan dimakan maka usahakan untuk mengulur senar kurang lebih 2 meteran, begitu senar kencang langsung sentak saja joran pancingnya, tujuan seperti ini karena awal saat ikan belida akan memakan umpan maka hanya berada di mulutnya saja tidak langsung di telan sedangkan bagian mulut ikan belida rata-rata keras semua hanya pada bagian bibirnya dan itu juga hanya sedikit terkadang tidak tembus dengan mata kail pancing.

Inilah sebabnya saat terlihat dimakan maka harus di ulur supaya supaya umpan dan mata kailnya langsing dimakan ikan belida, bila tidak di ulur tapi langsung di sentak kebanyakan ikan hanya akan terlepas dan meninggalkan umpan di dalam mulutnya jadi yang keluar hanya mata kail pancing yang kalian gunakan saja, inilah penyebabnya terkadang ada pemancing yang belum terbiasa memancing ikan belida saat dimakan akan terlepas lagi.

Kesimpulan
Tulisan diatas bisa kalian terapkan untuk memancing ikan belida, hanya untuk ukuran dewasa atau lebih besar lagi saja bila hanya untuk mancing anakannya ukuran 2 atau 3 jarian maka tidak perlu mengunakan cara mancingnya cukup gunakan umpan utamanya saja.