Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mancing Ikan Hampala (kebarau) Casting dan Tajur

Cara mancing ikan hampala (sebarau) memang perlu teknik yang khusus diketahui, terutama umpan yang di gunakan harus benar-benar tepat saat digunakan karena bila belum pas bisa-bisa hanya capek saja.

Tapi walaupun capek sering kali tetap dapat saja jadi tidak perlu dikuatirkan juga lah untuk memancing ikan hampala ini.

Karena bisa dipancing layaknya kita mancing ikan biasa, tapi bila mengunakan teknik yang pas dan umpan yang digunakan pastilah banyak yang bisa didapat.

Cara mancing ikan hampala (sebaraw) memang perlu teknik

Mancing ikan hampala secara teknik memang lebih bagus lagi bila di casting.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan hampala sebarau di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan hampala tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan hampala.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan hampala, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan hampala yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan hampala yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan hampala yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan hampala, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan hampala dengan cepat.

Hanya saja ada beberapa lokasi yang tidak bisa begitu saja dipancing dengan tekhnik casting, maka dari itu butuh pengalaman yang lain juga.

Sedangkan umpan, ada yang digunakan secara alami dan ada juga yang secara khusus saja, namun tetap kembali pada cara kita memancing.

Bila peralatan yang digunakan, tinggal tergantung kita mau mengunakan casting atau model najur saja termasuk umpa juga masih harus memilih yang tepat.

Maka dari itu, sebelum kalian memancing ikan hampala akan lebih baik lagi untuk memperkirakan semua terkecuali bila sudah terbiasa memancing dengan tekhnik yang biasa digunakan.

Sedangkan bila memang ingin mendapatkan yang extra besar dan banyak maka mulai dari Nol harus dikuasa terlebih dahulu.

Ada 2 tekhnik dengan mengunakan peralatan dan cara mancing juga umpan yang digunakan, nah bila kalian ingin mencoba untuk mengetahui lebih jauh cobain yuk kita ulas satu persatu.

Cara Mancing Casting Ikan Hampala

Untuk tekhnik casting kemungkinan kalian juga sudah mengetahuinya, dilempar dan gulung tinggal tergantung arus sungai deras atau sedang.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa ikan hampala kebanyakan diarus deras dan sedang walaupun ada juga di air agak tenang tadi jarang ada.

Dan untuk melemparkan umpan, usahakan berlahan-lahan pada lokasi yang di rasa ada ikan tapi harus berpindah terus, jangan fokuskan di 1 lokasi saja karena keberadaan ikan hampala pasti berbeda-beda tempat jadi cari terus.

Termasuk pada lokasi usahakan untuk berpindah sekalian bila belum dapat di 1 titik, karena kemungkinan ikan berada di tempat yang lain lagi bisa di atas atau bawah bagian yang sebelumnya kalian pancing tadi.

Bila dirasa ikan sudah mulai tidak makan, maka usahakan untuk merubah tekhnik umpan yang lebih tenggelam sedikit walaupun dengan casting jangan terus di fokuskan pada kebiasaan memancing casting.

Sedangkan peralatan sebelumnya harus dimaksimalkan supaya alat paning kalian tidak patah atau rusak.

Joran Casting Ikan Hampala Yang Kuat

joran casting ikan hampala yang kuat

Untuk joran pasti harus dipilih dengan tepat, karena bila salah-salah bisa dapat Custom Joran yang terkesan biasa saja.

Untuk beberapa joran yang mungkin bisa kalian gunakan dari produk Maguro, dimana kekuatan Fiber cukup bisa diakui dan kelenturan yang kuat.

Termasuk beban Fiber terkesan ringan pasti cocok untuk casting hampala atau ikan lain.

Selain Maguro, masih banyak merek lain namun sebelum kalian membeli di toko pancing terdekat sebaiknya di perhatikan dulu mulai dari Bahan Fiber yang di gunakan,

kelenturan yang tidak mudah patah, juga bobot pastikan ringan supaya tidak begitu bertengga untuk casting, tapi tetap kuat untuk ikan hampala yang seperti ini pasti sangat pas untuk digunakan.

Selanjutnya pastikan untuk memilih Reel yang akan digunakan, supaya tidak salah pilih lagi nantinya dari pada hancur saja kan sayang.

Reel Bait Casting BC Yang Cocok Untuk Hampala

reel bait casting bc yang cocok untuk hampala

Bila kalian ingin memilih BC, usahakan di lihat dulu dari yang memproduksi bila pas barulah dibeli untuk digunakan.

Sedangkan untuk merek BC masih dari Maguro Bait Casting, dimana Reel ini sudah tidak akan diragukan lagi, selain itu untuk kekuatan juga sudah tertera termasuk ukuran Gir, Spool dan maksimal bobot ikan yang akan dinaikan.

Walaupun ada banyak Reel BC yang bisa kalian beli, tapi perhatikan dulu dari segi perawatanndan pengunaan.

Bila belum lama dibeli tapi ada yang rusak, pasti kan belum cocok untuk yang simpel saja bagian senar yang merunting atau kusut saat ngesting.

Jadi memilih BC dengan kualitas yang standart, memang sangat butuh supaya tidak jadi kesal dan jengkel di hati, lalu ingin ganti lagi cukup usahakan saat membeli tapi sudah pas untuk digunakan!

Setelah joran dan BC lengkap, kalian tinggal menentukan untuk mengunakan senar pancing atau benang PE untuk casting ikan hampala ini.

Senar Pancing PE Yang Cocok Untuk Casting Hampala Tapi Kuat

Nama Senar atau PE yang digunakan casting pasti untuk kekuatan sudah tidak diragukan lagi, pastilah kuat.

Tapi sebelum memilih untuk pakai senar atau PE akan lebih baik lagi bila disesuaikan dengan Spool BC dan juga target pasti untuk casting.

Perlu diketahui bahwa antara senar dan pe tetap ada kelebihan masing-masing dan juga kekuarangan.

Lebih parah lagi bila yang digunakan tapi tidak mengetahui sisi kurang bagusnya.

Pemikiran seperti ini, memancing mengunakan senar tapi pas casting terdapat kesalahan, bisa kusut atau tidak sepadan beban dengan mata kail dan umpan yang digunakan.

Sama dengan benang PE, pas digunakan mendapatkan kekuarangan yang sangat banyak membuat hati jengkel dan kesal saja saat dipakai.

Maka dari itu, jangan pilih senar dan mata kail yang digunakan hanya berdasarkan kuat saja saat digunakan, untuk lebih jauh bila kalian ingin mengunakan coba kita cek dulu.

Senar Untuk Casting Hampala Kecil Tapi Kuat

senar pancing untuk casting ikan hampala kecil tapi kuat

Bila menilik senar yang kuat, silahkan gunakan Optima Hi Class atau Blood Big Game untuk kekuatan boleh di uji sedangkan panjang hanya 150 Meter.

Kekuarangan ya disini, tapi bila kalian mengunakan ukuran diatas 0.35 kemungkinan Spoot BC tetap cukuplah.

Selain kuat, kedua merek senar diatas secara kualiatas diatas standart dan bias matahari termasuk tinggi, juga bila di lihat dari kelenturan senar ini sangatlah lentur sekali.

Nah bila ingin memilih senar yang lain, maka bukan hanya dilihat dari segi kekuatan senar yang akan dipilih.

Tapi ketahui juga dari segi bias dan utamakan yang lentur tidak laku, karena bila memilih senar yang kaku untuk casting bisa-bisa salah arah saat akan melemparkan.

Sedangkan bias berfungsi saat di air tidak terlihat dengan ikan, minimal samar dan pasti nanti saat digunakan umpan terlihat bergerak secara natural dan membuat ikan lebih cepat untuk menyambar.

Benang PE Untuk Casting Hampala Tidak Meresap Air

benang pe untuk casting hampala tidak meresap air

Sedangkan mengunakan PE yang diutamakan bukan hanya dari segi kekuatan, tapi dilihat dari pelampis PE nya karena ada banyak sekali PE yang merasap air, sehingga nanti saat akan di gunakan lemparan tidak akan bisa lebih jauh sesuai yang ditargetkan.

Untuk PE yang tidak menyerap banyak digunakan, adalah Piranha dan Bunglon XT 0, 1, 2 sampai 10, namun bila Piranha harus di tanya dulu pada penjual karena ada banyak merek Piranha yang masih meresap air.

Bila kalian masih tetap ingin mengunakan yang lain, usahakan untuk memilih yang ada pelampis saja, untuk cirinya bila dilihat berkilau kalau masih tetap ya sama saja bukan tidak meresap air kan.

Sebaiknya langsung uji coba mengunakan air aqua gelas saja, untuk caranya cukup celupkan bagian ujung sedikit dan rasakan tetesan air bila meresap lebih baik coba yang lain.

Nah untuk pilihan senar atau PE diatas sepertinya sudah cukup pas untuk digunakan tinggal disesuaikan, selanjutnya kita lihat masalah mata kail yang cocok tapi tetap harus disesuaikan nanti bila sudah memilih untuk menajur, tidak casting soft frog lagi lah.

Casting Hampala Pakai Minnow atau Soft Frog

casting hampala pakai minnow atau soft frog

Bila kalian casting ikan hampala pastilah sebaiknya mengunakan Minnow saja, tapi bila menentukan menurut pemikiran kalian yang silahkan untuk mengunakan Soft Frog.

Casting hampala kan lebih mengarah pada gerakan anak ikan, jadi bila mengunakan umpan Minnow sepertinya cukup bagus dan lebih memungkinkan untuk di sambar hampala.

Walaupun mengunakan soft frog juga tetap disambar ikan hampala, tapi mungkin tetap Minnow yang lebih pas.

Bila kalian memilih untuk casting hampala mengunakan soft frog, sudah jelas sangat berbeda jauh untuk umpan yang digunakan karena Soft Frog untuk ikan gabus atau toman.

Sesuai dengan namanya Soft Frog dan Jump Frog cocok untuk casting gabusan tapi bila ingin digunakan untuk hampala ya tidak mengapa juga sih.

Diata untuk casting ikan hampala kemungkinan sudah pas kita bahas dari Nol, sekarang cobain juga bila kalian ingin mencoba untuk najur saja supaya santai dan tidak capek lagi.

Cara Mancing Tajur Ikan Hampala

Sedangkan untuk mancing tajur caranya cukup kalian kasih umpan dan lembarkan, tinggal sesuaikan timah pemberat saja sedangkan joran bisa pakai bambu saja sudah cukup dan tanpa reel, cukup kaleng ya sudah cukuplah,

Tapi bila masih tetap akan memilih yang sesuai ya lebih bagus dan cocoklah.

Seperti yang kita ketahuilah, bila mancingnya ingin di tajur termasuk bebas untuk mengunakan alat yang standart termasuk senar yang penting ukuran 0.40 keatas, bahkan ada yang mengunakan 0.60 pasti sudah sangat kuatlah.

Jadi urutan memancingnya seperti ini:

  1. Pertama joran yang pastinya lentur dan bisa mentiung supaya kita tau saat ikan sudah memakan umpan.
  2. Selanjutnya senar usahakan seperti ukuran diatas tadi.
  3. Lalu timah pemberat, usahakan yang berat dan tidak bergeser bila terkena arus lalu masukan dulu ke senar dan kasih kili-kili sebagai pembatas.
  4. Lalu pasang mata kail pancing ukuran yang menyesuaikan untuk ikan hampala ke Leader senar utama tadi.

Selanjutnya ya tinggal lempar saja dan tunggu ikan hampala memakan umpan, selain itu usahakan untuk mengunakan joran lebih dari 1 semakin banyak makin bagus untuk tajur.

Setelah semua joran terpasang ya tinggal nunggu saja, bila melihat pemancing dengan cara ini terkesan biasa dan santai banget buat menjalani hal-hal yang sepeleh seperti ngobrol sama temannya, merokok, makan, minum sekalian mainan hp juga ada.hehe tapi jangan lupa gunakan umpan yang sesuai saja untuk memancingnya.

Umpan Alami Ikan Hampala Sungai

Untuk umpan yang akan kalian gunakan saat mancing hampala sebagai berikut:

  1. Anak ikan bersisik.
  2. Udang sungai.
  3. Cacing kalung.
  4. Ulat bambu.
  5. Dan juga jangkrik.

Untuk mengunakannya, bila anak ikan usahakan hidup supaya bergerak saat kalian gunakan sebagai umpan caranya cukup kalian mata kail dibagian ekornya supaya terus hidup.

Bila mengunakan udang tetaplah sama tapi tetap bisa kalian gunakan dalam keadaan mati, bila mati cukup gunakan kulitnya saja dan jangan lupa kupas juga kulit udangnya dulu.

Bila kalian mengunakan cacing kalung tinggal kait-kait saja, termasuk bila mengunakan ulat bambu tinggal dikaitkan sesuai ukuran mata kail yang kalian gunakan.

Tapi bila kalian mengunakan umpan jangkrik, nah ini dia harus pakai tekhnik yang khusus yaitu saat kalian mengaitkan jangkrik ke mata kail usahakah masuk lebih dari 7 sampai ke senarnya kalian susun juga karena nanti saat sudah berada di dalam air dengan arus maka jangkrik yang ada dibagian senar tadi akan berkumpul jadi rapat ke mata kail.

Sebagai tambahan, saat memancing tajur sebenarnya kalian masih tetap bisa untuk mengunakan Minnow atau juga soft frog tapi sayangnya bila tersangkut maka akan langsung putus saja.

Kesimpulan
Memancing ikan hampala dengan tekhnik diatas, lengkap dengan berbagai peralatan dan umpannya hanya sebatas berbagi pengamalan yang sudah pernah digunakan saja untuk digunakan atau tidaknya silahkan diambil sisi baiknya saja oleh kalian. Bila bermanfaat ya silahkan digunakan bila tidak ya abaikan saja untuk berbagai macam cara mancing ikan hampala.