Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mancing Ikan Bagarius (Dalum), Umpan dan Habitanya Disini!

Mancing ikan Bagarius atau Dalam membutuhkan umpan alami yang tepat, selain itu juga harus mengetahui waktu dan cara memancingnya supaya bisa dapat banyak sekali berangkat mancing.

Maka dari itu, setidaknya pelajari dulu trik ampuh untuk memancing ikan ini supaya hasilnya mengembirakan.

Mancing ikan Bagarius atau Dalam membutuhkan umpan alami yang tepat

Seperti yang banyak diketahui oleh pemancing, ikan bagarius termasuk jenis yang langkah namun masih banyak ditemukan hanya saja dibeberapa daerah di Nusantara ini, memang ada yang sudah hilang sama sekali tapi untuk yang masih sering menemukan ya tetap saja ada.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan bagarius (dalum) di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan dalum tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan dalum.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan dalum, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan dalum yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan dalum yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan dalum, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan dengan cepat.

Memancing ikan bagarius atau dalum diutamakan adalah lokasi tempat kita meletak umpannya dulu, jadi harus tentukan yang pas dan banyak ikannya.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan bisa melihat keberadaan kita dengan begitu bila ikan mulai rasa sensitif yang kuat sering menghindari dan diam saja walaupun umpan didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang mengandalkan bias tinggi agar samar dilihat ikan bagarius yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan yang jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Walaupun ada ikan bagarius di sungai, terkadang pemancing yang tidak mengetahui cara mancing dan umpan yang tepat untuk digunakan, maka hasilnya tetap zonk tanpa pernah untuk menaikan ikan bagarius dengan pancing yang sering digunakan.

Jadi untuk mancing ikan bagarius ini kalian harus memahami berbagai teknik dan pengamalan dari mereka yang sudah pernah strike ikan bagarius berulang-ulang kali bahkan sering.

Nah untuk memahami itu semua ada banyak sekali tempat mengetahuinya untuk kalian yang akan mancing bagarius ini.

Mulai dari teman di dunia nyata lalu diajak bertukar pikiran hingga berbagai macam artikel yang sudah berterbaran yang bisa diketahui.

Walaupun terkadang ada yang benar tapi ada juga yang salah karena setiap berbeda lokasi pastinya akan ada perubahan juga untuk teknik memancing ikan bagariusnya.

Kalau hanya menurut saya, yang harus diketahui untuk memancing ikan bagarius ini hanya ada beberapa saja yang mungkin masih belum banyak di ketahui seperti:

  1. Umpan alami.
  2. Habitat tempat adanya ikan bagarius.
  3. Dan waktu untuk memancingnya.

Bila kalian sudah mengetahu 3 persoalan diatas maka tinggal tergantung rezeki saja lagi untuk memancing selanjutnya, berikut yuk coba kita berbagi.

Umpan Alami Ikan Bagarius

umpan alami ikan bagarius

Beberapa umpan yang sering digunakan untuk mancing bagarius adalah:

  • Cacing kalung.
  • Udang sungai.
  • Jangkrik.
  • Kijing / Remis.
  • Dan ulat bambu.

Untuk cara mengunakan umpannya sedikit berbeda seperti kebanyakan umpan yang digunakan untuk mancing ikan, berikut kembali kita ulas sampai tuntas.

Untuk yang pertama cacing kalung, biasanya untuk digunakan hanya langsung di kaitkan saja tapi bila kalian mengunakan untuk mancing bagarius maka cacing kalung di usahakan untuk di masukan mulai dari kepala sampai ke ekornya bukan di kait-kait.

Bila kalian mengunakan Udang Sungai maka usahakan dalam keadaan hidup dengan mengaitkan bagian ekornya dan 3 jam sekali harus di cek masih hidup atau tidak, bila keadaan udang yang kalian gunakan mati maka kupas kulitnya

Sedangkan bila kalian mengunakan Jangkrik usahakan memasukan umpan sekali banyak, minimal sampai ke simpul senarnya kurang lebih 10 jangkrik sekali pakai.

Fungsinya supaya umpan nanti akan menjadi 1 di mata kail saat terkena arus.

Kalau pakai Kijing ya harua dihancurkan dulu baru dipakai, sedangkan Ulat ya tinggal pasang saja.

Nah diatas adalah umpan yang akan kalian gunakan untuk mancing bagarius dan cara pasangnya, sekarang tinggal cek lokasi sungainya.

Habitat Sungai Yang Ada Ikan Bagarius

Bila disungai kalian ada ikan bagarius maka belum tentu ada dilokasi pas kalian sedang memancing, karena habibat utama keberadaan ikan bagarius ini di sungai arus deras.

Jadi bila kalian ingin memancing ikan bagarius maka usahakan lokasi tempat kalian melemparkan umpan di arus yang deras.

Bila arusnya sedang terkadang ada tapi jarang karena biasanya hanya akan digunakan ikan bagarius untuk melewati saja yang kebetulan menemukan umpan yang kalian gunakan jadi strike lah.

Inilah sebabnya bila di lokasi yang tadinya tanpa disengaja dapat ikan bagarius dan bila diulangi tidak dapat lagi.

Selain berarus deras, kalian juga bisa perhatikan bagian dasar sungainya bila bebatuan ini termasuk yang paling digemari untuk habitat ikan bagarius minimal berpasir atau tidak disengaja kalian mengetahui bahwa ada kayu-kayu besar yang tidak bisa hanyut terbawa arus.

Dilokasi yang saya sebutkan diatas, menjadi tempat yang paling disukai ikan bagarius. Namun sayangnya bila kalian akan memancing.

Walaupun kondisinya seperti diatas tadi kalian juga harus menentukan waktu yang pas untuk memancingnya.

Waktu Yang Tepat Untuk Mancing Ikan Bagarius

waktu yang tepat untuk mancing ikan bagarius

Ikan ini sama dengan predator, jadi mancing ikan bagarius di malam hari akan semakin tepat dan cocok untuk mendapatkannya.

Minimal kalian memulai mancing jam 8 malam sampai jam 4 subuh adalah waktu yang pas, dengan waktu ini sudah pasti kalian akan mendapatkan banyak ikan bagarius selain pas pada lokasi habitatnya juga pada waktu yang tepat karena bagarius aktif dimalam hari.

Nah bila kalian sudah fokus untuk memancing ikan ini maka cobalah diwaktu yang sudah saya uraikan tadi, karena hampir kebanyakan para pemancing bagarius akan memilih waktu ini dengan berbagai teknik mancing yang mereka gunakan.

Mulai dari mengunakan joran pancing hingga pemasangan Rawai disungai untuk mendapatkan ikan bagarius yang besar dan banyak, nah maka dari itu pahami dan cobalah!

Mancing Ikan Bagarius Siang Hari Masih Tetap Dapat

Memang benar, tanpa disengaja kalian akan tetap dapat ikan bagarius pada siang hari mengunakan pancing tapi ada hal yang harus kalian ketahui supaya tidak salah kaprah bahwa ikan bagarius aktif juga di siang hari.

jadi begini, saat ikan-ikan ini aktif di malam hari atau melintas untuk pindah lokasi saat memasuki waktu menjelang matahari terbit maka ikan bagarius akan mencari sarang untuk berhenti (tidur/istirahat) biasanya dibawah kayu-kayu yang ada di dasar sungai.

Bila memasuki waktu malam lagi maka ikan ini akan kembali melanjutkan perjalananya, nah tanpa disengaja kalian melemparkan umpan di dekat lokasi ikan bagarius tadi berhenti kebetulan umpan yang kalian gunakan pas sudah pasti akan tetap dimakan.

Inilah sebabnya kalian masih tetap dapat memancing ikan bagarius disiang hari karena tanpa disengaja, bukan karena lokasi tersebut memakan habitatnya ikan bagarius tapi lebih tepatnya gak sengaja.

Ini jugalah sebabnya, terkadang memancing ikan di lokasi bagarius pada siang hari tidak dapat tapi pas malam malah terus dapat karena memancing ikan tetap kembali pada keaktifkan ikan yang menjadi target kalian.

Kesimpulan
Sebagai pemancing ikan pastinya kita akan selalu berusaha untuk mencari cara mendapatkan ikan yang menjadi target, termasuk ikan bagarius ini. Nah diatas sudah tersusun mulai dari umpan, cara mancing dan waktu yang tepat untuk kalian memulai memancingnya sekarang silahkan diambil yang bagus dan abaikan saja yang dirasa tidak bermanfaat pada kalian untuk memancing ikan bagarius.