Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Kelabau (hara) Gagak

Umpan untuk mancing Ikan Kelabau (hara) atau Kelabau Gagak yang hitam ada yang mudah dan ada juga yang sulit, seperti yang kita ketahui untuk ikan sungai yang satu ini, kalau strike tarikannya ya lumayan kuat walaupun ukurannya masih terbilang sedang apa lagi kalau sudah babon lebih cepat lagi untuk memutuskan senar yang kita gunakan.

Tapi sayangnya bila kalian ingin memancing ikan ini sebaiknya mengetahui cara yang tepat, karena tidak seperti kebanyakan ikan yang begitu melihat umpan langsung di sambar.

Umpan untuk mancing Ikan Kelabau (hara) atau Kelabau Gagak

Untuk ikan Kelabau atau Hara tergolong ikan yang sensitif bila di pancing, jadi memang membutuhkan pengetahuan tambahan dari pemancing yang sudah biasa mendapatkan ikan Kelabau ini saat sedang mancing.

Memancing Kelabau bukan tanpa di sengaja narik dapat, tapi memang ada trik untuk memancingnya, maka dari itu sebelum kalian memancingnya perlu mengetahui trik khususnya, umpan dan alat pancing yang di gunakan.

Bila semuanya sudah pas, barulah bisa sedikit santai untuk memancingnya dan pastinya akan tetap di makan.

Memancing ikan kelabau diutamakan lokasi yang tempat untuk kita meletak umpan dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan kelabau dispot tersebut.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam dan teduh juga rimbun, karena pada titik ini ikan kelabau bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan kelabau yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan kelabau yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tadi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pastinya akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Karena untuk mancing ikan Kelabau membutuhkan umpan yang cocok dan tidak berasal dari yang hidup seperti Cacing, Ulat, Jangkrk dan sebagainya itu tidak akan di makan dengan ikan Kelabau karena ada makanan lainnya yang sudah jadi kebiasaan yang di makannya.

Maka dari itu bila kalian ingin memancingnya tinggal pilih mau mengunakan umpan yang dibuat sebagai racikan atau secara alami yang bisa kalian cari dulu sebelum berangkat mancing.

Umpan Racikan Ikan Kelabau

Untuk membuat racikan untuk ikan ini, perlu kalian perhatikan dengan pas cara membuatnya supaya tidak saat mengandonnya nanti.

Beberapa racikan yang bisa kalian buat mengunakan bahan dasar utama untuk memancing ikan Kelabau ini di antaranya:

  1. Mie Instan.
  2. Tempe.
  3. Dan roti.

3 umpan diatas bisa kalian racikan dengan membuatnya sendiri, tapi sebelum kalian buat pastikan dulu untuk mengetahui cara membuatnya dan perhatikan dengan pas takaran untuk membuatnya karena bila ada kelebihan atau kekurangan suatu bahan saat di buat pas kalian pakai untuk mancing sering kali tidak di makan ikan kelabau.

Jadi perhatikan dengan benar untuk cara membuatnya, dan juga takaran yang tepat juga, untuk mulai membuatnya silahkan perhatikan caranya dulu!

Racikan Mie Instan Untuk Umpan Kelabau

Ada beberapa cara yang sering di gunakan dengan racikan Mie Instan ini untuk mancing ikan kelabau, untuk yang pertama silahkan siapkan dulu beberapa umpan dibawah ini:

  1. MIE Instan Goreng.
  2. Telur ayam kampung.
  3. Dan vanili.

Untuk meracikanya, pertama ambil mie instan lalu blender sampai halus tidak perlu pakai bumbu dan minyaknya, setelah halus ambil wadah dan alat untuk mengaduknya.

Setelah itu masukan dulu mie yang halus ke dalam wadah dan ambil gelas lalu masukan kuning telur dan kocok sampai berbusa setelah telur selesai di kocok campurkan ke mie yang telah di siapkan tadi lalu aduk sampai rata.

Setelah rata campurkan vanili dan aduk kembali, setelah merata baru bisa kalian gunakan.

Selain mencampurkan telur ayam ke mie instan dengan vanili kalian juga bisa meracik dengan bahan lainnya untuk menganti vanili seperti Biang Susu Jerman.

Susu Bubuk Dancow dan juga Kara tapi untuk kuning telur ayam tetap perlu di kocok sampai berbusa dan mie instan tetap harus di haluskan.

Diatas adalah paduan umpan ikan Kelabau dengan bahan mie instan, untuk selanjutnya masih ada tempe dan roti yang bisa kalian siapkan untuk di gunakan.

Racikan Tempe Untuk Mancing Ikan Kelabau

Untuk yanh harus kalian siapkan adalah Tempe ya, jadi cukup siapkan 1 lembar saja dan potong kurang lebih ukuran setengah mie instan.

Kalau beli tempenya yang besar silahkan potong dulu sesuai ukaran bila kalian beli yang kecil tapi panjang di ukur dulu supaya pas.

Setelah disiapkan, tumbuk terlebih dahulu sampai halus kemudian campurkan dengan satu sendok teh bubuk kunyit dan bawang putih lalu aduk sampai rata.

Bila agak keras saat mengaduknya kasih setengah sendok makan air usahakan menambahkan airnya di tetes-tetes ke semua sebelum di aduk kalau hanya langsung di tumpahkan sering tidak kena semua.

Setelah semua bahan bercampur coba dulu pindahkan ke plastik setengah kiloan lalu remas-remas pakai tangan, coba keluarkan sedikit lalu putir-putir pakai jempol dan telunjuk bila kenyal berarti sudah jadi bila hancur saat di puntir berarti kurang air cukup tambah setengah sendok lagi dan lumat-lumat langsung pakai tangan.

Diatas hanya untuk campuran tempe, sebenarnya kalian masih bisa mengunakan tempe yang sudah busuk untuk digunakan sebagai umpan Kelabau ini dan selanjutnya bila kalian ingin membuat roti untuk racikannya silahkan cek lagi dibawah ini.

Umpan Roti Untuk Mancing Kelabau

Untuk membuat roti, bahan utama yang harus kalian siapkan adalah Pengembangnya seperti Fernipam dan sebagainya, sedangkan bahan lainnya sebagai berikut:

  1. Fernipam.
  2. Tepung Terigu.
  3. Dan Vanili.

Untuk membuatnya cukup siapkan wadah dulu lalu ambil 3 sendok makan tepung terigu, lalu campurkan setengah sendok teh Fernipam dan aduk.

Sekiranya sudah rata campurkan 5 sendok makan air lalu aduk lagi, setelah agak mengencer camputkan setengah sendok makan vanili dan aduk sampai rata dan setelah jadi langsung saja goreng mengunakan minyak.

Selain mengunakan racikan diatas, kalian juga bisa langsung saja membeli roti tawar untuk digunakan umpan seperti roti kelapa yang harga Rp.1000an perbungkus.

Untuk membuatnya cukup iris dulu tengahnya supaya Kelapa isinya bisa di buang selanjutnya injak-injak sampai rata mengunakan kaki supaya padat dan selesai tinggal potong-potong sesuai ukuran.

Diatas hanya untuk kalian yang ingin membuat racikan, bila masih perlu info seputaran umpan yang cocok untuk mancing ikan kelabau kalian bisa mencoba langsung umpan alaminya tapi mesti ada cara untuk mengunakannya sih.

Umpan Buah Alami Ikan Kelabau

Makanan yang biasanya disukai ikan kalabau ini berhubungan dengan buah dan dedaunan, tapi saat mengunakannya nanti sebaiknya kalian mengetahui juga cara memasang umpannya ke mata kail pancing yang kalian gunakan.

Beberapa umpan buah dan daun yang di sukai ikan kalabau sebagai berikut:

  1. Ubi Kayu dan Jalar.
  2. Ubi Keladi.
  3. Kentang.
  4. Jagung manis.
  5. Buah Sawit.
  6. Daun Talas.
  7. Dan Daun Kangkung.

Bila yang akan kalian gunakan untuk umpan mancing Ubi seperti Kayu, Jalar, Keladi dan Kentang untuk mengunakanya cukup langsung di iris dulu mengunakan pisau karter berbentuk kotak-kotak kecil atau sesuai ukuran yang kalian inginkan sebagai saran usahakan berbentuk bulat saja.

Sedangkan bila kalian akan mengunakan jagung manis sebaiknya di kukus dulu supaya tidak hancur saat akan kalian gunakan, bila sudah di kukus nantinya jagung manis yang kalian pasang ke mata kail tidak akan mudah hilang terkena arus kecuali bila di makan ikan kelabau.

Sedangkan bila kalian mengunakan Sawit sebaiknya di pilih yang sudah tua lalu buang kulit halusnya dulu mengunakan pisau karter, selanjutnya iris kecil yang sesuai dengan ukuran mata kail pancing yang kalian gunakan lalu pasang.

Untuk yang terakhir Daun, kalian bisa langsung mengambil daun dan dibentuk lipat sesuai ukuran mengunakan tangan lalu pasang ke mata kail, bila kalian mengunakan daun kangkung saat melipatnya jangan terlalu di tekan karena nantinya akan hancur tapi cukup dilipat dan pasang saja.

Kesimpulan
Mengunakan umpan yang saya bagikan diatas tergantung kecocokan yang kalian gunakan untuk mancing di lokasi kalian, jadi pilih saja umpan yang sekiranya cocok dan bagus untuk di gunakan umpan mancing ikan Kelabau.