Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Alami Ikan Sembilang, Pasti Joss Gandus!

Umpan untuk mancing ikan sembilang atau gemang perlu diperhatikan dulu saat bertelur dan tidak, karena di kondisi seperti ini umpan yang digunakan mesti ada yang tepat dan juga tidak.

Kurang lebih modelnya seperti ini, saat musim bertelur terkadang tidak semua umpan yang digunakan mau dimakan.

Umpan untuk mancing ikan sembilang atau gemang

Tapi umpan yang digunakan saat ikan sembilang sedang bertelur bisa digunakan pada musim apa saja, kuncinya berbeda umpan disaat ini saja.

Memancing ikan sembilang diutamakan lokasi tempat untuk kita meletakan umpan dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan sembilang dilokasi tersebut.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan sembilang bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya, bila sudah tau dan mengunakan umpan yang tepat tetap saja strike.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan sembilang yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Jadi kunci untuk mendapatkan ikan sembilang yang banyak pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan sembilang yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tapi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pasti akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Bila kalian mengunakan umpannya yang tepat, ya tidak akan diragukan lagi sudah pasti dimakan terus karena saat ikan bertelur pastinya akan lebih banyak makan ketimbang pada saat biasanya.

Tapi tidak juga seperti itu, cukup kalian gunakan saja umpan di semua keadaan ikan sembilang termasuk bertelur atau tidak yang penting strike dan mengerti cara untuk mencari umpan dan memasangnya supaya pas dan tepat.

Beberapa umpan andalan untuk mancing ikan sembilang adalah:

  1. Cacing Kletet / Pita.
  2. Cacing Pumpun.
  3. Udang Putih.
  4. Dan Bekicot.

Bila umpan diatas bisa kalian siapkan dan mencarinya tinggal pasang saja sebelum di lempar ke air.

Tapi sayangnya terkadang masih ada juga beberapa pemancing yang belum mengetahui cara mencari dan juga mengunakannya.

Padahal untuk mencarinya terbilang tidak sulit dan mengunakannya juga cukup mudahlah, tapi bila memang belum mengerti ya sudah nggak apalah coba kita ulas lebih jauh sedikit.

Cari Cacing Kletet / Pita Untuk Mancing

cari cacing kletet

Untuk mencari cacing jenis ini memang susah-susah gampang, tapi mudah ditemukan bagi yang bisa mencarinya karena hidupnya di laut jadi harus mencarinya juga disekitaran tersebut.

Sedangkan bentuknya tidak jauh beda seperti Pita, jadi mudahlah untuk di ketahui bila dilihat dari bentuknya.

Sedangkan bila kalian tidak mau sulit-sulit mencarilah tinggal beli saja karena ada banyak penjual Cacing Kletet untuk umpan mancing ikan sembilang ini.

Sedangkan untuk mengunakannya tidaklah sulit, tinggal potong sesuai ukuran tapi untuk memotongnya usahakan pada bagian ekor terlebih dahulu jangan langsung kepalanya karena nanti langsung mati.

Jadi, potong bagian ekornya lalu pasang ke mata kail dan lepaskan lagi di wadahnya, kalau seperti ini pasti akan lebih lama tahan hidup dan bisa diguanakan sampai habis umpannnya.

Cari Cacing Pumpun Yang Ada Kaki Untuk Umpan

cari cacing pumpun yang ada kaki untuk umpan

Nah kalian cacing pumpun ini bisa ditemukan pada bakau, jadi cukup mencari disekitaran pohon bakau yang berjarak tidak jauh dari pinggir laut.

Untuk mencarinya pastikan lokasinya lembab, minimal ada airnya tapi tidak mudah juga untuk mencarinya sebagai saran lebih baik beli saja karena memang ada banyak penjualnya.

Hanya saja, terkadang banyak yang tidak berani untuk memegang cacing pumpun ini karena bentuknya ada kaki sehingga terlihat seram.

Sedangkan dari ukurannya cukup panjang bahkan ada yang sampai 1 meter jadi pas lah bila hanya untuk mancing.

Sedangkan untuk mengunakannya, hampir sama dengan cacing kletet dipotong dari bagian ekornya dan pasang ke mata kail dan tarok lagi diwadahnya, kalau tahan lama bisa dikatakan sangat lama bila yang digunakan masih hanya setengah bagian tetap akan hidup.

Cari Udang Putih Untuk Umpan Ikan Sembilang

cari udang putih untuk umpan ikan sembilang

Umpan udang termasuk yang paling bagus untuk memancing ikan sembilang terutama saat musim bertelur.

Kalian bisa mengunakan dengan cara membeli saja langsung yang masih hidup, karena sangat disarankan saat memasang di mata kail udang ini tetap hidup walaupun tidak tahan lama pastinya tetap bisa terus digunakan.

Perlu diketahui, bahwa umpan udang untuk mancing ikan sembilang bukan yang warna hitam kebiruan usahakan mengunakan yang warna putih polos, saat membelinya pasti akan ada pilihan bentuk dari udangnya ini.

Jadi kalian bisa langsung memilih yang warna putih saja, bila penjualnya mencapurkan maka harus dipilih, kalian ambil saja yang warna putih dan memisahkan dari yang lainnya.

Dan juga bila akan kalian pasang, bila masih hidup cukup kaitkan bagian ekornya ke mata kail, bila sudah mati usahakan untuk melepaskan kulitnya supaya aroma udang lebih kuat.

Umpan Bekicot Untuk Ikan Sembilang

umpan bekicot untuk ikan sembilang

Kalau ini sudah tidak akak susah lagi untuk di cari, tapi tidak begitu bekicot kalian temukan langsung di gunakan untuk mancing karena ada proses untuk dibuat dulu.

Untuk pembuatan umpannya, pertama carilah bekicot yang akan kalian gunakan, minimal 10 saja cukup lalu siapkan wadah dan pecahkan dulu untuk memisahkan dari cangkangnya.

Setelah terpisah cuci dulu lalu ambil toples, potong-potong bekicot tadi sesuaikan ukurannya supaya tidak terlalu kecil usahakan 1 bekicot di potong 4 setelah itu tutup rapat toples tadi dengan menambahkan plastik di penutupnya dan biarlan hingga 4 hari.

Saat sudah sampai hari ke 5 silahkan kalian gunakan bekicot yang disimpan tadi, karena pastinya akan menimbulkan aroma yang kuat dan disukai ikan sembilang untuk dimakan.

Bila mengunakan umpan ini, kalian tidak akan membutuhkan waktu yang lama cukup sebentar saja pastinya ikan sembilang akan memburu sumber aroma dan langsung memakan umpannya yang ditemukan.

Kesimpulan
Umpan-umpan diatas sudah terbilang umum di gunakan untuk memancing ikan sembilang, jadi bisa kalian coba mana pilihan yang tepat untuk digunakan atau juga bisa dipilih dulu semuanya nanti pas sudah ketemu umpan yang pas barulah dipakai seterusnya.