Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Semah Mancing Di Muara Hemat Kerinci

Umpan ikan semah di sungai kerinci ada bermacam-macam yang sering digunakan, selain umpan lokasi lubuk ikan semah juga ada banyak sekali seperti di lubuk batu dan sebagainya.

Tapi tetap saja perlu pengetahuan yang tepat untuk memancing ikan semah di daerah ini karena bila salah-salah mengunakan umpan pastinya akan boncos atau tidak dapat ikan sama sekali.

Umpan ikan semah di sungai kerinci

Seperti yang kita ketahui, untuk memancing ikan semah setidaknya ada tekhnik yang harus dikuasai dan juga mengunakan umpan yang tepat, jadi tidak hanya cukup sebatas melemparkan umpan saja untuk memancingnya.

Hal pertama yang harus di ketahui untuk memancing ikan semah di lokasi didaerah ini adalah senar pancing yang digunakan.

Karena arus sungainya yang deras mau tidak mau kalian harus mengunakan senar pancing dengan ukuran diatas 0.26 supaya tidak mudah putus saat strike ikan semah walaupun ukurannya sedang karena dibantu kekuatan arus yang deras tetap saja kuat.

Bila kalian mengunakan senar 0.23 ke bawah pastinya tetap harus memilih lokasi yang sepadan juga dengan kekuatannya.

Untuk para pemancing ikan semah di Kerinci, muara imat dan sekitarnya khususnya untuk senar yang biasanya digunakan ukuran 0.35 - 0.60 tidak perduli ikan yang strike besar atau kecil tetap saja nariknya lumayan berat.

Bila senar pancing sudah di tentukan, barulah enak digunakan mancing ikan semah dan tanpa keraguan untuk mudah putus, tinggal menentukan umpan yang tepat saja lagi.

Beberapa umpan yang tepat digunakan untuk mancing ikan semah biasanya hanya 3 jenis saja yaitu:

  1. Jagung manis.
  2. Ubi kayu.
  3. Dan buah sawit.

Untuk ikan semah anakan kalian masih bisa memancingnya dengan mengunakan Jangkrik, dengan umpan ini kalian bisa dengan mudah untuk mendapatkan yang ukuran 1 - 3 jarian untuk yang umum 2 jarian lah.

Tapi bila kalian mengunakan 3 jenis umpan yang telah saya sebutkan diatas maka tidak akan dimakan lagi dengan anakan ikan semah.

Untuk mengunakan 3 jenis umpan tadi, setidaknya juga kalian mesti mengetahui cara untuk memasangnya supaya pas dan tepat.

Umpan Jagung Manis Mancing Semah

Ini adalah umpan yang paling sering digunakan, kebanyakan yang digunakan adalah dengan membeli jagung manis untuk dibuat popcorn atau juga bisa membeli lagsung yang masih baru di panen.

Untuk pembuatannya simpel yang dibeli untuk popcorn untuk pembuatannya lebih enak cukup direbus dulu sebelum digunakan, tapi sayangnya beli jagung manis yang untuk popcorn lebih keras walaupun sudah di rebus dulu.

Bila tongkolan jagung manis yang baru dipanen, nah pas banget karena aromanya masih sip dan tidak keras tapi walaupun sudah di rebus nantinya tetap harus kalian pisahkan mengunakan alat supaya yang dipakai hanya jagung manisnya saja.

Untuk pemasangnya tergantung ukuran mata pancing yang kalian gunakan, biasanya cukup pasang 3 butir jagung manis saja kalian sudah bisa menunggu ikan semah memakan umpan ini tapi tetap saja sesuaikan dengan mata pancingnya juga.

Umpan Ubi Untuk Mancing Semah

Untuk umpan yang ini masih tetap sering juga digunakan, hanya saja untuk pemasangannya kalian harus sesuaikan dengan ukuran pancing yang kalian gunakan.

Biasanya ubi yang telah di siapkan tadi harus dibuat dulu mengunakan pisau karter, di iris-iris kurang lebih sebesar jagung manis tadi.

Untuk jumlah yang dipasang bisa disesuaikan langsung dengan mata kail, atau kalian juga bisa iris sebesar jagung dulu lalu baru dipasangkan ke mata kail.

Selain hanya digunakan umpan, kalian juga harus menabur ubi ini untuk mengumpulkan ikan semah supaya memakan umpan yang kalian gunakan tadi.

Untuk pengumpul ikannya, cukup kalian iris lebih kecil dan agak banyak, selanjutnya lemparkan umpan pancing utama dulu setelah berselang 1 jam barulah kalian sebarkan ubi yang sudah kalian siapkan tadi.

Tidak perlu sering-sering menaburkannya cukup cek perjam saja untuk ditaburkan, karena bila terlalu sering bisa jadi ikan semah kenyang dan tidak mau makan lagi umpan yang kalian gunakan.

Umpan Buah Sawit Mancing Ikan Semah

Untuk yang ini jarang digunakan tapi tetap saja ada yang pakai, bila di daerah kerincikan hanya di lokasi tertentu saja yang sudah menanam pohon sawit sehingga untuk mencari buahnya di gunakan umpan sedikit kesulitan, tapi tetap saja ada dan juga sudah banyak yang mengunakannya.

Untuk mengunakan umpan buah sawit tidaklah sulit, cukup kalian iris mengunakan pisau karter segi empat atau bentuk kotak, sedangkan jumlah pemasangannya tetap kembali pada ukuran mata kail yang digunakan, kalau pribadi saya cukup gunakan 3 saja.

Selain mengiris buah sawitnya, yang perlu kalian ketahui adalah memilihnya karena tidak semua bisa kalian gunakan untuk umpan terlebih bila yang masih mengkal atau belum masak.

Kalau bisa yang akan digunakan sudah terbilang terlalu tua dan meniliki warna orange (kuning) yang begini akan memberikan aroma dari minyaknya yang lebih kuat sehingga ikan semah akan lebih bernafsu untuk memakannya.

Dari ke tiga umpan yang telah saya sebutkan diatas, pastinya tetap cepat strike saat dipakai mancing dan ada baiknya saat akan mancing usahakan membawa semuanya sebagai cadangan supaya bisa mencoba semuanya mana yang lebih jitu umpan ikan semahnya.

Kesimpulan
Memancing ikan semah di kerinci memang terbilang sangat banyak pemancingnya, tapi baik dari warga maupun angler di daerah kerinci ini terbilang ramah baik untuk bersilahturahmi jadi bukan hanya mancing saja bila ke daerah sini tapi juga bila terlalu capek dan pengen istirahat ada banyak tempat yang bisa kita sungai saat memancing ikan semah di kerinci ini.