Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Top Mancing Ikan Kakap Putih dan Merah

Umpan mancing ikan kakap memang sangat diperlukan, terutama bila yang kita gunakan adalah umpan alami yang sering di makan ikan kakap pastinya akan tetap terus dimakan, selagi bertemu dengan makananya pastilah langsung disambar.

Begitulah saat kita mancing mengunakan makanannya begitu umpan di masukan ke air, terlihat langsung deh di sambar tinggal tentukan saja umpannya yang cocok untuk di gunakan.

Umpan mancing ikan kakap

Selain mengunakan untuk yang cocok dimakan, sebaiknya juga ketahui jenis ikan kakap dan tempatnya, mau mancing untuk ikan kakap air laut atau yang bakau air tawar dan juga lihat dari warnanya yang putih atau merah.

Setiap perbedaan warna dan tempatnya ini maka berbeda juga umpan yang akan kalian gunakan, karena tidak akan sama contohnya:

Ikan kakap merah di air laut mengunakan umpan ini, lalu kalian bawalah umpannya untuk mancing ikan kakap putih di air tawar, sudah tentu berbeda kan apa saja yang biasanya dimakan!

Walau sama namanya tapi jelas berbeda untuk umpan dari setiap tempatnya, termasuk bila kalian mengunakan umpan yang akan saya bagikan disini harap sesuaikan dengan lokaso mancing kalian dan juga cara mengunakannya. Jangan sampai disamakan!

Umpan Ikan Kakap Putih

Berbagai macam umpan yang biasanya menjadi makanan untuk kakap putih di laut dan air tawar biasanya yang mereka makan adalah ikan yang kecil-kecil atau anakan ikan.

Tapi bukan itu saja sih sebenarnya masih ada seperti Udang, Cumi-cumi, Gurita dan masih banyak lagi yang bisa di gunakan.

Tapi untuk yang warna putih dan merah sudah jelas berbeda, dan juga sesuaikan untuk mancing yang di laut air asin atau bakau dan air tawar.

Jadi bila target mancing kalian kakap putih maka gunakan saja yang itu begitu juga untuk yang merah, lebih jelas umpan yang bisa kalian coba adalah:

Umpan Ikan Kakap Putih Air Laut

Bila target mancing kalian kakap putih yang di air laut kalian bisa mengunakan beberapa umpan dibawah ini:

  1. Sotong kecil.
  2. Cumi-cumi kecil.
  3. Daging gurita.
  4. Dan juga udang.

Untuk mengunakan umpan diatas yang pertama Sotong, kalian bisa mengunakan umpan ini tapi usahakan untuk memilih yang kecil saja masih anakan, kalau bisa pilih yang belum lama matinya.

Sedangkan bila kalian mengunakan cumi-cumi kurang lebih sama saja tapi usahakan yang kecil juga dan belum mati terlalu lama, kalau bisa pasang selagi hidup sangat di rekomendasikan!

Bila umpan yang kalian gurita, maka usahakan yang sudah mati cukup kalian gunakan dagingnya saja untuk ukuran silahkan di sesuaikan saat kalian akan memasangnya di mata kail pancing.

Sedangkan bila kalian mengunakan udang, maka cukup ambil dagingnya saja dan pisahkan dari kulitnya.

Perlu di ingat, bila yang kalian pancing ikan kakap putih laut maka usahakan untuk mengunakan umpan diatas yang di cari dari air laut juga, jangan mengunakan yang hasilnya dari ait tawar atau juga peliharaan.

Umpan Ikan Kakap Putih Bakau dan Air Tawar

Untuk air tawar dan bakau memang sedikit ada perbedaan namun tetap saja hampir sama.

Begitu juga ikan kakap yang berada di sana tetap saja sama untuk pakannya hanya berbeda beberapa saja dan masih tetap ada yang sama bisa kalian gunakan seperti:

  1. Cacing Pumpun.
  2. Kodok Air.
  3. Udang.
  4. Dan laron

Untuk kalian yang mengunakan umpan cacing pumpun terkesan sama saja, kalian bisa mengunakan ini dengan cara di potong sesuai dengan ukuran yang kalian butuhkan.

Untuk umpan kodok air sebenarnya masih terbilang top banget untuk mancing ikan kakap putih air tawar.

Tapi sayangnya untuk mencarinya lumayan sulit karena bila yang di gunakan dari katak air Sawah percuma.

Harus mengunakan katak yang terbiasa di aliran air sungai itu saja sedangkan untuk mengunakannya terkesan sama saja.

Bila yang kalian gunakan udang ya masih tetap sama saja cukup ambil dagingnya.

Sedangkan bila kalian mengunakan laron nah baru ini top banget untuk mancing ikan kakap putih air tawar, tapi sayangnya tidak selalu ada hanya pada musimnya saja.

Umpan Ikan Kakap Merah

Nah ini jelas ada perbedaan dengan umpan yang di atas tadi, tapi setidaknya masih mendekati saja untuk di gunakan tinggal tempat mancingnya saja lagi yang harus di sesuaikan.

Karena antara ikan kakap putih dan merah sering kali tidak bersamaan jadi harus dibedakan tempat kalian mancingnya.

Sedangkan umpannya yang cocok untuk di gunakan masih tetap Udang tapi mencari udangnya kalau bisa yang di dapat dari air yang sama dengan ikan kakapnya dengan begitu pastinya makanan ini sudah terbiasa untuk dimakan jadi pas digunakan untuk umpan maka pas banget lah.

Intinya tinggal di sesuaikan tempat kalian memancing ikan kakap merahnya saja lagi.

Umpan Ikan Kakap Merah Air Laut

Bila yang akan kalian gunakan untuk mancing di air laut, sebaiknya coba gunakan beberapa umpan di bawah ini:

  1. Anak ikan bandeng.
  2. Daging kepiting.
  3. Dan juga udang.

Untuk cara mengunakanya, yang pertama anak ikan bandeng cukup kalian kaitkan mata kail ke punggung mendekati ekornya tapi jangan terlalu dekat ekor nanti tidak bisa bergerak.

Dengan begitu anakan ikan ini akan terus hidup bila terlihat dengan ikan kakap merah pastinyanya akan langsung di sambar tapi jangan lupa untuk sesuaikan ukuran besar kecilnya anakan ikan bandeng yang akan kalian gunakan.

Sedangkan bila kalian gunakan kepiting maka cukup ambil dagingnya saja, bila memungkinkan gunakan kepiting yang masih anakan dan paling kecil sesuai dengan mulut ikan kakap.

Bila yang kalian gunakan udang ya tetap sama saja tinggal ambil dagingnya, karena kalau masih hidup udangnya terkesan lama untuk di makan ikan kakap kalau sudah dagingnya pasti dah cepat strike.

Umpan Ikan Kakap Merah Air Tawar dan Bakau

Kalau untuk kakap merah yang berada di air tawar atau sekitaran bakau.

Nah ini paling ganas untuk memakan umpan yang masih hidup seperti: Anak ikan kecil dan Udang, usahakan saat memasang umpan dan memasukan ke dalam air tetap hidup dan bergerak. Bila sudah mati malah lama dimakan kakap merah, tapi tetap saja di makan walaupun menunggunya lama.

Sedangkan untuk umpan yang lainnya termasuk jitu adalah Kijing, untuk mencari kijing biasanya banyak yang jual dipasar karena biasanya ada di dalam lumpur.

Untuk mengunakan umpan ini harus kalian pecahkan dulu supaya bisa mengambil dagingnya, supaya bagus digunakan umpan untuk ikan kakap sebaiknya daging kijing di taburkan Sasa dulu lalu diamkan kurang lebih 5 jam baru digunakan.

Bila tidak sempat untuk di tunggu langsung saja gunakan untuk umpan bisa juga kok.

Selain kijing kalian juga bisa mengunakan Kerang Muara untuk mancing ikan kakap merah air tawar ini, bila ingin di biarkan dulu ya cocok juga tapi kalau mau langsung di gunakan ya bisa juga.

Untuk umpan yang lainnya ya sudah cukuplah itu saja yang sudah bisa dikatakan top untuk mancing kakap merah.

Kesimpulan
Berbagi umpan diatas hanya untuk berbagi saja tidak ada unsur untuk melebihkan atau juga mengkurang-kurangi karena berbagi untuk sama-sama hobi mancing mungkin akan bermanfaaf untuk umpan yang akan di gunakan memancing ikan kakap.