Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Buah dan Roti Untuk Mancing Ikan Lampam / Tenggadak

Mancing ikan Lampam / Tenggadak memang terbilang sangat asik, terlebih lagi bila umpan yang di gunakan sedang hoki-hokinya pastilah sip banget untuk memancingnya dan kalau pas di tempatnya wah bisa-bisa pulang bawa setenah ember ini.

Tapi bukan seperti ini saja sih tetap apa yang kita pancing hanya sebatas hiburan saja, jadi untuk kalian yang memancing mengunakan umpan racikan yang pas pastinya dapat banyaklah ikan lampam ini.

Mancing ikan Lampam

Maka dari itu bila kalian membutuhkan info umpannya nah ini pastinya akan bermanfaat untuk kalian.

Seperti yang kita ketahui, umpan ikan lampam kebanyakan yang digunakan adalah dengan model roti tapi juga ada buah ya berikut umpan yang bisa kalian gunakan:

  1. Roti Gabin.
  2. Roti Keju Crispy.
  3. Buah Sawit.
  4. Dan Buah Parah (pohon getah).

Beberapa umpan diatas sudah sering digunakan untuk mancing ikan lampam, bila kalian ingin mencobanya ya dipersilahkan tapi sudah tau cara untuk membuat dan mengunakannya belum?

Bila kalian belum tau, ya pastinya belajar dulu supaya bisa membuat dan juga memasangnya ke mata kail pancing yang kalian gunakan untuk mancing ikan lampam.

Bukan hanya sebatas itu saja kalian juga mestinya harus sudah menentukan lokasi yang pas untuk memancing lampamnya, untuk umpannya ya perlu kalian ketahui dululah caranya.

Roti Gabin Untuk Umpan Ikan Lampam

Perlu kalian ketahui, tidak semua roti gabin

Perlu kalian ketahui, tidak semua roti gabin bisa kalian gunakan untuk membuat umpan ikan lampam, kurang lebih seperti gambar diatas ini, pas kalian beli usahakan roti yang dipilih seperti ini.

Bila salah nantinya pas dibuat umpan tidak akan mau jadi untuk digunakan mancing, hanya akan hancur bila masuk ke air, maka dari itu usahakan membeli yang sama.

Bila sudah sama, untuk membuatnya tidaklah sulit cukup kalian siapkan dulu plastik setengah kiloan lalu ambil 5 atau 6 keping roti gabinnya lalu masukan ke wadah dulu dan siram dengan air panas tidak perlu di rendam tapi cukup siram saja.

Setelah disiram, karena masih panas gunakan alat untuk memasukanya ke dalam plastik yang sudah kalian siapkan lalu lumat-lumat mengunakan tangan supaya hancur dan menyatu dan pulen.

Melumatnya tidak butuh waktu cukup sama juga ya jadi usahakan sampai benar-benar pulen.

Setelah dirasa pulen tinggal pakai, untuk cara mengunakanya cukup gunting bagian ujung plastik dan pencet untuk dikeluarlan lalu pasang ke mata kail, mudah kan!

Umpan Roti Chrispy Keju Untuk Mancing Ikan Lampam

Sedangkan untuk roti yang ini, pastinya gurih banget bukan hanya untuk ikan Lampam saja yang doyan tapi kebanyakan ikan bersisik sungai pastinya senang dengan umpan ini.

Untuk membuat umpan ini sedikit berbeda dengan roti diatas tadi, karena tidak membutuhkan air panas tapi yang biasa saja cukup.

Untuk plastiknya tetap sama saja intinya jangan mudah sobek saja.

Bila plastiknya sudah kalian siapkan tinggal ambil dulu 4 atau lebih roti chrispy lalu rendam sesat ke air dingin tidak perlu lama-lama cukup 4 - 5 detik saja, intinya hanya sekilas saja memasukan ke dalam airnya lalu cepat keluarkan.

Selanjutnya masukan ke dalam plastik dan lumat-lumat sampai pulen juga, sesudah jadi tinggal digunakan saja.

Untuk cara mengunakannya sama dengan diatas tadi cukup bolongkan ujung plastiknya lalu keluarkan isinya sesuaikan ukurannya untuk di pakai.

Buah Sawit Untuk Umpan Ikan Lampam

Untuk yang ini memang targetnya ikan bersisik, tapi juga ada ikan sungai yang lainnya juga mau kok seperti patin, tinggal cara mengunakannya saja yang berbeda.

Kalau untuk ikan Lampam pertama siapkan dulu Sawit yang akan kalian gunakan usahakan yang sudah tua dan berminyak.

Selanjutnya gunakan pisau karter untuk membuang kulit halusnya sawit, setelah terkupas semua buat garis-garis kecil mengunakan karter tadi lalu iris untuk diambil sebagai umpan.

Usahakan mengirisnya kecil saja, sesuai dengan ukuran yang akan digunakan untuk mancing ikan lampam biasanya hanya kecil saja sebesar pentol korek cukup.

Perlu diingat! Usahkan untuk memilih sawitnya yang sudah benar-benar tua dan mengeluarkan minyak, mungkin kalian pastinya sudah biasalah untuk memilih sawit yang seperti ini.

Cara Buat Buat Para (Karet) Untuk Umpan Ikan Lampam

Kalau yang satu ini asli untuk ikan lampam, terutama yang sudah besar-besar karena bila mengunakan buah para pastinya kebanyakan ikan lampam yang memakannya minimal berukuran 3 jarian ke atas.

Untuk membuat umpannya cukup ambil buah para yang mengkal belun terlalu tua lalu bakar, kalau bisa jangan dibakar langsung ke api tapi cukup masukan ke bara api karena aroma dibakar langsung dengan api dan baranya akan berbeda nyengatnya.

Saat dibakar ini buah para akan menimbulkan wangi yang khas, nah bila sudah menimbulkan aroma ini siap kalian gunakan.

Cara untuk mengunakannya juga cukup di iris mengunakan pisau karter dan dengan ukuran yang bisa kalian sesuaikan sendiri.

Tapi sayangnya, kalau pas kalian gunakan tidak ada yang besarnya maka ikan lampam yang kecil tidak akan mau memakan umpan ini hanya untuk yang sudah besar-besar saja.

Kesimpulan
Memancing ikan lampam memang perlu mengunakan umpan diatas, kalau untuk umpan alaminya tergolong sulit untuk ditentukan, bila mengunakan cacing kadang mau kadang juga tidak tapi tetap saja yang makan hanya sesekali saja.

Berbeda bila kalian mengunakan umpan yang telah saya sebutkan diatas pastinya akan selalu tertarget untuk umpan ikan lampam.