Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lengketkan Kroto Untuk Umpan, Pasti Gacor

Cara merekatkan keroto supaya lengket dan gampang digunakan, ada banyak cara untuk merekatkan hanya saja terkadang memang ada sebagaian pemancing belum begitu mengetahui trik supaya lengket dengan aroma yang tidak berubah atau malah semakin kuat.

Yang penting siapkan bahan untuk melengketkan kroto terlebih dahulu saja, setelah itu baru diproses.

Cara merekatkan keroto supaya lengket dan gampang digunakan

Untuk mengunakan keroto memang seperti itu saja, kalau tidak digunakan langsung pasti akan dipadukan untuk menjadi racikan umpan olahan sebagai campuran.

Tapi bila digunakan secara alami keroto saja, sudah bisa dipastikan akan lebih top dan jos lagi umpan yang dipakai.

Seperti yang kita ketahui kalau mengunakan umpan kroto, hampir semua ikan sungai, rawa dan kolam menyukai sehingga selalu bersemangat bila akan mengunakan.

Hanya tinggal itu saja, untuk merekatkan keroto supaya lengket membutuhkan beberapa cara yang tepat.

Karena bila salah sama juga akan membuang-buang keroto saja saat digunakan.

Billa kalian salah saat melengketkan maka aroma dari kroto sudah pasti berubah.

Hanya menghasilkan sumber aroma dari bau campuran untuk melengketnya saja sehingga ikan malah tidak mau memakan.

Bila sudah rusak seperti ini maka saat digunakan umpannya akan percuma saja.

Kalaupun mengetahui bahwa melengketkannya ada kesalahan, maka dibutuhkan campuran yang lain lagi jadi tambah ribet proses untuk membuat kroto menjadi lengket.

Untuk cara yang biasanya digunakan melengketkan, ada beberapa campuran yang tidak akan menghilangkan aroma asli dari kroto, nah beberapa racikan itu adalah:

  • Getah karet.
  • Tepung kanji / Aci (sagu).
  • Dan nasi panas.

Beberapa campuran diatas yang paling sering digunakan adalah tepung kanji dan getah karet, tapi terkadang nasi panas juga sering kok dipakai sebagai perekat kroto.

Tapi tidak cukup hanya mengetahui campuran saja, kalian harus mengetahui juga cara membuatnya lengket.

Cara Lengketkan Keroto Pakai Getah Karet

cara lengketkan keroto pakai getah karet

Mengunakan cara ini rumit tapi pasti, cara membuat simpel tinggal masukan kroto ke wadah lalu siram dengan getah pasti lengket dah.

Tapi tidak tidak semudah diatas loh, perlu proses yang tepat, jadi caranya tu seperti ini pertama siapkan beberapa Ons kroto yang akan dilengketkan lalu masukan ke wadah lebih tepat gunakan kaleng atau ember kecil.

Masukan dulu krotonya, usahakan perbanyak ukuran keroto dari pada getah tapi harus yang masih encer, jadi ngambilnya mesti saat karet di sadap pemilik lalu tampung dan baru campurkan.

Supaya lebih optimal pembuatanya mesti di aduk-aduk, biarlah kroto menjadi pecah aroma tidak akan hilang.

Setelah kalian aduk tadi tunggulah sampai lengket minimal 10 jam an.

Perlu di ingat, supaya getah karet menjadi bersatu dengan lengketnya kroto tadi jangan pernah kalian mencampurkan Cuka Para supaya lebih cepat beku getahnya.

Karena hanya akan membuat aroma kroto sangat berbeda, bahkan ikan tidak akan mau sama sekali, jadi usahakan saja secara natural untuk kering.

Bila sudah lengket, kalian masih tetap butuh gunting untuk memotong nanti, selain itu kroto ini bisa digunakan lebih dari seminggu untuk mancing tinggal tergantung selera kalian.

Nah lanjutkan coba kita ulas yang bahan perekat lain.

Perekat Keroto Pakai Aci / Tepung Kanji (sagu)

perekat keroto pakai aci tepung kanji

Bila kalian ingin mengunakan cara ini, sebaiknya jangan lupa untuk menyiapkan tepung kanji atau aci yang akan digunakan.

Untuk cara pertama siapkan 1 wadah, lalu masukan kroto yang akan digunakan, selanjunya masukan tepung kanji / aci tadi dan usahakan sedikit saja misalkan:

  • 3 Ons keroto, lalu campurkan.
  • 2 Sendok Makan tepung kanji aci.

Setelah kalian campurkan aduk-aduk terlebih dahulu kemudian masukan 5 sendok makan air dingin dan aduk.

Mengandukannya lumayan rumit tapi usahakan tepung aci bercampur dengan air sekaligus kroto, setelah bercampur masukan ke dalam plastik dan ikat kuat-kuat.

Setelah plastik terikat masak air sampai mendidih, kemudian masukan plastik tadi dan bulak-balik supaya mengeras rata.

Bila yang dalam plastik sudah terasa mengeras cukup dinginkan dulu, dan untuk mengunakan umpan langsung saja melalui plastik tadi.

Perlu di ingat, saat pertama membuat jangan tepung di berikan air dulu baru dicampurkan kroto karena nanti tidak akan rata saat kalian aduk.

Tapi sayang mengunakan campuran ini, tidak bisa tahan lama karena tepung lebih dari 1 hari akan menjadi benyek dan tidak bisa digunakan lagi, jadi dari pada mencapur dengan tepung aci lebih baik pakai nasi saja langsung.

Rahasia Lengketkan Keroto Pakai Nasi Hangat

Rahasia Lengketkan Keroto Pakai Nasi Hangat

Cara untuk melengketkan kroto pakai nasi, termasuk rahasia para pemancing, dan masih banyak yang merahasiakan pembuatan padahal cukup mudah sekali.

Untuk persiapan yang pertama ambil nasi yang masih hangat secukupnya, dengan perbandingan lebih banyak kroto yang akan digunakan.

Lalu masukan ke plastik dan lumat-lumat mengunakan tangan sebentar, karena masih panas bisa mengunakan sarung tangan atau tambahan supaya tidak memanaskan tangan yang berlebihan.

Selanjutnya masukan kroto yang akan digunakan, lalu lumat lagi secara merata tapi jangan terlalu di tekan saat melumatnya.

Perlu kalian ingat mencampurkan kroto tadi usahakan nasi tidak terlalu dingin, minimal masih tetap panas tapi tidak hangat, supaya kroto dan aroma sekalian merekat di nasi yang kalian gunakan untuk melengketkan.

Setelah sekiranya kroto dan nasi sudah bercampur tinggal tunggu dingin saja untuk digunakan sebagai umpan.

Kesimpulan
Beberapa cara untuk melengketkan keroto diatas berdasarkan pengalaman pribadi, namun yang paling sering digunakan hingga sekarang adalah merekatkan mengunakan getah karet.

Karena sebelumnya sudah mencoba yang lain tapi tetap saja yang paling top untuk digunakan hanya yang pertama saja.

Tapi kalian juga bisa mencoba yang lainnya nanti pastinya akan mengetahui sendiri cara yang mana akan kalian gunakan selanjutnya untuk lengketkan keroto.