Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jagung Manis Umpan Untuk Berbagai Jenis Ikan

Jangan salah mengunakan umpan mancing pakai Jagung Manis bisa-bisa kalian akan strike terus sampai capek.

Tapi masih kebanyakan pemancing tidak mau mengunakannya secara langsung masih banyak yang memilih mengunakan racikannya.

Jangan salah mengunakan umpan mancing pakai Jagung Manis

Kalau umpan racikan mengunakan Jagung Manis sudah jelas target pasti Ikan Mas selain itu jarang digunakan.

Sebelum kalian membuat umpan jitu mengunakan jagung manis, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan mancing ikan apa dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan bukan hanya umpan jagung manis yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabis waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita buat.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Jadi bila kalian sudah tau atau pernah dengar untuk mancing mengunakan Jagung Manis, ada baiknya kalian juga mengetahui target ikan dan juga cara mengunakannya.

Karena umpan Jagung Manis tetap memiliki cara tersendiri untuk digunakan baik itu dengan cara racikan atau juga secara langsung, tapi yang penting tetap strike lah.

Supaya kalian tidak salah mengunakan umpan jagung manis, silahkan sesuaikan dulu dengan target ikannya dibawah ini:

  1. Ikan Masheer (semah).
  2. Ikan Bandeng.
  3. Ikan Mas.
  4. Ikan Nilem.
  5. Ikan Ikan Nila.
  6. Ikan Mujair.
  7. Ikan Gurame.
  8. Dan Ikan Sepat Siam.

Tapi sayangnya beberapa jenis ikan diatas saat akan kalian pancing mengunakan umpan jagung manis harus mengunakan racikan tambahan.

Untuk yang bisa kalian gunakan secara murni jagung manis saja hanya beberapa ikan saja dan lengkap dengan cara untuk memancing dan mengunakannya.

Untuk ikan apa saja ya?

Nah dari pada kalian hanya penasaran untuk mengetahui jenis ikan yang bisa kalian pancing mengunakan jagung.

Silahkan sesuaikan dengan ikan di daerah kalian yang akan dipancing.

Mancing Ikan Semah (Masheer) Pakai Jagung Manis

mancing ikan masheer pakai jagung manis

Bila kalian akan memancing ikan semah mengunakan umpan jagung manis.

Sebaiknya pilih dengan tepat yang sudah keras minimal jagung yang sudah tua tapi usahakan yang tidak dijemur.Ikan Masheer (semah).

Tapi malah biasanya banyak pemancing memilih untuk langsung membeli jagung manis yang biasanya dibuat Popcorn.

Saat digunakan ya tetap mau juga sih karena jagung kan sudah termasuk umpan paling top untuk ikan masheer.

Nah untuk mengunakannya, bila jagung manis yang baru dipanen dari ladangnya bisa langsung kalian gunakan memasukan beberapa butir ke mata kail.

Bila jagungnya terlalu keras sebaiknya ya di rebus dulu supaya lembut dan baru digunakan.

Untuk memaksimalkan hasil pemancingan kalian, setelah mengunakan untuk umpan dan melemparkannya sesekali taburkan segenggam jagung manis yang sudah kalian siapkan tadi.

Tujuannya untuk boom pengumpul ikan yang dibagian bawah arus sungai naik ke atas supaya terlihat jagung yang sedang kalian gunakan sebagai umpan pancing.

Setelah ketemu pastinya akan dimakan, dengan cara ini bisa kalian ulangi secara beberapa kali saat mancing dan jangan lupa untuk ditaburkan sebagai daya tarik untuk ikan masheernya.

Supaya lebih ganas lagi untuk memakannya, nah untuk ikan selanjutnya ya ikut kita bahas deh.

Mancing Ikan Bandeng Umpan Jagung Manis

mancing ikan bandeng umpan jagung manis

Untuk ikan bandeng ini sudah terkesan banyak yang mengunakan, tak jarang juga sekaligus dibuat mengunakan racikan dengan bahan-bahan tambahan yang lainnya.

Terutama untuk yang peliharaan seperti kolam pastinya sudah tidak akan asing lagi.

Bila mengunakannya langsung jagung manis yang baru saja dipanen.

Usahakan yang tidak terlalu tua dan juga terlalu mudah pastikan yang masih sedang saja tapi bisa digunakan.

Untuk mengunakannya ya tinggal cuil langsung 2 atau 3 biji lalu kaitkan ke mata kail yang kalian gunakan.

Bila untuk proses racikan kalian harus menyiapkan bahan tambahan juga diantaranya:

  1. Pelet Djempol Wangi.
  2. 3 Tongkol Jagung Manis.
  3. Dan Essen JM Bandeng.

Untuk membuatnya, pertama rontokan dulu jagung manisnya lalu blender sampai halus sambil ditambahkan setengah gelas air saat diblender

Setelah halus pindahkan ke wadah lalu campurkan dengan Pelet Djempol dan aduk sampai rata.

Saat akan digunakan berikan 10 tetes Essen JM dan ulek lagi sampai tercampur merata dengan aroma yang khas dan wangi, umpan siap untuk kalian mancing ikan bandeng.

Mancing Ikan Mas Umpan Jagung Manis

mancing ikan mas umpan jagung manis

Apa lagi mancing ikan mas, mengunakan umpan ini sudah saking banyaknya dan sering digunakan untuk pemancingan kolam.

Tapi yang dialam liar seperti sungai terkesan masih jarang digunakan karena memilih umpan yang praktis lainnya.

Bila kalian ingin mencoba untuk memancingnya dengan mengunakan jagung manis.

Tidak lebih seperti cara ikan masheer diatas bila akan memancing di alam liarnya baik itu memilih jenis jagung manisnya hingga cara pemasangan dan menaburkannya sama saja.

Kecuali bila akan kalian gunakan untuk mancing dikolam, pasti dibuat secara racikan dengan beberapa tambahan lain, pada umumnya bahan yang digunakan adalah:

  1. Pelet Joss, Oke, 891 dan Kinoy.
  2. Tambahan Susu Dancow bubuk atau Biang susu German.
  3. Tak Lupa Kuning Telur Bebek atau yang Asing.
  4. Dan berbagai Essen.

Untuk pembuatanya menyesuaikan saja, bila kalian terbiasa memancing di kolam pemancingan sudah pasti tau cara meraciknya.

Sebaliknya bila kalian belum tau berikut caranya.

Kalian bisa mengunakan Pelet apa saja, langsung di siram air panas untuk dihaluskan lalu campurkan dengan bahan lain seperti Biang Susu, Essen dan telur bebek aduk merata terakhir barulah masukan jagung manis yang sudah di blender halus, karena untuk racikan jarang atau bahkan tidak digunakan secara utuhan.

Untuk meracik umpan jagung manis diatas silahkan sesuaikan sendiri dengan takaran yang sebaiknya di ingat untuk mengeluarkan aroma wangi dari jagungnya.

Nah sampai disini pastinya kaliam sudah memahami untuk pembuatan racikannya, jangan lupa untuk jagungnya digunakan ke ikan lainnya pula seperti:

Umpan Jagung Manis Untuk Mancing Ikan Nilem, Nila, Mujair, Gurame dan Sepat Siam

umpan jagung manis untuk umpan

Jenis ikan yang sudah saya sebutkan ini terkesan sangat mudah untuk dipancing mengunakan jagung manis.

Kalian bisa langsung saja mengunakanya untuk mancing dan targetnya sudah jelas hanya yang besar saja mau memakan umpan ini sedangkan yang kecil tidak akan mau.

Untuk cara mengunakan umpannya terkesan unik karena kaliam hanya cukup mengunakan 1 butir saja akan langsung pas dimata kail yang kalian gunakan.

Akan lebih baik lagi bila kalian gunakan dengan cara di kukus.

Selain jagung akan awet untuk digunakan juga tidak akan hancur begitu saja seperti masih mentahan.

Sedangkan pemilihan buah jagungnya sama saja usahakan memilih yang tidak terlalu tua dan muda supaya pas dan tidak perlu menambahkan dengan racikan apapun.

Kecuali bila kalian ingin memancing jenis ikan diatas dengan racikan terpaksa harus dipilih dulu baik jagung manis dan umpan tambahan untuk meraciknya.

Berikut menyesul umpan racikannya bila ingin kalian gunakan.

Racikan Umpan Ikan Nilem

Untuk ikan nilem terkesan susah-susah gampang tapi juga mudah untuk dipancing, tinggal kalian sesuaikan dengan umpan racikan yang akan digunakan.

Untuk membuat racikannya, pertama siapkan dulu 2 tongkol jagung manis yang masih muda dan mie instan goreng.

Pertama giling halus mienya dulu lalu ambil buaj jagung dengan mengunakan pisau dan masukan ke blender untuk dihaluskan.

Setelah ke 2 bahan ini halus campurkan dan aduk sampai pulen, setelah jadi siap untuk kalian gunakan.

Sebagai tambahan, bila ingin ditambahkan bawang putih juga bisa tapi cukupkan menambahkan 2 siung saja yang giling sampai halus juga.

Bila ingin pakai royco usahakan yang rasa Ayam jangan pakai yang Sapi, juga kunyit kalian cukup mengunakan bubuk saja supaya lebih simpel dan mudah untuk dibuat.

Campuran Umpan Ikan Nila

Untuk umpan ikan nila yang paling tepat adalah lumut di racik mengunakan umpan tambahan jagung akan lebih bagus lagi kok.

Untuk pembuatannya yang pertama cukup siapkan lumut, lalu 3 tongkol jagung manis lalu blender dulu jagungnya sampai halus kemudian masukan ke wadah lumut yang ada airnya lalu kucek, aduk-aduk, bulak-balik lumutnya sampai terkesan merata.

Ini adalah racikan sepeleh tapi silahkan di coba dulu untuk kepastiannya.

Bila ada keraguan untuk meraciknya kalian bisa membagi wadah lumut jadi 2 yang 1 nya mengunakan racikan jagung manis dan yang 1 lagi murni saja.

Sedangkan racikan lainnya, cukup gunakan Pelet joss atau yang biasa lalu ambil 3 sendok makan dan siram dengan air panas untuk di haluskan juga jagungnya manisnya ambil saja 2 tongkol dan blender juga lalu dicampurkan secaar 2 bahan saja.

Untuk tambahan kalian bisa mengunakan Vanili atau pasta pandang.

Racikan Umpan Ikan Mujair

Untuk yang satu ini terkesan agak bandel, karena kalau hanya mengunakan jagung manis saja untuk umpan maka tidak akan mau dimakan, harus mengunakan umpan racikan untuk ikan mujairnya.

Menambahkannya juga cukup aneh-aneh, untuk yang paling pertama kalian ambil dulu wadah lalu kasih sedikit tanah dan cari cacing lalu masukan ke tanah tadi seperti akan di budidaya tapi bagian atasnya kalian taburkan jagung manis supaya di makan cacing.

Kurang lebih sampai jagung sudah terlihat habis barulah kalian gunakan cacingnya untuk umpan.

Untuk cara lainnya, cari cacing sesuai denga yang kalian butuhkan lalu cuci dan goseng mengunakan kuali tanpa minyak.

Setelah selesai biarkan dingin dan blender 1 tongkol jagung manis lalu masukan ke kuali cacing tadi dan aduk-aduk.

Selanjutnya siapkan pelet, boleh sembarangan yang penting pakan ikan cukup ambil 2 atau 3 sendok makan lalu kasih air panas supaya mudah dilumat.

Setelah halus campurkan dengan cacing dan jagung tadi lalu lumat sampai kenyal dan pulen.

Kunci mudahnya, buat saja cacing supaya beraroma jagung manis dengan memakannya seperti diatas tadi.

Hasilnya lebih maksimal dari pada cacing biasa saat kalian gunakan.

Racikan Umpan Ikan Gurame

Nah ini pas banget untuk mancing ikan Kalui atau gurame mengunakan umpan jagung manis, tapi tetap saja harua melalui racikan.

Untuk membuat racikannya silahkan siapkan dulu beberapa bahan utamanya dibawah ini:

  1. 2 tongkol jagung manis.
  2. Pelet 841.
  3. 3 Ons jangkrik.
  4. Dan Essen Black Label Gold gurame.

Untuk membuatnya, pertama blender saja dulu 3 ons jangkrik dan jagungnya tapi hanya bijinya jangan sekalian sama tongkolnya cukup pisahkan dengan pisau.

Setelah halus ambil wadah untuk menghaluskan Pelet 841 dan aduk sampai rata.

Setelah merata berikan 7 tetes Essen Black Label Gold Gurame lalu aduk sampai pulen dan umpan siap untuk kalian gunakan.

Pembuatan racikan ini bisa kalian ganti untuk tidak mengunakan jangkrik.

Tapi jangan kurangi semua bahan utamanya karena nanti akan ada kekurangannya tapi akan lebih top lagi bila kalian mengunakan jangkrik, silahkan di coba!

Racikan Umpan Ikan Sepat Siam

Untuk mengunakan jagung ini masih banyak yang belum mengetahui kalau ikan sepat tergolong ganas memakan umpannya.

Karena pada umumnya yang digunakan adalah Pentol baksol, Lumut dan Daging Ayam.

Untuk meracikan jagung manis, silahkan kalian siapkan pelet apa saja untuk ikan lalu blender juga jagungnya.

Setelah halus lumat pelet dengan sedikit air panas lalu campurkan dengan jagung yang halus tadi lalu lumat-lumat sampai pulen juga.

Sedangkan untuk mengumpulkan ikan Sepat Siam cukup gunakan Minyak jelantah bekas goreng daging ayam atau minyak mie ayam, cukup umpannya saat akan di pakai saja jangan langsung pelet racikan tadi dicampurkan semua dengan minyak karena tidak akan dimakan nantinya.

Kesimpulan
Beberapa umpan racikan dan pengunaan jagung manis diatas sudah terkesan banyak yang mengunakan atau umumlah.

Maka dari itu bisa kalian gunakan secara langsung atau hanya sebatas percobaan saja untuk menilai ganasnya ikan-ikan diatas memakan umpan yang kalian gunakan dengan racikan atau jagung manis murni untuk mancing.