Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mancing Ikan Gabus Yang Tidak Mau Makan Umpan

Mencari penyebab ikan gabus tidak mau nyambar makan umpan memang buat penasaran, terlebih bila sering melihat di sekitaran lokasi tempat kita sedang asik mancing.

Tapi sayang jika sudah semua ikan gabus tidak mau lagi makan umpan yang kita gunakan.

Mencari penyebab ikan gabus tidak mau sambar umpan

Untuk permasalahan yang seperti ini, memang sangat sering terjadi dan buat penasaran, kalau belum naik belum pindah ke lokasi lain buat saking nekat memancing ikan gabus.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan gabus di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai terlebih dahulu.

Umpan yang sudah biasa untuk dipakai itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria ikan gabus untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tetapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman saja, berbeda dengan ikan gabus.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan gabus tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan gabus, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan gabus mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan, juga karakter dari jenis ikan gabus yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan gabus yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan gabus yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan gabus, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkannya dengan cepat.

Memancing ikan gabus yang diutamakan adalah lokasi tempat kita meletak umpannya dulu, jadi harus tentukan yang pas dan banyak pada titik tersebut.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan gabus bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu jika ikan mulai rasa sensitifnya yang kuat sering menghindari dan diam saja walaupun umpan didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang mengandalkan bening dan bias tinggi, agar samar dilihat ikan yang kita pancing mengunakan umpan.

Jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan yang jitu, tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan gabus yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Untuk ikan gabus yang tidak mau lagi memakan umpan kita gunakan, terlebih dahulu harus dicarikan penyebabnya, kalau ikan tanpa sebab itu tidak mungkin menolak umpan andalan Kodok, seperti yang kita ketahui kan jarang ikan gabus yang tidak mau nyambar umpan Kodok.

Sedangkan pakai Soft Frog saja masih disambar lah ini sudah pas asli, masih juga tidak mau.

Pasti ada yang pas banget untuk penyebab dan cara mancing ikan yang seperti ini.

Tapi sebelum mencoba, untuk mengunakan cara lain yang untuk memancing.

Akan lebih baik lagi bila sudah mengetahui penyebab ikan gabus tidak mau nyambar umpan.

Untuk yang pasti di awal penyebab, bukan karena umpan yang kita gunakan tidak cocok dengan ikan gabus, tapi pasti ada yang lain lagi kan!

Ikan Gabus Lepas Kena Pancing

Ini faktor utama, pertama mancing kena tapi pas ditarik lepas, untuk yang seperti ini memang susah banget untuk di pancing lagi walaupun mengunakan umpan apa saja.

Kemungkinan ikan yang terlepas akan stress untuk memakan umpan lagi, tapi hanya berlalu untuk beberapa hari saja, paling lama semingguan setelah itu waktu dipancing tetap akan disambar lagi.

Jadi bila pernah mancing ikan kena dan lepas lagi, pas di ulangi mancing tapi tidak mau makan, ya ini penyebab karena kapok makan umpan yang dikasih.

Ini juga hanya ikan yang tadi kena pancing saja, yang tidak mau makan umpan bila masih ada yang lain pasti tetap di makan.

Kalau sudah semua ikan gabus yang ada di lokasi tempat kita memancing tapi sudah tidak mau lagi makan umpan lah ini baru kacaw.

Semua Ikan Gabus Tidak Mau Memakan Umpan

Kalau semua ikan gabus sudah tidak mau makan umpan, pastinya letak kesalahan ada pada umpan yang kita gunakan, cobalah untuk berganti-ganti mengunakan bila sudah tepat pasti tetap saja dimakan.

Tapi ada juga yang biasa pas mancing di tempat ikan gabus, saat tidak mau lagi memakan dan penyebab karena sudah terlalu banyak makanan yang tersedia, jadi tidak perlu repot kita bawakan umpan karena sudah banyak ada disana.

Untuk yang seperti ini, tidak akan ada lagi ampun karena ibaratkan kita sudah kekenyangan makan tapi di tawari lagi untuk makan yang lain, pastilah tidak mau kan.

Apa lagi ikan gabus, sudah kenyang palingan juga hanya diam saja di suatu tempat, bila terasa lapar barulah mencari makan lagi.

Kalau pas kita pancing, juga masih belum tentu untuk dimakan ikan karena tidak perlu jauh-jauh masih ada banyak makanan.

Sebelum menyebar pancing dan umpan baru dilokasi memancing gabus, sebaiknya perhatikan dulu sekitar lokasi mancing yang banyak makanan atau tidak.

Ciri-ciri Ikan Gabus Sudah Banyak Makanan

Untuk mengetahui banyak makanan ikan gabus di sekitar lokasi memancing, tinggal perhatikan saja terutama suara Katak / Kodok.

Seperti yang kita ketahui kalau katak air sesekali tetap akan masuk ke air.

Pas diair ini lah biasanya ikan gabus akan langsung menyambar, tidak perlu waktu yang lama belum lagi saat bertelur.

Biasa kan di sebar ke air jadi makanan empuk banget untuk ikan gabus.

Bila kalian melihat seperti ini jadi kan sudah tau penyebabnya untuk mengunakan umpan selain katak / kodok.

Atau juga ikan kecil lain yang banyak di dalam air, ikan gabus termasuk predator jadi dengan memakan anak ikan kecil pasti sudah cukuplah, tinggal kalian lagi lah yang mikir umpan yang tepat.

Kebetulan saya pernah mengalami yang seperti ini, tapi tetap masih kena dipancing dengan beberapa umpan baru yang digunakan.

Umpan Ikan Gabus Yang Tidak Mau Makan

Bila sudah tau makanan apa saja yang ada di sekitar lokasi yang kita perhatikan, maka tinggal gunakan umpan yang lain saja pasti kena.

Beberapa umpan untuk penganti gabus yang tidak mau makan umpan sebagai berikut:

  1. Cacing kalung.
  2. Udang Hidup.
  3. Jangkrik.
  4. Ulat Bambu.
  5. Ulat Pisang.
  6. Dan Ulat Hongkong

Umpan diatas bisa digunakan untuk mancing ikan gabus yang tidak mau makan umpan lagi, tapi ya itu umpan di atas harus kalian gunakan cara mancing yang tidak biasa.

Biasanya kan kalau kita mancing ikan gabus punya 2 teknik kalau tidak di pancing langsung pakai Casting.

Nah bila ikan gabus yang tidak mau makan kalian mesti coba cara mancing tajur, kemungkinan kalian sudah taulah caranya kan!

Cukup buat joran pancing mengunakan ranting yang kuat lalu ikat senar dan mata kail kurang lebih.

Semakin banyak di buat, maka semakin besar kemungkinan untuk dapat banyak, karena pas tajur di pasang pasti kan di tinggal dulu kurang lebih 6 jam sambil kita menjauh supaya suasana tajur kita sepi.

Pas sudah terlihat dari jauh tajur dimakan ikan gabus barulah ikan mendekati.

Sedangkan bila mancing gabus yang tidak mau di Casting ya kemungkinan dengan umpan yang khusus tetap mau juga deh.

Umpan Casting Tidak Mau Di Makan Ikan Gabus

Biasa kan kalau tekhnik Casting, pasti ikan gabus lebih ganas untuk makan umpan karena terkesan aneh, dan gerakan yang dibuat terkesan alami sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk strike.

Tapi kadang kala ikan gabus juga tidak mau memakan umpan yang digunakan.

Kemungkinan penyebab seperti di atas tadi dan kalian coba dulu untuk menganti mengunakan umpan casting yang asli seperti Katak dan Cicak.

Bila mau ya memang masih rejeki, tapi kalau di casting hanya capek saja kemungkinan trik casting mesti kalian rubah dulu, jangan seperti biasa yang main di permukaan air.

Cobalah untuk casting umpan sedikit masuk ke dalam air dan mengulung secara berlahan-lahan, kalau bisa jangan langsung di gulung pakai reel tapi cukup tarik joran berlahan lalu gulung ulangi sampai umpan ke pinggir dan melemparkan lagi.

Bila umpan alami yang kalian gunakan tidak juga dimakan ikan gabus dengan trik baru tadi, maka langsungkan saja untuk di rendam dan biarkan sampai ikan gabus mendekat dan memakannya.

Kalau sudah merasa bosan dan ikan gabus belum mau makan juga, ya sudahlah gulung saja sekalian senar dan susun mata kail pancing lalu pulang. wakakak salam strike!