Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mancing Ikan Sepat Siam, Pasti Dapat Banyak Pakai Cara Ini!

Mancing ikan sepat siam pastinya asik untuk yang sudah mengerti umpan dan cara memancingnya.

Hanya saja bila belum mengetahui dengan pas maka bisa saja tetap zonk karena umpan yang dimakan ikan sepat tetap berbeda dengan yang lainnya.

Mancing ikan sepat siam pastinya asik untuk yang sudah mengerti umpan dan cara memancingnya

Kalaupun ada umpan ikan sepat siam alami yang digunakan juga kadang belum tentu dapat karena ada trik untuk memancingnya.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan sepat siam di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan sepat siam tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan sepat siam.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan sepat siam, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan sepat siam yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan sepat siam yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan sepat siam, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan dengan cepat.

Maka dari itu untuk kalian yang belum mengetahui triknya tapi sering melihat lokasi ikan sepat siam nah bisa jadi nanti kalian akan panen ini.

Tapi sebelum kalian mengunakan trik dan umpannya, sebaiknya ketahui dulu lokasi pastinya dan tidak sering berpindah-pindah selain itu kalian juga harus bisa membedakan 2 jenis ikan sepat ini seperti:

  1. Ikan Sepat Siam.
    Bentuk dari ikan yang satu ini bila dilihat secara langsung warnanya agak hitam dan terlihat tebal juga ukurannya bisa mencapai lebih dari 5 jarian atau diatas 1 KG intinya membedakannya dengan ikan sepat lainnya pasti nanti kalian akan tau juga bila sudah melihatnya langsung.
  2. Ikan Sepat Mutiara
    Ini masih 1 jenis dengan Siam dan memiliki sungut sama persis, tapi dari segi warna yang satu ini terlihat lebih keputihan dan juga ada tanda bulat (mutiara) mendekati ekornya juga dari segi badanya lebih tipis terbilang ramping dan juga ukurannya belu ditemukan yang lebih besar dari 3 jarian.

Kedua jenis sepat diatas untuk umpan alami sama saja, cara memancingnya pun sama juga hanya bentuknya saja yang berbeda lebih mudah ditemukan ikan sepat mutiara ketimbang siam.

Sebelum kita bahas cara mancingnya, akan lebih top untuk kalian mengetahui dulu umpan yang akan digunakan setelah bisa menyiapkannya barulah pakai trik mancingnya.

Umpan Ikan Sepat Siam

Untuk menyiapkan umpannya kalian bisa gunakan umpan alami

Untuk menyiapkan umpannya kalian bisa gunakan umpan alami dan juga racikan tapi sebaiknya gunakan dengan melihat dulu umpan yang cocok dilokasi kalian untuk mancing ikan sepat siamnya.

Beberapa umpan yang umum digunakan untuk mancing ikan siam adalah:

  1. Buah sawit.
  2. Lumut.
  3. Cacing sampah.
  4. Daging ayam.
  5. Dan Pentol bakso ayam.

Untuk mengunakannya, bila kalian mengunakan Buah sawit pilihlah yang sudah tua dan meembuat dulu kulitnya lalu barulah diiris sesuai dengan ukuran untuk digunakan.

Bila mengunakan lumut, hampir sama seperti mancing ikan nila tinggal celup dan putar mata kail di wadah lumutnya.

Sedangkan bila mengunakan cacing sampah ya tinggal kaitkan ke mata kail sesuai ukuran.

Tapi bila kalian mengunakan umpan daging ayam, sebaiknya di cincang dulu sebelum di gunakan karena pemasangannya nanti cukup rumit bila sudah di cincang nanti mengaitkan ke mata kail akan lebih mudah lagi.

Pentol bakso ayam, nah ini umpan andalan pemancing ikan sepat siam dengan mengunakannya tidak akan meleset untuk strike.

Sedangkan mengunakannya tinggal iris panjang-panjang sebesar korek api pas mau dipasang ke mata kail cukup di cuil saja mengunakan kuku jempol selanjutnya ketahui juga untuk mengumpulkannya dulu.

Cara Mengumpulkan Ikan Sepat Siam

Tanpa mengumpulkan ikan sepat siam saat dipancing pasti tetap susah untuk mendapatkannya.

Sekalipun kita melihat gerombolannya beberapa saat biasanya pas dimasukan umpan akan langsung hilang atau pergi, inilah sebabnya harus dikumpulkan dulu supaya terlihat dan pas dipancing berapa banyaknya ada ikan sepat sudah pasti naik.

Untuk mengumpulkannya, kalian bisa mengunakan minyak, beberapa yang bisa kalian gunakan adalah:

  1. Minyak jelantah bekas goreng ayam.
  2. Minyak mie instan ayam kari atau bawang.
  3. Dan minyak mie ayam.

Untuk mengunakannya, bila minyak goreng jelanta bekas mengoreng daging ayam akan lebih bagus.

Cukup kalian masukan ke plastik kurang lebih secukupnya lalu saat akan memasukan umpan ke air celupkan dulu ke plastik yang ada minyaknya tadi.

Bila kalian mengunakan minyak mie instan in agak banyak minimal 4 sampai 5 bungkus.

Caranya hampir sama seperti diatas hanya saja harus dikeluarkan dulu dan dipindahkan ke plastik supaya mudah menyelupkannya nanti saat akan di gunakan.

Untuk yang paling tepat adalah minyak dari mie ayam biasanya ini akan digunakan oleh penjual mie ayam dan bakso.

Nah kalian bisa membeli saja langsung minyaknya tidak perlu banyak hanya secukupnya saja.

Jadi pengunaan minyak diatas pas kalian akan memasukan umpan saja tapi tidak harus terus, saat mengunakan pertama kali dan terlihat ikannya mulai muncul dipermukaan air maka siap untuk kalian pancing.

Pas saat ikan sudah mulai pergi atau tidak terlihat, ulangi lagi untuk dicelupkan ke minyak goreng yang kalian gunakan.

Jadi fungsi minyak ini hanya untuk mengumpulkan ikan sepat saja supaya memakan umpan yang kalian gunakan, nah ada 1 lagi cara yang lebih cepat untuk mengumpulkan ikan sepat ini.

Mengumpulkan Ikan Sepat Dengan Dedak / Bekatul

Nah mengunakan dedak ini salah satu cara yang paling top untuk digunakan, terutama untuk kalian yang memancing ikan sepat di rawa yang airnya tidak mengalir.

Untuk cara mengunakannya, tinggal kalian tebar dedak kurang lebih 1 kepalan tangan saja dan tunggu sebentar saat ikan sepat mulai terlihat tinggal kalian pancing saja.

Tapi sayangnya, mengunakan dedak / belatul ini membuat ikan sepat juga memakannya jadi bila kalian mengunakannya kebanyakan ikan sepat tidak akan lagi makan umpan yang kalian gunakan karena sudah kenyakang memakan dedak tadi.

Jadi gunakan cara ini hanya sekadarnya saja, bila perlu cukup taburkan sedikit saja supaya ikan sepat tidak terus-terusan memakan dedak yang kalian gunakan untuk mengumpulkannya.

Nah bila umpan dan cara mengumpulkannya sudah siap, sekarang saatnya kalian mengetahui trik untuk memancingnya.

Cara Mancing Ikan Sepat Siam

Selain jarak tadi, saat kalian memancing dengan cara mengumpulkan ikan sepat

Untuk memancingnya kalian tidak memerlukan timah pemberat untuk menengelamkan umpannya.

Cukup gunakan pelampung yang kecil dengan jarak dari mata kail cukup sejengkel tangan saja.

Jadi untuk memancingnya kalian tidak perlu mengunakan mata kail ke pelampung yang dalam, cukup pendek-pendek saja karena bila sudah terlalu dalam kalian letakan umpan tidak juga akan dimakan ikan sepat.

Selain jarak tadi, saat kalian memancing dengan cara mengumpulkan ikan sepat seperti diatas bila sudah terlihat maka usahakan saat memasukan umpan pelan-pelan juga kalau pas dimakan tarik dengan pelan jangan asal sentak saja.

Jadi memasukan umpan dan menariknya harus pelan ini akan berpengaruh untuk membuat ikan sepat menjadi bubar dan pergi.

Walaupun bila mengunakan minyak dan dedak masih tetap ngumpul lagi tapi butuh waktu agak lama kurang lebih 10 menitan dan terlihat lagi lalu ulangi lagi cara memancingnya.

Bila semuanya berlahan, saat memasukan umpan tidak akan butuh waktu lama strike begitu juga saat menariknya saat akan memasukan umpan masih tetap akan narik-narik terus sampai berapa banyak ada ikan sepat yang kalian lihat bisa saja naik semua tapi terkadang tidak cukup waktunya dan disambung besok lagi lah.

Tapi beberapa trik dan umpan diatas rasanya belum lengkap bila kalian belum menyesuaikan dengan peralatannya seperti senar dan mata kail yang cocok bila hanya joran kalian bisa langsung gunakan garan apa saja.

Ukuran Senar Pancing Untuk Mancing Ikan Sepat

Untuk mengunakan senar kalian bisa mengunakan Optima Hi Class atau Blood Big Game sedangkan untuk ukurannya gunakan saja yang 0.08 kebawah semakin kecil semakin bagus.

Tapi bila mengunakan umpan yang disebutkan diatas, selagi senar pancing yang kalian gunakan halus, lembut dan bias yang tinggi akan tetap saja pas untuk digunakan.

Jadi kalau masalah merek sebenarnya tidak begitu berpengaruh untuk mancing ikan sepat, kalian juga bisa cukup pakai saja senar pancing Rp.2000 yang penting warnanya bening dan lebih kuat dari biasanya karena bila pas kalian strike ikan sepat besar bisa jadi juga akan putus.

Tapi tetap pengunaan akan kembali pada kalian yang penting ukuran, lemas, lentur seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tadi termasuk warnanya yang akan kalian gunakan.

Ukuran Mata Kail Untuk Mancing Sepat Siam

Kalian bisa mengunakan Nissin atau Daichi yang ukuran 01, 02 dan 00 kecil, harap perhatikan untuk membeli mata kail yang besar dan kecil karena ukuran nomernya akan tetap sama.

Contoh ukuran seperti ini, misalkan kalian membeli yang 01 kecil maka yang dikasih ya yang kecil begitu sebaliknya bila 01 besar maka yang dikasih ya yang besar juga.

Sebagai saran gunakan saja Nissin, selain tajam juga terkesan kuat dan besi yang halus sangat cocok untuk kalian gunakan karena seperti yang kita ketahui kalau mulut ikan sepat termasuk sangat tipis salah mata kail dan menariknya bisa jadi langsung sobek dan ikan lepas.

Jadi gunakanlah ukuran mata kail yang kecil tidak perlu besar karena mulutnya juga kan kecil ikan sepat ini.

Kesimpulan
Pengamalan diatas diambil dari keseharian kami memancing ikan sepat siam yang mungkin juga akan bergunakan untuk kalian gunakan, terutama untuk yang memang mengetahui adanya ikan sepat tapi belum pernah mendapatkannya.