Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Bandeng Air Tawar

Mancing ikan bandeng asik tapi buat penasaran, terutama untuk di alam liar perlu jeli benar.

Karena menentukan umpan yang digunakan supaya ikan bandeng berukuran sedang dan babon biasa naik terkena pancing, tarikannya juga biaa di katakan wow banget ini.

Mancing ikan bandeng asik tapi buat penasaran

Walau begitu asiknya memancing bandeng tapi kalau masalah umpan sudah dianggap menjadi permasalahan umum.

Memancing ikan bandeng diutamakan lokasi tempat untuk kita meletakan umpan terlebih dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan bandeng.

Biasanya yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan bandeng bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya, tapi bila sudah cocok umpan yang dipakai maka bisa strike bertubi-tubi.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan bandeng yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Jadi kunci untuk mendapatkan ikan bandeng yang banyak pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan bandeng yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tapi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pasti akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Hampir kebanyakan pemancing yang selalu berfikir untuk banyak mendapatkannya pastilah mengunakan umpan bermacam-macam.

Berbeda dengan pemancing yang tenang, mengunakan umpan alami sudah stand by saja sambil menunggu ikan bandeng datang untuk memakan umpan yang ia gunakan.

Tapi hal diatas hanya untuk ikan bandeng liar saja, sedangkan untuk yang hobi mancing ikan bandeng kolam (peliharaan) sudah pasti mengunakan lebih banyak lagi.

Bukan hanya sekadar racikan biasa bermacam-macam Essen juga masuk yang penting strike ikan bandeng kolam sehingga tidak sia-sia dengan biaya yang akan dikeluarkan, coba sebut saja begini:

Biaya mancing ikan bandeng di kolam Rp.100.000 seharian sedangkan pas mancing mendapatkan ikan 1 kurang dari setengah kilo Wah banget kan? Tapi bayangkan bila biaya Rp.150.000 sekalipun tapi dapat ikan bandeng 10 kilo pastinya riang banget kan.

Jadi disinilah letaknya mengunakan bermacam-macam umpan racikan dan lengkap dengan berbagai campuranya, sedangkan bila untuk memancing yang liar tinggal cari saja umpan yang akan di gunakan.

Umpan Alami Ikan Bandeng Liar

Bila kalian memancingnya dialam liar, kalian bisa mengunakan banyak umpan sekaligus apa lagi bila membawa joran pancing lebih dari satu pas banget ini. Beberapa umpan alami yang bisa kalian gunakan adalah:

  1. Udang bening.
  2. Lumut halus.
  3. Cacing sampah.
  4. Dan laron.

Untuk mengunakannya, yang paling disarankan adalah udang bening untuk cara mengunakannya tinggal cantelin ke mata kail saja jangan lupa lepaskan juga kulitnya supaya aromanya lebih kuat.

Dengan umpan ini rasanya jarang pemancing yang meleset untuk strike ikan bandeng.

Selain itu lumut, tapi bukan sembarangan usahakan yang ditemukan pada air yang mengalir kalau yang diair tenang biasanya jarang yang makan walaupun tetap ada tapi hanya ukuran sedang dan kecil saja.

Lalu cacing sampah, ini bisa dikatakan untuk andalan karena ada banyak sekali ikan yang bisa didapat dengan mengunakan umpan ini.

Sebelum mengunakan cacing pastikan dulu yang kalian cari itu di sampah dengan tekstur lembut mudah putus dan warna merah tua.

Dan umpan terakhir yang bisa kalian gunakan adalah laron, umpan ini sakti banget dah pokoknya melebih umpan diatas walaupun mengunakan racikan sekalipun bila mengunakan laron untuk mancing bandeng sudah pasti tidak butuh waktu lama untuk strikenya.

Tapi sayangnya laron tidak setiap waktu ada hanya dimusim hujan saja jadi tidak bisa selalu ada.

Beberapa umpan diatas bisa kapan saja digunakan, bila masih kurang kalian masih bisa mengunakan yang racikan walaupun di alam liar.

Racikan Umpan Ikan Bandeng Liar

Untuk jenis racikan yang cocok ada 3 yang pernah kami gunakan dialam liar, yang pertama tetap lumut tapi ada campurannya.

Untuk membuatnya cukup tarok di wadah lumut dengan air lalu masukan 3 sendok teh vanili atau sesuaikan dengan besar kecilnya wadah yang kalian gunakan lalu masukan 1 sendok makan Pelet Ultra Ligth lalu aduk rata sampai semuanya bercampur dan aroma wangi.

Racikan ke 2, siapkan wadah lalu masukan 5 sendok makan tepung terigu (gandum) dan setengah bungkus masoka ayam dan aduk.

Kemudian ambil 6 siung bawang putih pilih yang besar lalu giling halus dan campurkan ke wadah yang ada tepung dan masako tadi lalu bekas gilingan siram air dan masukan ke wadah kurang lebih setengah gelas ukurang air nya yang digunakan. dan aduk rata.

Bila sudah bercampur goreng dengan minyak panas tapi api harus kecil supaya masaknya rata.

Setelah diperkirakan masak tiriskan sampai dingin setelah itu potong-potong dengan gunting sesuai ukuran dan siap dipakai mancing.

Untuk yang terakhir ambil wadah dan masukan 4 sendok makan pelet pakan ikan dan hancurkan mengunakan air panas, selanjutnya beri 8 tetes Essen Kinoy Bandeng lalu aduk sampai rata.

Mengaduknya harus bertahap mulai dari 2 tetes aduk sampai pulen dan selesai siap untuk kalian gunakan.

Umpan Mancing Ikan Bandeng Kolam

Bila kalian memancing di kolam, pastinya mengunakan umpan racikan yang memang sudah beragam banget.

Untuk yang pertama silahkan siapkan beberapa bahan ini:

  1. Pelet Joss Bandeng.
  2. Vanili.
  3. 1 kuning telur bebek.
  4. Essen Coffe Moca Bandeng.
  5. Dan Susu Dancow bubuk.

Untuk membuatnya, pertama masukan pelet ke wadah dan setengah gelas air panas dan haluskan peletnya lalu masukan setegah sendok teh vanili aduk lagi.

Ambil gelas dan kocok dulu kuning telur lalu masukan ke wadah pelet dan aduk lanjutkan masukan 2 sendok susu dancow aduk dan terakhir kasih 10 tetes Essen Coffe Moca dan aduk selesai.

Untuk selanjutnya siapkan umpan berikut:

  1. Pelet pakan ikan.
  2. Biang Susu.
  3. Dan Essen JM Premium.

Untuk membuatnya siapkan dulu wadah lalu masukan 5 sendok makan pelet lalu hancurkan mengunakan air panas, setelah itu masukan seujung sendok biang susu aduk lagi dan pindahkan ke plastik kiloan kemudian beri 5 tetes Essen JM dan lumat mengunakan tangan sampai diperkirakan merata dan selesai.

Beberapa umpan diatas bisa kalian gunakan untuk mancing bandeng di kolam, sedangkan yang lainnya pasti masih banyak namun pengamalan kami hanya sebatas itu saja.