Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Umpan Mancing Dari Minyak Sawit

Umpan pakai buah sawit memang terkesan sangat jitu, hampir semua ikan sungai mau memakannya tinggal pemancingnya saja lagi mau mengunakan atau tidak.

Karena pengunaan sawit ini untuk mancing terkesan ribet tapi jangan salah untuk yang anehnya semakin ribet membuat dan memasang umpan sawit ke mata kail pancing maka semakin digemari untuk ikan memakannya.

Umpan pakai buah sawit

Sudah banyak sekali pemancing yang melihat isi perut ikan yang di dapat mengunakan umpan sawit ini.

Pas strike di sungai saat akan dibersihkan di rumah baru tau kalau di dalam perut ikan terdapat Brondolan sawit bukan hanya 1 saja bahkan pernah ada yang 4 atau 5 tergantung ukuran ikannya lah lagi.

Jadi tak heran juga kan kalau mengunakan umpan sawit yang di olah berbagai mcam umpan, pas di gunakan mancing hasilnya juga bagus dan mendapatkan ikan di luar dugaan.

Tapi juga harus di sesuaikan, baik pembuatan dan ikan yang di targetkan, sebut saja Mancing Ikan Patin sungai kalian bisa langsung mencoba memasang brondolan utuhan untuk umpan dan hasilnya minimal di atas 2 KG an, jadinya semangat kan untuk mancing.

Sedangkan bila melalui proses pembuatan atau racikan, terkadang di gunakan untuk memancing ikan yang bersisik termasuk Ikan Wader, Nilem dan Tawes sekalipun tetap saja mau makan umpan ini.

Jadi ada banyak sekali jenis ikan yang mau memakannya, nah untuk kalian berminaat kah mengunakan sawit untuk umpan?

Bila kalian berminaat, bisa mengikuti proses berbagai pembuatan berbahan Sawit dan cara untuk pembuatannya, beberapa umpan yang bisa kalian buat mengunakan Sawit ini sebagai berikut:

  1. Kucur Brondolan (Rekomendasi)
  2. Racikan sawit dengan berbagai bahan tambahan.
  3. Dan Sawit saja.

Sebelum kalian membuat umpan diatas pastikan bahwa waktu untuk membuatnya terkesan ada, karena bila hanya langsung digunakan mancing pastinya kalian bisa mengunakan yang cepat saja.

Berikut cara untuk membuatnya tapi ingat cukup rumit!

Cara Buat Umpan Kucur Brondolan

Untuk membuat umpan pertama ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kurang lebih 1 bulanan tapi kalau sudah jadi bisa di andalkan untuk kalian mancing karena stocknya nanti bisa di gunakan berulang-ulang kali.

Adapun bahan utama yang harus kalian siapkan adalah Sawit kurang lebih sekitar 1 KG atau lebih, selanjutnya di rebus dulu sekitar setengah jaman minimal warna sawitnya menjadi coklat tua dan terbau aroma.

Selanjutnya biar kan supaya dingin sambil menunggu dingin siapkan saja dulu wadah kalian bisa gunakan kaleng yang agak besar seperti Kaleng Susu atau ember bisa juga sekalian alat untuk menumbuknya nanti.

Setelah wadah dan alat tumbuk siap dan sawitnya sudah dingin, pisahkan dari air lalu ambil kulit sawit saja dan buang bijinya, setelah terkupas semua tumbuk sampai benar-benar hancur dan lembut.

Setelah selesai siapkan kain yang kuat 2 lembar lalu pindahkan sawit yang sudah halus tadi ke kain 1 pertama lalu siapkan wadah untuk menampung Minyak Sawitnya kemudian peras sampai Minyak dari sawit keluar semua.

Setelah di rasa minyak sawit habis dan agak kering, pindahkan sawit tadi ke kail yang baru kemudian siapkan batu yang berat lalu lipat rapi-rapi dan himpit dengan batu berat tadi.

Setelah itu tunggulah sekitar 1 bulanan sampai Kucur Brondolan sampai berwarna hitam dan keluar aroma khas dari sawit dan pembuatan selesai.

Harap perhatikan, saat menyimpan dengan menghimpit dengan batu tadi jangan sampai kena air biasa dan hujan.

Selanjutnya kita bahas lagi umpan mengunakan sawitnya.

Cara Mengambil Minyak Sawit Untuk Umpan Mancing Ikan

Ada beberapa cara yang biasanya digunakan, untuk hanya mengambil minyak sawitnya saja tidaklah sulit.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa kalian gunakan dan pastinya akan murni Minyak Sawitnya dan jangan lupa siapkan wadah usahakan botol yang ada tutupnya supaya bisa di simpan dan tetap bersih seperti semula minyaknya yang disimpan.

Untuk mengambil minyaknya, yang pertama hampir sama dengan pembuatan Kucur Brondolan diatas dengan cara di rebus, kemudian menumbuk sawit yang sudah terpisah antara kulit dan bijinya lalu peras mengunakan kain yang kuat.

Untuk hanya mengambil minyak sawit selanjutnya dengan cara merendam buah sawitnya, ini rekomendasi karena yang di keluarkan nantinya akan terdapat aroma yang khas dan juga benar-benar tua (masak) sawit yang di gunakan.

Untuk mengambil minyaknya mengunakan cara ini, pertama siapkan lah buah sawitnya usahakan sekali banyak saja sekalian, selanjutnya ambil ember lalu masukan sawit dan rendam dengan air.

Lebih lama merendam sawit ini akan semakin baik untuk yang lebih cepat sekitaran semingguan usahakan lebih.

Setelah jadi, memisahkan kulit dan biji sawit tinggal langsung pakai tangan saja bisa tapi jangan lupa untuk di tumbuk juga, sesudah hancur tinggal pindahkan ke kain dan juga diperas pastikan langsung ke ditampung mengunakan wadah.

Diatas, selesai untuk mengambil minyak sawit sementara kulit yang sudah hancur tadi bisa kalian buang atau langsung buat Kucur Brondolannya.

Selanjutnya mulai gunakan minyak sawit ini untuk membuat beberapa racikan umpan.

Buat Umpan Mancing Pakai Minyak Sawit dan Tepung

Untuk proses yang paling cepat untuk membuat umpan mancing mengunakan minyak sawit ini dengan mengunakan bahan dasar tepung.

Untuk pembuatan pertamanya, silahkan siapkan 3 sendok makan tepung kanji (sagu) di dalam wadah lalu kasih 2 sendok minyak sawit tadi lalu aduk mengunakan sendok sampai merata. Setelah rata pindahkan ke plastik lalu lumat-lumat mengunakan tangan praktis

Sebenarnya langsung memasukan tepung kanji dan minyak sawit ke plastik sama saja tapi biasanga untuk meratakan racikannya nanti rumit dan lebih lama.

Untuk selanjutnya gunakan Tepung Terigu, kurang lebih 4 sendok saja untuk mengaduk adonanya supaya merata kurang lebih sama dengan diatas hanya saja untuk proses selanjutnya bukan hanya di lumat tapi langsung di kukus, kurang lebih 15 menitan mengukusnya.

Sebenarnya umpan diatas tekesan ribet tapi top untuk di gunakan mancinh, sedangkan untuk mengunakanya lebih simpel dan cepat masih ada kok caranya.

Buat Umpan Mancing Pakai Sawit dan Kapas

Ini yang paling banyak di gunakan pemancing, karena mudah untuk dibuat dan juga hasilnya di sukai banyak ikan tinggal sesuaikan lokasi dan besar kecilnya mata kail pancing yang di gunakan.

Untuk membuatnya cukup siapkan 8 buah sawit lalu ambil wadah atau kaleng untuk menumbuknya jangan lupa siapkan juga kayu untuk alatnya nanti.

Selanjutnya iris sawit untuk memisahkan biji dan kulitnya lalu tumbuk sampai halus, setelah itu masukan kapas dengan ukuran disesuaikan lalu tumbuk bebarengan dengan sawit.

Bila terlihat sawit dan kapas menjadi 1 dan sulit di pisahkan berarti selesai dan kapas siap untuk kalian gunakan memancing ikan, sebagai tambahan:

Saat menumbuk tadi perhatikan kapas yang kalian gunakan, pastikan di urai halus-halus mengunakan tangan, usahakan sehalus mungkin karena biasanya kesalahan membuatnya ada disini.

Rata-rata umpan diatas semuanya bisa kalian gunakan untuk mancing bila ingin membuatnya, bila masih ingin yang cepat ya langsung gunakan saja buah sawitnya dengan mengiris mengunakan pisau karter.

Sampai di sini selesai sudah bermacam-macam cara untuk membuat umpan dari buah sawit!