Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mancing Ikan Belut Besar Di Sawah dan Rawa

Umpan mancing ikan belut memang harus disesuaikan banget dengan lokasinya, bila hanya dipancing memang terkesan mudah tinggal masukan umpan ke lubang belut terus nunggu dan strike.

Tapi kalau keadaan tak mendukung, tidak semudah yang kita harapkan untuk memancing belut kan, jadi pengamalan mancing ikan belut memang sangat dibutuhkan!

Umpan mancing ikan belut memang harus disesuaikan

Bukan sebatas mengerti memancing belut saja, tapi umpan yang tepat sangat diperlukan untuk diketahui karena bila umpan standart di gunakan maka sering juga zonk tidak dapat sama sekali ikan belutnya.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan belut di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan belut tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan belut, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan belut yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan belut yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan belut, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan belut dengan cepat.

Belum cukup sampai disitu saja sih, masih banyak yang perlu diketahui untuk memancing ikan belut ini, bila kalian memang sudah berfokus untuk memancingnya, kecuali kalau mancing belutnya hanya iseng-iseng saja.

Kalau mancing iseng kan gini, kalau dapat ikan belut hati ya senang tidak dapat ya biasa saja. Tidak akan penasaran dan jengkel dengan mancing tidak dapat ikan belut.

Kecuali untuk yang sudah fokus dan tekat untuk mancing belut, biar susah gimana saja yang penting harus dapat ikan belutnya.

Bila kalian berpikiran seperti diatas, maka dari itu pelajari semua yang di butuhkan untuk mancing belut sebelum berangkat untuk mencarinya.

Jadi apa saja yang dibutuhkan mancing belut ini?

  1. Mata kail yang tepat.
  2. Senar pancing yang kuat.
  3. Memilih lubang lokasinya.
  4. Wadah untuk belut, jangan asal gunakan!
  5. Dan barulah umpannya.

Semua kebutuhan diatas harus disesuaikan dengan kondisi dulu ya, misalkan untuk mancing belut kecil di sawah atau yang besar di rawa, trik untuk memancingnya itu berbeda-beda pokoknya semuanya berbeda yang diatas itu.

Cara Mancing Ikan Belut Kecil Di Sawah

Untuk yang pertama coba kita bahas untuk memancing belut yang disawah, biasa kan saat air di sawah ada maka ikan belut akan ada banyak, mulai dari pertama di traktor biasanya sudah ada saja ikan belut yang kena lindas ban traktor.

Tapi bila sudah mulai proses nanam padi barulah ikan belut tertata dan jarang terlihat, bila ingin mendapatkan terpaksa di pancing tapi tetap ada berbagai trik dan cara untuk mendapatkan.

Beberapa cara yang kalian perlukan untuk mencari belut disawah adalah lokasi pemancingannya, bukan hanya yang ada air saja harus benar-benar jeli supaya bisa diketahui tempat ini yang ada belut dan itu yang tidak.

Kalau hanya untuk sambilan saja, ya tinggal pasang saja pancing di lubang-lubang belut, kalau tidak dimakan berarti ya tidak ada, bila serius harus diperhatikan dengan benar.

Cara Mencari Lubang Belut Di Sawah

Untuk mengetahui lubang yang ada belut disawah tidak terlalu sulit, yang pertama cukup di perhatikan tentunya pada pagi hari.

Kalian bisa melihat bekas jalur yang dilewati belut, biasanya kan saat menjelang terbit sinar ikan belut akan masuk ke lubang, dengan begitu kalian bisa mengetahui melalui jalur tadi.

Tapi mengetahui jalur ini hanya dipagi hari saja, itu pun kadang tidak kelihatan bila lumpur terlalu terendam air kecuali bila nanti air sudah mulai pas di lumpur akan kelihatan dengan mudah.

Selain itu, kalian bisa menentukan lubang yang terendam langsung dengan air, biasanya ini jarang meleset pasti ada ikan belut sawah.

Bila ada lubang tapi sedikit tinggi dari air terkadang ada terkadang juga tidak, tinggal tes mengunakan senar pancing dan umpan dimasukan ke lubang lalu di mainkan sedikit tarik ulur, kalau ada pasti dimakan kalau tidak ya biasa saja.

Mencari ciri diatas sebaiknya langsung di tes saja mengunakan peralatan mancing yang kalian gunakan, karena susah-susah gampang untuk mengetahuinya, tinggal persiapkan alat pancing saja.

Mata Kail dan Senar Untuk Mancing Belut Di Sawah

Masalah alat pancing bila hanya sebatas seneng saja sih terbilang gampang.

Tinggal gunakan mata kail carbon bisa beli di toko alat pancing dan senar dengan harga Rp.2000 pergulung sudah selesai tinggal pasang lalu cangkul tanah nyari umpan dan siap di gunakan.

Diatas hanya berlaku untuk kita yang mancing ikan belut hanya untuk mengisi waktu luang saja, tapi bila memang dengan mencari belut setidaknya membawa mata kail pancing yang sudah jadi lebih dari 1 makin banyak semakin bagus bila perlu lebih dari 10 baru top.

Membawa sebanyak itu bukan hanya cukup dipasang mata kail carbon dan senar biasa saja, mesti gunakan yang khusus karena seperti yang kita ketahui bila tidak sesuai senar dan mata kail yang kita pakai terlalu mudah untuk putus dan patah lalu belutnya terlepas.

Untuk mengetahui peralatanya silahkan sesuaikan dengan mereknya!

Mata Kail Pancing Ikan Belut Sawah

Perlu disesuaikan dengan ukuran mata kail tapi harus kuat.

Karena bila asal-asalan saat menariknya bisa saja mata kail jadi lurus bila besinya lemas dan langsung patah bila carbon, jadi perlu memilih yang pas dan tepat.

Beberapa mata kail yang terbilang standart untuk mancing belut sawah.

Gunakan saja Magura tapsen dengan ukuran 04 atau 05 kecil, perlu kalian ketahui bahwa ukuran mata kail yang tercantum di labelnya terdapat perbedaan antara 0 Besar dan 0 Kecil jadi gunakan memilihnya yang kecil karena mulut ikan belut sawah tidak terlalu besar tapi butuh kuat.

Bukan hanya kuat saja, tapi juga membutuhkan ketajaman yang sangat kalau bisa begitu makan langsung Crekkk tertancap dan tembus.

Bila merek mata kail diatas sulit di temukan, maka kalian bisa sesuaikan dengan Jenis carbon saja tapi usahakan memilih yang kuat dan tajam.

Senar Pancing Yang Kuat Untuk Mancing Belut Sawah

Sedangkan untuk senar pastinya perlu memilih yang kecil tapi kuat, untuk merek sederhananya kalian bisa mengunakan Exory atau Optima Hi Class usahakan dengan ukuran 0.11 saja sudah cukup bila untuk mancing belut sawah.

Kuncinya jangan hanya dikaitkan dengan simpul di mata kail pancingnya tapi harus dengan simpul dan runtingan senar.

Setidaknya gunakan double 2 jalinan senar dengan cara di pelintir mengunakan tangan dan pastinya ini akan kuat banget kalaupun kalah pastinya itu mata kailnya saja sedangkan senarnya kalau sudah dijalin tidak akan mudah putus.

Tapi bila merek senar diatas kesulitan untuk kalian temukan, gunakan senar pancing standart saja tidak masalah yang penting perlu di pelintir supaya kuat.

Nah diatas kemungkinan kalian sudah mengetahui untuk memilihnya di toko pancing terkedat, selanjutnya tinggal mencari umpan yang cocok saja.

Umpan Ikan Belut Sawah

Untuk umpan yang bisa kalian gunakan ambil saja yang umum digunakan, sebut saja seperti:

  1. Cacing.
  2. Jangkrik.
  3. Katak.
  4. Dan ulat pisang.

Beberapa umpan diatas standart dan umum yang sering digunakan, terlebih cacing dan jangkrik pasti dapat kalau yang dipancing pas ada ikan belutnya, tidak meleset lah pokoknya.

Tapi, misal sudah cukup susah atau tidak mau makan usahakan mengunakan katak dan ulat pisang saja, misal memasang ulat ya seperti biasa saja sedangkan kalau kalian mengunakan katak sebaiknya dimatikan dulu supaya bisa di iris kecil saja untuk di pasangkan ke mata kail.

Memancing ikan belut sawah diatas hanya berlaku di pagi, siang dan sore hari saja sedangkan jika kalian memancingnya di malam hari sudah tentu sulit untuk mendapatkannya, sebaiknya kalau malam nyuluh saja sekalian.

Cara Nyuluh Ikan Belut Sawah Di Malam Hari

Nyuluh belut terkesan gampang dan mudah, tinggal siapkan senter untuk penerangan dan parang untuk memukulnya, bila dipegang tidak akan bisa karena ikan belut sangat licin sekali kan walaupun bisa tetaplah sulit.

Untuk menyuluh malam hari ini perhatikan bagian pinggir sawah saja, karena bila jauh-jauh ke bagian tengah biasanya akan jarang terlihat karena mencari makannya tetaplah bagian pinggi saja.

Selain itu, untuk memukulnya kalau bisa jangan mengunakan parang tapi cukup hanya gergaji saja supaya tidak terlepas atau berpisah antara badannya karena terputus, dan lebih baik lagi bila kalian mengunakan ketapel atau panah saat menyuluh ikan ini.

Diatas kemungkinan sudah kalian pahami atau memang sudah mengertilah untuk mancing belut sawah, mulai dari umpan, senar, mata kail dan berbagai cara menyuluhnya dimalam hari, tapi yang lebih sip lagi nyari belum besar yang di rawa.

Cara Mancing Ikan Belut Besar Di Rawa

Mencari ikan belut yang besar memang yang di rawa-rawa, ukurannya bisa mencapai 2 kilo untuk 1 ekor setidaknya standart saja sudah diatas setengah kiloan.

Cuma ya itu untuk mencarinya bila tidak tau cukup sulit, bukan hanya sebatas itu saja memancing belut yang besar tidak bisa hanya mengunakan mata kail biasa dan juga senar biasa, karena ukurannya besar tentu saja kekuatannya sangat membutuhkan tenaga.

Bukan hanya sebatas berat karena bobotnya belut yang besar, tapi karena ukurannya yang panjang sering kali mendapatkan tambahan kekuatannya saat kena pancing, sebut saja akar kan bisa jadi dalam lubang ada akar dari pohon sehingga menambah bobotnya.

Bukan hanya itu terkadang lubang yang pas-pasan sebesar belutnya maka kekuatannya akan tetap bertambah.

Jadi penyesuaian mata kail dan senar sangat dibutuhkan, sebagai tambahan umpan tetap saja dibutuhkan.

Cara Buat Mata Kail Pancing Untuk Belut Besar Di Rawa

cara buat mata kail pancing belut besar

Mata kail buat sendiri dari jari-jari motor, pemancing yang khusus mencari belut besar di rawa biasanya jarang yang mengunakan Mata Kail biasa atau membeli yang bungkusan seperti carbon dan sebagainya, bila beli juga pasti yang khusus atau buat sendiri mata kailnya.

Jadi kebanyakan itu yang buat sendiri dengan bahan jari-jari motor tanpa di panaskan untuk membengkokannya, untuk membuat mata kail silahkan siapkan beberapa bahan ini terlebih dahulu:

  • Gergaji besi.
  • Kikir.
  • Tang dan Penokok (palu).

Setelah bahannya siap pertama bengkokan jari-jari sesuai ukuran yang dibutuhkan, saat akan mengikir jangan langsung di potong dulu tapi kikir untuk menyesuaikan bagian ujung yang tajam dan besarnya juga di sesuaikan langsung mengunakan kikir.

Bila saat mengikir kalian kesulitan memegangnya gunakan saja tang, kasih jeda saat mengikir mata kail ini terutama saat kalian mengikir terasa panas maka rendam ke air supaya dingin lagi.

Saat sudah selesai di kikir untuk membuat bagian ukuran dan ujung selanjutnya putuskan dan tokok mengunakan palu untuk membuat bagian pengikat simpul, bisa kalian langsung pipihkan saja tanpa lubang yang penting bisa mengikat dengan senarnya nanti.

Setelah mata kailnya selesai, tinggal gunakan senar yang cocok untuk di gunakan.

Senar Yang Kuat Untuk Mancing Belut Besar

Untuk senar, kalau beli pastinya ukuran 0.60 ketas itupun belum bisa di tentukan kuat untuk narik ikan belut yang besar di rawa.

Tapi ya tetap saja kalau nariknya tidak langsung dipaksa ya tetap naik tapi bahayanya bila ditahan tangan yang sakit atau malah di bawa untuk masuk ke dalam.

Jadi intinya senar harus kuat untuk menarik paksa, kalau kalian mengunakan mata kail buatan sendiri dari jari-jari tadi tetap kuat tinggal senarnya kuat atau tidak.

Tapi sayangnya, kebanyakan pemancing ada yang mengunakan senar tapi kebanyakan lebih memilih untuk mengunakan tali tambang.

Bila kalian ingin mengunakan tali tambang, usahakan beli yang besar saja sekalian karena biasanya bagian senarnya akan di pisahkan dan diambil sesuai dengan yang di butuhkan saja.

Untuk mengambil senarnya cukup mudah tinggal buka saja dan ambil beberapa yang diperlukan.

Setelah itu simpul ke mata kail dan kencangkan, pastinya kalian bisalah untuk menyimpulnya.

Bila dirasa sulit atau ribet mengunakan tali tambang, silahkan gunakan senar saja usahakan yang ukuran 0.60 lalu simpul dengan jalinan yang diputir mengunakan tangan tadi.

Setelah pemasangan mata kail dan senarnya selesai sekarang tinggal kalian mencari umpan untuk digunakan.

Umpan Ikan Belut Besar Rawa

Bila ingin mengunakan umpan yang umum atau khusus silahkan di sesuaikan dengan keinginan kalian sebagai berikut:

  • Umpan umum
    1. Cacing kalung.
    2. Kodok.
    3. Ulat bambu.
    4. Ulat pisang.
    5. Dan daging ayam.
  • Umpan Khusus.
    1. Bekicot, di hancurkan dulu dan tunggu 12 jam baru gunakan.
    2. Potong-potong cacing kalung lalu campurkan ke plastik dengan kuning telum bebek.
    3. Pelet joss, campur dengan Essen JM Premium.
    4. Dan marus ayam atau sapi.

Semua umpan diatas tidak akan meleset untuk mancing belut besar di rawa, tetap bisa melesat bila lubang yang kalian pancing itu tidak ada ikan belutnya jadi sesuaikan dengan lubang yang ada belutnya.

Nah diatas sudah paham kan, sekarang tinggal kalian gunakan saja mana yang cocok bila belum cocok silahkan diabaikan saja dan coba yang lainnya.

Bubu Perangkap Untuk Ikan Belut

Bila kalian mau buat perangkap untuk ikan belut jangan gunakan Bubu Payung karena tidak akan kuat untuk perangkap ikan belut, yang kalian bisa gunakan adalah Wuwu berbahan bambu yang kuat.

Kalian tinggal pasang disekitar lokasi yang biasanya dilewati belut, dan sebaiknya pada sore hari pemasangan dan pagi hari untuk di lihat dapat atau tidaknya.

Sedangkan umpannya, kalian bisa mengunakan bekicot dan juga racikan cacing dan telur bebek, sedangkan bekicot cukup dihancurkan lalu masukan ke dalam Bubu yang kalian gunakan sedangkan bila mengunakan cacing sebaiknya cari dulu semakin banyak semakin bagus lalu cuci bersih dulu setelah bersih panaskan kuali diatas kompor tanpa minyak lalu gongseng dulu cacing tadi.

Setelah di gongseng masukan ke dalam plastik lalu campurkan dengan telur bebek tapi di kocok dulu lalu ikat rapi dan kukus, setelah umpan ini kenyal di kukus tadi ambil garpu atau tusuk sate lalu buat lubang-lubang supaya aromanya nanti keluar saat dipasang.

2 umpan diatas sudah cukup untuk kalian gunakan di Bubu untuk perangkap ikan belut selanjutnya tinggal tunggu saja bila sudah di pasang.

Bila dirasa Bubu ini sulit untuk di temukan, kalian bisa mengunakan paralon saja langsung untuk buat peragkap belut tapi mesti di buat dulu sih.

Buat Perangkap Ikan Belut Pakai Paralon

Parlon untuk membuat perangkap ikan belut memang cukup ampuh karena belut bisa masuk dan tidak bisa keluar, selain itu banyak ikan akan penasaran dan masuk karena belum tau apa itu tapi ada airnya sehingga ikan tetap bisa masuk.

Untuk membuatnya, pertama belilah paralon yang ukuran sedang tinggal sesuaikan selera lalu buat lubang-lubang kecil mengunakan bor supaya nanti aroma umpan yang kalian isi akan lebih cepat tersebar.

Selanjutnya tentukan berapa panjang yang akan kalian gunakan, saran 1 parolan cukup di potong jadi 2 saja karena semakin panjang akan lebih bagus di gunakan.

Setelah dibagi, tutup bagian ujungnya terlebih dahulu usahakan mengunakan kawat jaring supaya aroma masih tetap bisa keluar bukan dari lubang kecil yang kalian buat saja, selanjutnya bagian atas buatlah sepeti Bubu tempat ikan bisa masuk tapi tidak bisa keluar.

Setelah jadi, kalian bisa isi dengan umpan seperti diatas kemudian tinggal kalian pasang, usahakan tempat pemasangan bisa terendam semua dengan air.

Tapi ingat, saat kalian membuat lubang kecil tadi usahakan jangan dibagian atasnya cukup samping kiri dan kanan saja karena nantinya paralon ini juga akan digunakan untuk masuk oleh ikan belut karena di dalamnya tidak terlihat sinar.

Kesimpulan
Beberapa panduan dan berbagi diatas hanya sebatas untuk bertukar pengalaman yang sudah digunakan dan berbagi mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua memancing ikan belut sawah dan besar di rawa.