Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senar Pancing Di Rebus, Yakin Bisa Kuat?

Merebus senar pancing memang sangat sering di masak oleh banyak pemancing supaya menjadi kuat.

Untuk mengerjakannya juga tidak terlalu susah cukup beli senar pancing lalu rebus dan tunggu dingin, tapi apa hanya cukup sebatas itu saja? Tentu saja tidak, mesti mengetahui cara untuk mengerjakan senar di rebus kan!

Merebus senar pancing memang sangat sering di masak oleh banyak pemancing

Untuk kalian pemancing, pasti sangat sering mendengar hal ini juga cara untuk mengerjakannya, bahkan ada bermacam-macam caranya mulai dari langsung direbus mengunakan air panas hingga menambahkan beberapa campuran.

Campuran untuk merebus senar juga terbilang tidak aneh-aneh, beberapa bahan yang sering ditambahkan untuk merebusnya seperti:

  1. Torabika.
  2. Teh Tubruk.
  3. Garam.
  4. Dan akar pinang.

Untuk mencampurkan bahan diatas bukan semua menjadi satu, tapi memang satu-persatu digunakan untuk merebus senarnya.

Sedangkan pilihan untuk senarnya juga bermacam-macam, mulai dari senar murah geluntungan dengan harga Rp.2000 per 10 meter sampai gelundungan dengan ukuran 0.10 LBS supaya menjadi kuat dan mudah tenggelam.

Untuk cara mengerjakan yang seperti banyak digunakan dan juga rekomendasi atau saran pun juga ada bermacam-macam.

Nah bila kalian ingin merebus senar tidak ada salahnya untuk mencoba benerapa caranya disini.

Cara Merebus Senar Dengan Air Panas

Cara ini hanya untuk mengunakan senar dan air saja tanpa campuran ya! Untuk membuatnya.

Silahkan kalian siapkan senarnya dulu bisa yang murah atau mahal tergantung selera kalian yang akan mengunakan senarnya.

Setelah disiapkan senarnya, ambil panci dan isi dengan air lalu masak di air api kompor dan masukan senar yang akan digunakan dan rebus.

Untuk waktu merebusnya, cukup 25 menit saja intinya saat air mulai memanas senar sudah dimasukan sampai air masak menguap dan saat selesai silahkan matikan kompor dan tunggu air menjadi dingin.

Bila tidak ingin menunggu menjadi dingin lebih lama lagi, kalian bisa mengambil wadah lalu isi dengan air dingin lalu masukan senar dari air panas tadi.

Aduk-aduk benerapa saat dan pastinya senar akan menjadi dingin lagi lalu tes kekuatan senarnya.

Biasanya senar yang sudah direbus tidak semuanya bisa menjadi kuat, bila jenis Monofilament rata-rata menjadi kuat termasuk Nylon sama saja akan menjadi kuat, untuk lebih jauh mengetahui cara merebusnya kurang lebih seperti kebanyakan video di youtube.

Jadi untuk merebus senar pancing itu mudahkan? Tidak aneh-aneh dan rumit, diatas hanya merebus senar tanpa campuran tapi bila menurut kalian kurang pas tidak ada salahnya untuk menambahkan bahan lainnya.

Rebus Senar Pancing Dengan Teh Tubruk

Bila kalian ingin menambahkan campuran merebus senar dengan teh, juga tidak sulit untuk membuatnya cukup gunakan Teh tubruk cap Botol saja yang mudah untuk ditemukan juga jangan lupa untuk langsung menyiapkan senarnya.

Setelah bahannya siap, ambil pancing yang sudah di isi dengan air lalu masukan 3 sendok makan Teh Botol dan masak di atas api setelah terlihat mendidih masukan senar yang akan digunakan.

Usahakan air yang kalian gunakan merendam semua senar supaya tidak ada bagian yang tidak terkena air panasnya, untuk waktu cukup 30 menitan saja tidak perlu terlalu lama saat merebusnya yang penting semua senar kena air panasnya.

Setelah waktunya pas tinggal kembali tunggu dingin atau cukup campurkan ke air biasa supaya lebih cepat mendingin, setelah selesai tinggal siap di tes kuat atau tidak nantinya kalian bisa mengetahui langsung.

Untuk sudah mencoba untuk mengunakan Teh tapi belum pas juga caranya, kalian bisa mencoba untuk pakai yang lainnya lagi.

Rebus Senar Pancing Pakai Torabika

Untuk mengunakan cara ini cukup simpel, cukup kalian siapkan 2 bungkus torabika untuk merebus senar pancingnya sekaligus senar yang akan digunakan.

Setelah siap torabikanya, ambil panci dan tambahkan air lalu masak sampai air mendidih lalu masukan semua Torabika dan aduk setelah itu masukan senar dan bulak-balik kurang lebih 35 menitan atau lebih.

Setelah selesai tinggal ambil air dingin dan masukan senar tadi supaya bersih lagi dengan warna tidak seperti Torabika pada senarnya, lalu tes untuk kekuatannya.

Nah beberapa campuran diatas seperti Teh Botol dan Torabika bisa kalian coba untuk merebus senarnya termasuk campuran yang lain seperti Akar Pinang dan Garam sama saja untuk cara merebusnya, namun bila sudah direbus apa kalian tau cara untuk mengetes kekuatan dari senarnya tadi?

Cara Tes Senar Pancing Yang Di Rebus Dengan Air Panas

cara tes senar pancing di rebus

Untuk melakukan pengetesan senar tinggal ikat senar ke beban berat lalu angkat, bila kuat ya terangkat bila tidak ya pasti putus tinggal tergantung dengan ukuran senar yang kalian rebus tadilah, contohnya begini:

Kalian merebus senar pancing ukuran 0.10 lalu angkat tabung gas dengan beban 3 kg pastinya akan putus kan?

Jadi untuk mencobanya, pastikan dulu atau sesuaikan berat beban dan ukuran dari senar yang kalian rebus.

Namun hampir rata-rata bila senar pancing yang kalian gunakan tadi sesuai dengan LBS nya lalu mencoba tes dengan kelebihan dibawah 1 KG kemungkinan semuanya akan terangkat dengan mudah.

Tapi sebaliknya bila ukuran melebihi tidak akan ada yang kuat pasti akan tetap saja putus.

Kira-kira disitulah letak percobaanya harus kalian sesuaikan dengan ukuran senar yang digunakan.

Termasuk jenisnya mau Monofilament atau Nylon tetaplah harus disesuaikan juga.

Supaya Senar Pancing Yang Di Rebus Jadi Kuat

Perlu kalian ketahui tidak ada senar yang direbus jadi kuat, terlebih senar ukuran kecil menjadi berlipat-lipat tambahan kekuatan

Senar pancing yang di rebus tidak akan bisa menjadi lebih kuat atau bahkan hanya akan tambah mudah putus getas, maka dari itulah setelah kalian rebus senar harap dites seperti yang sudah diulas tadi.

Untuk ambil cepatnya percobaan merebus senar ini tinggal kalian perhatikan, hampir rata-rata senar pancing yang digunakan itu belum ada yang tahan panas sebut saja senar yang ada di dalam Reel lalu di gunakan untuk mancing dan terjemur langsung dibawah matahari kebanyakan akan menjadi getas dan mudah putus.

Untuk pemancing yang mengetahui tidak bisanya senar terjemur langsung, pasti akan menghindari alat pancingnya kena sinar matahari langsung karena pasti akan menjadi getas bila terjemur.

Jadi merebus senar bukanlah supaya menjadi kuat, bahkan kebanyakan menjadi lebih mudah putus hanya saja kekuatan biasanya tidak diperkirakan dari Ukuran senar yang direbus jadi berangapan bahwa senar menjadi kuat padahal tidak!

Fungsi Utama Merebus Senar Pancing

Kebanyakan pemancing merebus senar itu supaya lemas atau lentur bukan kuat.

Fungsi inilah yang paling banyak diambil untuk sisi bagusnya karena saat membeli senar pancing tetap ada yang kaku.

Nah senar yang kaku tadilah yang akan dibuat menjadi lemas.

Tapi tetap harus mengunakan cara yang tepat pas merebusnya yaitu hanya untuk merendam sekilas saja tidak terlalu lama saat di rebus, ada juga yang hanya menyiram senar kaku dengan air panas saja tanpa merebus.

Semakin lama senar pancing yang kaku di rendam air panas terutama direbus akan semakin lentur atau lemas, tapi jangan lupa semakin mudah juga untuk putus bila dari Jenis monofilament.

Bila senar pancing jenis Nylon kalian rebus lebih lama maka senarnya akan molor, silahkan di tes untuk jenis Nylon dengan angkat bebat berat semakin lama direbus akan semakin molor saat ditarik, mengecil lalu putus.

Inilah sebabnya, bila memasukan senar kaku tadi hanya sekilas saja di air panas, supaya menjadi lemas dan kekuatannya masih tetap kuat untuk mancing ikan beban berat.

Kesimpulan
Nah untuk kalian yang sering atau mencoba untuk merebus senar pancing, tentu kalian sudah mengetahui fungsinya dan silahkan tes untuk mengetahui keasliannya bahwa senar pancing yang kalian rebus menjadi kuat atau hanya sebatas menjadi lentur saja.