Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Tawes, Paling Banyak Yang Pakai Ini!

Umpan ikan tawes, paling ganas makan, karena pada umunya bila dipancing yang makan umpan hanya ikan tawes yang kecil saja, sedangkan untuk yang berukuran besar kadang mau makan kadang juga tidak.

Mesti mengunakan umpan yang sangat disukai ikan tawes babon ini supaya bisa dapat yang lumayan banyak dan besar-besar saja.

Untuk kalian yang terbiasa memancing ikan tawes tapi belum bisa strike untuk yang besar, tidak ada salahnya untuk mencoba racikan yang akan akan dibagikan disini, mana tau hasil pancingan kalian nantinya akan jauh berbeda dari yang biasanya.

Umpan mancing ikan tawes paling ganas makan

Namun sebelum membuat racikan umpannya, perlu diketahui dulu lokasi tempat kalian memancing karena ikan tawes hanya menyukai tempat yang mengalir agak deras hingga sangat deras saja.

Untuk lokasi yang tenang biasanya ikan tawes kurang suka di lokasi seperti itu.

Jadi usahakan tempat kalian mancingnya nanti di sungai yang mengalir agak deras saja.

Bukan hanya disitu saja tapi memancing ikan tawes diutamakan adalah lokasi tempat kita meletak umpannya dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam dan berpasir, karena pada titik ini ikan tawes bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat maka akan lebih sering menghindari dan diam saja walaupun umpan didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus mengandalkan bias tinggi agar samar dilihat ikan tawes yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya utama dipastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan juga sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti.

Bila sudah ada lokasi mancingnya, kalian tinggal membuat racikan umpannya saja.

Buat Umpan Ikan Tawes

Untuk membuat umpannya, bahan yang digunakan adalah 1 Tempe, 1 Bungkus Mie Goreng, Kunyit sebesar jempol, 3 Buah Bawang Putih dan 1 Royko Ayam.

Untuk membuatnya pertama lumatkan dulu blender dulu mie gorengnya sampai halus kemudian giling Tempe sampai lumat dan campurkan mie yang halus tadi dan giling kembali, kalau terasa keras campurkan setengah sendok makan air supaya agak lunak.

Setelah mie dan tempe bercampur, masukan kunyit dan bawang putih dulu dan giling lalu campurkan ke tempe dan mie tadi lalu giling biar bercampur dan yang terakhir masukan Royco Ayam dan lumat sampai bercampur lagi.

Setelah tercampur semuanya, ambil plastik dan lumat-lumat mengunakan tangan supaya semua campuran tadi bercampur menjadi satu dan rata, begitu sudah rata berarti siap untuk kalian gunakan.

Tapi sayangnya, mengunakan mata kail biasa maka umpan ini lebih cepat habis saat kalian gunakan sebaiknya gunakan cara lain untuk memancing mengunakan tekhnik ombyok.

Cara Buat Ombyok Untuk Mancing Ikan Tawes

Untuk membuat ombyok biasanya ada yang pakai Tutup botol aqua dan ada juga yang pakai tempurung kelapa.

Untuk yang simpel gunakan saja yang pakai tutup botol aqua.

Untuk membuatnya pertama buatlah 6 lubang keliling mengunakan jarum yang dipanasi mengunakan api, setelah itu masukan senar dan pasang mata kail yang ukurannya disesuaikan, usahakan panjang senarnya sekitar 1 jengkal saja supaya bisa di ikan ke senar utama lebih mudah.

Sesudah terpasang semua senar dan mata kail tadi, selanjutnya bagian atas senar jadikan satu lalu masukan ke kili-kili ukuran besar untuk di ikatkan ke mata kail utama, setelah terikat ombyok siap kalian gunakan.

Untuk memasang umpan ke ombyok usahakan lebih banyak, tapi pastinya tidak akan mudah habis kecuali dimakan ikan, kalaupun ada ikan tawes yang memakan umpan pastinya akan kena pancing.

Untuk lebih jelasnya pembuatan umpan kalian bisa cek di youtube.