Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mancing Ikan Betok Dapat Banyak

Mancing ikan betok, betik, papuyu memang terkesan asik terutama umpan betok tidak terlalu sulit untuk di temukan.

Hanya saja bila pas belum kena ya sulit juga sih dapatnya terutama untuk yang berukuran besar pastinya enak banget strikenya dan berharap pengen di ulang lagi memancing ikan betok ini.

Mancing ikan betok, betik, papuyu

Sama seperti yang kita ketahui untuk habitat ikan betok ini, sebelum memancingnya pasti harus di tentukan dulu lokasinya.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan betok betik di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan betok tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan betok.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan betok, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan betok juga karakter dari jenis ikan betok yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan betok yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan betok, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan dengan cepat.

Setelah ketemu baru deh bawa umpannya dan mancing, tapi sayangnya kebanyakan dari pemancing di alam liar hanya mengetahui asik mancingnya saja belum mengetahui teknik yang terbaik untuk mendapatkannya berukuran besar dan banyak.

Coba bayangkan kalian sekali berangkat mancing pulangnya bawa 35 ikan betok babon.

Pastinya buat istri senang kan, tapi ya tidak semua orang menyukai ikan betok ini karena ada banyak sekali duri hampir di sekujur tubuhnya, maka dari itu juga kadang pengennya mancing ikan dapat pesan dari istri jangan bawa pulang ikan betok ya!

Tapi kalau untuk yang senang oke saja sih, hemm kembali ke Topik mancing ikan betok saja lagi!

Untuk kalian yang sudah menentukan untuk memancing ikan betok ini, hal utama yang harus diketahui adalah tempat mancingnya dimana ikan betok ini yang paling suka keberadaanya supaya bisa di jadikan target untuk memancing.

Habitat Yang Di Sukai Ikan Betok (Papuyu)

Sebenarnya kalau lokasi untuk memancing ikan betok ini sering tanpa di sangka-sangka, misalnya pengenya dapat ikan wader tapi yang dapat malah betok.

Tapi umumnya ikan betok ini menyukai lokasi yang tenang seperti bekas galian yang dalam ada airnya, bekas kolam dan rawka-rawa tapi biasanya yang lebih disukai ikan betok ini untuk lokasinya adalah dibawah kangkung.

Silahkan kalian coba memancing di rawa atau lokasi yang ada banyak kangkungnya, pastilah ada banyak ikan betoknya, kemungkinan suka juga makan kangkung ini ikan.

Tapi bukan hanya di kangkungan sih, di bawah eceng gondok yang sudah penuh hampir banyak ikan betoknya, berarti bisa di simpulkan bahwa ikan betok lebih suka dikondisi seperti ini.

Kemungkinan kalian sudah bisa lah menerka lokasi yang seperti ini untuk mancing ikan betoknya, tinggal cari deh umpan kesukaanya.

Umpan Yang Paling Di Sukai Ikan Betok

Untuk masalah umpan terbilang lebih ganas dari ikan yang berada di lokasinya.

Sebut saja gurame bila kalian mengunakan umpan untuk mancing gurame terkadang yang dapat malah ikan betoknya, ini menandakan bahwa ikan betok memang terkesan ganas memakan umpan alaminya seperti:

  1. Cacing tanah.
  2. Jangkrik.
  3. Laron.
  4. Dan Keroto Semut.

Untuk yang paling bagus di gunakan ya laron, tapi sayangnya umpan ini hanya akan ada bila musim hujan saja.

Keroto semut juga bagus, tapi sayangnya kalau dicari kadang ketemu kadang tidak harusnya beli sama seperti jangkrik.

Untuk yang umum memancing ikan betok ya itu cacing tanah sebagai umpan alami semua ikan liar.

Jadi bila kalian pas berminatnya untuk mancing betok sebaiknya gunakan saja cacing tanah, sesekali bila umpannya ada tidak masalah mengunakan laron.

Kroto semut dan juga jangkrik tapi tidak perlu juga harus karena lebih mudah mencari cacing saja.

Cara Cepat Mancing Ikan Betok Liar

Untuk mancing ikan betok ini terbilang sama dengan kebiasaan kita memancing cukup berangkat dan start mancing.

Tapi bila dikhususkan tetap ada trik yang lebih bagus untuk di gunakan yaitu stel alat pancing yang kalian gunakan.

Untuk yang pertama gunakan senar yang bening dengan ukuran 0.06 lumayan tipis, lalu gunakan mata kail pancing yang kecil.

Untuk kail berbeda-beda ukurannya ada yang nomer 1 besar dan ada juga kecil kalau saya pakai yang nomer 4 kecil.

Sedangkan untuk timah pemberat atau mengunakan pelampung sama saja ukuranya hanya cukup ganti senar dan mata kail kecil.

Bila sudah mengunakan ini pastinya akan strike ikan betok walaupun berukuran kecil karena ikan betok ini sama halnya dengan memancing ikan tembakang mulutnya itu kecil tapi tetap mau langsung memakan umpan.

Jadi tidak begitu sulitkan untuk memancing ikan betok ini.

Cukup siapkan umpannya yang pas dan mengunakan mata kail yang pas juga tapi senarnya tetap harus di sesuaikan karena salah-salah malah tidak juga mau dimakan oleh ikan betok ini.

Cara Mendapatkan Ikan Betok Yang Tidak Mau Makan Umpan

Kalau ada ikan betok banyak tapi sudah tidak mau makan umpan, caranya gampang kalian cukup mengunakan 2 alat tambahannya yaitu pasang Bubu atau Jaring saja langsung.

Kalau memasang bubu kalian cukup pasang, isi umpan pelet saja di dalam plastikan yang di bolong-bolongkan, masukan ke air yang banyak ikan betoknya lalu tinggal memancing.

Misalkan kalian pasangnya jam 1 siang, lalu mancing sampai jam 6 sore pastinya ikan betok sudah hampir penuh dalam Bubu yang kalian gunakan.

Kalau pengen pakai jaring, caranya juga gampang kok tinggal gunakan jaring untuk ukuran ikan 1 jari saja lalu pasang melintang di tempatnya dan buat pusing ikan-ikan di sana dengan cara kalian masuk ke air lalu buat semacam suasana yang tidak disukai ikan seperti menganduk-aduk air mengundakan ranting dan sebagainya.

Mengunakan cara ini bukan hanya ikan betok saja yang bisa kalian dapat, bahkan semua ikan di lokasi yang berukuran kepalanya 1 jari pasti kena.

Kesimpulan
Diatas hanya sebagai berbagi cara saja, untuk kalian yang mungkin akan menerapkan caranya ya dipersilahkan yang penting kita sama-sama pemancing dan berbagi caranya saja.