Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Ikan Cendro, Pasti Dapat Banyak!!!

Mancing ikan cendro sebenarnya asik terlebih kalau sedang pas di lokasinya, karena ikan cendrokan pada umumnya berombongan jadi pas ada di 1 lokasi maka disitulah tempatnya karena pas waktu pindah tempat tadi pastilah juga berombongan jadi tak heran kalau pas dipancing yang dapat sekalian banyak.

Tapi kalau pas juga yang di butuhkan mulai dari Senar, Joran, Mata Kail, Reel dan umpannya yang tepat.

ikan cendrokan pada umumnya berombongan

Bila sudah tepat semuanya maka tinggal mancing sajalah, kalau belum tau nah kemungkinan di sini ada yang kalian cari dan kemungkinan cocok untuk kalian gunakan memancing ikan cendro.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan cendro di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan cendro tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan cendro, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan cendro yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan cendro yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan cendro, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan dengan cepat.

Terlebih bisa dapat banyak pastinya bisa dijual sekalian untung jual ikan cendrokan lumayan juga ya.

Jadi seperti yang kita ketahui, ikan cendro pada umumnya berada di laut jadi bila kalian ingin memancingnya usahakan mengetahui cara memancing dan posisi keberadanya.

Sambil mengunakan umpan yang sama seperti di rekomendasikan disini, bila memahami dijamin dah pasti strike ikan cendronya.

Karena kalau sekali saja dapat akhirnya pasti akan dapat lagi, dan kalau sudah berpindah barulah terasa sulit untuk mancingnya bahkan tidak dimakan sekalipun karena ikan cendronya sudah berpindah tempat, kalaupun ada yang makan pasti ikan lain lagi kan.

Kecuali kalian mancingnya pindah mengikuti ikan cendronya ya tetap akan di makan terus.

Tapi untuk mengikuti ikan di dalam air pastinya kan sulit bahkan tidak mungkin hanya untuk kita hobi mancing ini kecuali mereka Nelayan pencari ikan ya peralatannya lebih lengkapkan, nah sekarang kita kembali ke topic memancingnya lagi.

Alat Pancing Untuk Mancing Ikan Cendro Terbaik

Ini yang paling pertama untuk dipikirkan sebelum pergi memancingnya, tidak bisa mengunakan alat pancing yang biasa saja karena kalau salah pastinya sulit untuk memancingnya.

Namun setidaknya kalian tetap sudah bisa memikirkan alat pancing terbaik kan untuk mancing ikan cendro.

Pertamanya Joran Pancing yang kuat seperti Shimano Ekudor Joran standart untuk mancing di laut dan sungai hanya saja tinggal kembali ukuran panjangnya yang akan kalian gunakan, selanjutnya Reel Maguro usahakan kalian memilih yang tepat.

Kalau untuk pemberat dan mata kail pancingnya sudah pastikan kalian sudah paham untuk yang digunakan, setelah semua di atas siap sekarang kalian tinggal menyiapkan makananya.

Umpan Mancing Ikan Cendro

Untuk umpan yang digunakan setidaknya akan kembali pada lokasi kalian memancingnya, berikut umpan yang paling umum digunakan untuk mancing ikan ini:

  1. Cumi-cumi.
  2. Udang.
  3. Cacing Payau.
  4. Seranga Yang Keluar Malam Hari.
  5. Seranga Pohon Kelapa.
  6. Dan Daging Ikan.

Beberapa umpan cendro diatas sudah banyak yang mencoba dan sukses, selanjutnya tinggal kalian mencoba untuk memancing ikan cendronya umpan yang mana paling ganas di makannya.

Tapi biasanya, yang paling sering umpan yang digunakan adalah ikan teri tapi bukan yang dijual teri goreng itu sudah kering tidak mungkin bisa digunakan, kalian cukup beli saja Teri yang masih segar untuk di gunakan umpannya.

Bila semua keperluan umpan diatas sudah siap, nah berarti tinggal kalian pergi mancing saja lagi.

Cara Mancing Ikan Cendro

Untuk memancingnya tidak beda dengan biasanya, bila kalian memancingnya mengunakan kapal/perahu pastinya kalian harus duduk tenang dan memegang joran pancing setidaknya ada pertahananlah untuk joran dari pada dibawa masuk ke air kan tapi lebih baik lagi kalian mengandalkan cara jingjing untuk memancingnya.

Bila memancingnya dari pesisi usahakan kalian memilih lokasi yang sedikit tinggi, jangan langsung di pinggir airnya karena akan membuat kalian kesulitan memancingnya nanti.

Kalau bisa usahakan memancingnya dari atas batu karang tapi hati-hati jatuh.

Dari dekat karang inilah biasa ikan cendro lebih aktif dan suka bermain di sekitaran lokasi ini, bila pas kalian mancing pastinya akan joss banget.

Dan yang terakhir di dekat muara sungai ke laut, walaupun muara airnya tawar bukan berarti tidak ada ikan cendronya, di muara ini bahkan jarang di sangka lebih banyak ikan cendro yang aktif disini.

Tidak perlu melemparkan pancingnya jauh-jauh cukup sedang saja tapi sudah mendekat memasuki ke air laut. Dengan pertahanan seperti ini pastinya kalian akan dapat ikan cendronya.

Waktu Yang Tepat Pergi Mancing Ikan Cendro

Bila kalian Nelayan pencari ikan pastilah sudah tau kapan waktu pasang surutnya air dan juga musim ikan.

Tapi bila kalian hanya suka memancingnya saja maka kalian setidaknya cukup mengatur waktunya saja.

Untuk waktu yang tepat mancing ikan cendro ini, Pertama subuh menjelang siang antara jam 04:30 wib sampai jam 09:00 wib waktu ini perkiraan untuk bulan 5 - 8 saja pas musim surutnya.

UntukUntuk mancing dengan tidak melihat pasang surutnya air maka cobalah untuk mancing ikan cendro jam 17:30 wib sampai jam 20:00 wib atau sekalian mancingnya dimalam hari jam 00:00 wib sampai subuh sekalian.

Waktu diatas sebaiknya digunakan karena memancing ikan cendro bukan berdasarkan kapan saja mau berangkat maka bisa jadi kita dapat banyak ikan cendronya.

Sebaliknya bila asal senang saja ya ini terkadang tidak mendapatkan ikan sama sekali saat mancing ikan cendro.

Tapi ya tinggal semuanya kembali dengan keinginan masing-masing saat untuk memancingnya memilih waktu yang di senangkan saja karena mancingnya masih berdasarkan hobinya mancing ikan cendro.