Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Bawal Alam Liar Alami dan Racikan

Umpan ikan bawal alami yang sering digunakan pada alam liar dan juga kolam ada bermacam-macam, setidaknya selalu berusaha untuk mendapatkan yang banyak.

Sebelum dapat ikan bawal kilo-kiloan rasanya memang kurang pas. Kecuali bila tidak lama menarok joran pancing langsung di sambar ikan bawal babon nah ini baru puas hati sekaligus menyebut umpan ini jitu banget!

Umpan ikan bawal alami yang sering digunakan pada alam liar

Memang pada umumnya, lokasi mancing ikan bawal ada diberbagai tempat tergantung pada pemancingnya lah yang menentukan, bisa mancing peliharaan kolam dan juga sungai yang di jadikan habitat untuk ikan bawal.

Memancing ikan bawal diutamakan lokasi tempat untuk kita meletakan umpan dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan bawal dilokasi tersebut bukan hanya sembarangan meletakan umpan.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan bawal bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan bawal yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Jadi kunci untuk mendapatkan ikan belanak yang banyak pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan bawal yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tapi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pasti akan strike dan bawa pulang banyak ikan bawal juga.

Karena itulah, sebagai pemancing bawal selalu berusaha untuk menemukan umpan yang cocok digunakan.

Baik yang di sungai atau juga kolam, bahkan galatama sekalipun tetap saja kita akan terus berfikir untuk membuatkan racikan atau mengunakan yang alami saja yang penting dapat.

Tapi sayangnya, walaupun sudah membuat berbagai macam umpan racikan ikan bawal tapi belum pernah dapat sama sekali sampai-sampai malas lagi untuk membuatnya.

Nah yang begini, terlalu cepat putus asa padahal yang penghobi mancing, seharusnya tetap berusahan untuk meracikan umpan dan mencari kekuarangan dari umpan yang di gunakan entengnya begini:

Padahal ini umpan racikan, kok gak mau makan juga! Tapi nanti kalau pas di rumah tak coba tambahi ini, itu dan sebagainya.

Jadi kuncinya hanya mencari sela sebuah umpan supaya jadi andalan dan sering mendapatkan ikan bawal.

Bila pemikiran kalian sudah tepat seperti ini berarti tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa umpan racikan dan alaminya yang akan saya bagikan secara lengkap disini.

Umpan Alami Ikan Bawal Sungai Liar

Untuk yang secara nyata kemungkinan kita juga belum tau, karena apa yang dimakan ikan bawal pasti tidak terlihat terkecuali umpan yang memang sengaja diberikan bawal dalam keadaan lapar nah baru kelihatan.

Tapi untuk umpan yang mendekati secara alami tetap saja ada, karena pas di gunakan tetap alan di makan, beberapa umpan tersebut seperti:

  1. Daun eceng gondok.
  2. Daun kangkung.
  3. Udang.
  4. Cacing.
  5. Dan juga katak anakan.

Beberapa umpan diatas termasuk yang kerap digunakan dan juga mendapatkan ikan bawal.

Untuk mengunakannya juga terkesan mudah tidak susah seperti daun tinggal ambil yang mudah lalu potong-potong sesuai ukuran dan pasang ke mata kail pancing.

Termasuk udang sungai juga mudah di cari dan juga digunakan, termasuk cacing dan anakan katak pastinya kalian juga sudah mengetahuinya. Walaupun demikian, untuk jenis buah tetap saja bisa digunakan untuk mancing bawal.

Umpan Alami Ikan Bawal Pakai Buah

Beberapa buah yang bisa kalian gunakan untuk mancing ikan bawal adalah:

  1. Kelapa muda.
  2. Kelengkeng.
  3. Rambutan.
  4. Dan juga mangga.

Umpan buah diatas terkesan sepeleh tapi bila digunakan masih tetap dapat kok sambaran ikan bawal, terlebih bila mengunakan Kelapa Muda terasa cepat banget di sambar.

Untuk mengunakannya juga mudah, tinggal ambil buahnya lalu potong seukuran yang diperlukan dan pasang ke mata kail.

Sedangkan untuk buah yang lainnya bergantung pada musim bila ingin di gunakan, perlu di ingat untuk mengunakan buah mangga usaha cari yang tidak terlalu tua tapi sudah menimbulkan aroma yang wangi dan mengirisnya harus dengan pisau karter yang tajam supaya saat di pasang nanti tidak hancur.

Umpan buah memang kadang ketemu pas untuk digunakan mantap banget, bila sedang tidak pas terkadang buat zonk juga saat mancing.

Tapi mendekati dengan umpan buah seperti yang saya sebutkan diatas masih ada beberapa ulat yang juga pas untuk digunakan mancing ikan bawal liar disungai atau rawa-rawa.

Umpan Ulat Yang Cocok Untuk Ikan Bawal Liar

Ulat untuk mancing ikan bawal memang pas dan tepat, hanya saja untuk mencarinya susah-susah gampang kalau lagi pas ya okelah. Bila kalian ingin mencoba mengunakan ulat, silahkan coba beberapa jenis ulat dibawah ini:

  1. Ulat bambu.
  2. Ulat hongkong.
  3. Ulat padi.
  4. Dan juga Ulat Jengkol.

Untuk yang paling top ulat jengkol, hampir semua ikan alam liar mau memakan umpan ini tinggal ada atau tidaknya di lokasi kalian, bila ada ya tinggal gunakan saja.

Sedangkan bila ulat Bambu dan Hongkong kemungkinan lebih cepat untuk di dapat melalui toko burung, karena seperti Ulat yang saya sebutkan itu juga menjadi pakan burung.

Sedang ulat padi, ini yang paling jitu tidak perlu berlama-lama pasti langsung disambar hanya saja mencari terkesab sulit karena ulat ini hanya ditemukan pada tumpukan padi yang disimpan.

Biasanya yang menyimpan padi lalu lupa untuk menjemur tau-tau ada ulatnya nah ini yang digunakan untuk mancing ikan bawal.

Bila umpan di atas dirasa sedikit ribet untuk di gunakan, kalian masih bisa mengunakan racikan saja supaya lebih cepat lagi untuk mendapatkan ikan bawalnya.

Umpan Racikan Untuk Ikan Bawal Liar Tanpa Essen

Untuk membuat racikan bawalnya tinggal selera kalian, tapi masih tetap untuk di gunakan saat mancing ikan bawal alam liar bukan yang dikolam atau peliharaan. Untuk racikan yang pertama siapkan beberapa bahan ini terlebih dahulu:

  1. Pelet Apung pakan Ikan.
  2. 2 butir telur ayam.
  3. 1 bungkus kara.
  4. Dan juga Biang Susu German.

Setelah siap ambil wadah lalu masukan 5 sendok makan pelet apung dan masukan setengah gelas air panas untuk menghacurkan pelet, setelah hancur kocok kuning telur ayam di gelas lalu masukan ke wadah pelet lalu aduk rata.

Setelah rata campurkan 1 sendok kara dan aduk lagi, terakhir campurkan dengan biang susu german seujung sendok teh saja lalu aduk.

Setelah itu, pindahkan ke plastik kiloan pastinya tidak mudah robek lalu kukus sekitar 5 menit selanjutnya tunggu dingin, umpan siap untuk kalian gunakan.

Sedangkan bila kalian ingin mencampurkan Essen campur saja 3 - 4 tetes ke racikan diatas, bila kalian mengunakan Essen JM Premium maka cukup gunakan Pelet Nios 1 bungkus lalu hancurkan mengunakan air panas setelah itu masukan ke dalam plastik dan berikan Essen 8 tetes lumat plastik mengunakan mengunakan tangan sampai pulen dan umpan racikan siap untuk kalian gunakan.

Umpan Racikan Ikan Bawal Kolam Harian

Bila target kalian memancing dikolam, ada banyak umpan yang siap dibuat dan juga yang sudah jadi tinggal dibeli.

Sedangkan untuk racikan buatan sendiri kebanyakan mengunakan Essen sedangkan bahan utamanya ada yang pakai pelet juga ada roti tawar, untuk membuatnya siapkan dulu bahan berikut:

  1. 1 roti tawar.
  2. 1 Kaleng Sarden kecil.
  3. Dan Essen Black Label Amis.

Untuk membuatnya, pertama ambil 5 lembar roti tawar lalu masukan ke wadah campurkan dengan 1 kaleng sarden yang kecil kemudian tumbuk mengunakan alat, bila adonan terasa encer campurkan lagi 1 atau 2 lembar roti tawar dan tumbuk lagi, bila sudah pulen campurkan dengan Essen black label 5 tetes saja dan siap untuk kalian gunakan.

Sedangkan bila ingin dibuat mengunakan pelet siapkan dulu bahan tambahannya:

  1. Pelet 67.
  2. Susu Bubuk Dancow.
  3. 2 Butir kuning telur ayam.
  4. Dan Eseen Kinoy

Untuk membuatnya, pertama ambil wadah lalu masukan pelet dan setengah gelas air panas lalu aduk supaya hancur, kemudian masukan 4 sendok susu bubuk dancow dan aduk lagi, setelanjutnya camputkan kuning telur sambil diaduk terus sampai rata dan pindahkan ke plastik setelah dalam plastik beri 9 tetes Essen kinoy lumat-lumat mengunakan tangan sampai pulen.

Untuk membuat racikan ikan bawal dikolam sebenarnya masih banyak lagi, sebagai saran mintalah saran membuatnya dari teman yang akrab sedangkan saran dari saya hanya berbagi yang pernah di gunakan saja.

Kesimpulan
Umpan ikan bawal diatas silahkan kalian gunakan, tapi sebaiknya sesuaikan juga dengan kondisi kalian memancing dan lokasi yang pas, bila mancing bawal liar maka gunakan umpan yang sesuai begitu juga bila memancingnya di kolam yang penting narikan ikan bawal sudah lah senang dihati.