Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Mas Sungai Racikan dan Alami

Mancing ikan mas disungai akan lebih baik bila mengunakan umpan alami yang biasanya dimakan.

Tapi sayangnya di jaman sekarang umpan ikan sungai sudah bermacam-macam yang digunakan sehingga bila mengunakan yang alami terkadang masih kalah cepat untuk dimakan dengan yang racikan.

Mancing ikan mas disungai akan lebih baik bila mengunakan umpan alami

Tapi kalau pas tempat mancing ikan mas masih jarang mengunakan umpan racikan ya pastinya kalau pakai alami masih tetap dimakan dan juga pilihannya pasti yang besar-besar.

Tinggal cara memancing dan peralatan yang kita gunakan memancingnya.

Kalau masalah umpan ya pasti mengikuti saja mana yang pas dan tepat, berbeda bila lokasi mancing ikan mas sungainya sudah diberi warna umpan yang racikan dan selalu berubah-ubah pastinya akan lebih susah lagi untuk dipancing.

Sebelum kalian membuat umpan jitu, pastikan dulu semua takaran yang akan digunakan untuk meracik sudah tepat.

Bila sudah, baru ditentukan untuk umpan mancing ikan mas dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan mas bukan hanya umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan mas juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan mas yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan mas ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, sedang kan yang lain seperti lele kan pakai kumis atau juga ada jenis ikan yang langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan mas yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan mas yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabiskan waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita buat.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan mas maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu tentang ikan mas yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Jadi untuk mencari jalan keluarnya bila lokasi yang sering kalian pancing sudah memakai racikan dan umpan campuran yang lain tinggal kalian gunakan saja umpan yang lebih dari 1 jenis juga misalnya:

Kalian mengunakan joran pancing yang lebih dari 1 lalu mengunakan umpan alami dipancing pertama dan yang lainnya juga mengunakan umpan racikan yang lain.

Nah dengan begitu pastinya akan ada kemungkinan kalian mendapatkan ikan mas sungai dengan memakan umpan yang kalian sediakan.

Untuk membuatnya kita ulas semuanya saja supaya lebih banyak umpan yang nantinya akan kalian gunakan.

Umpan Alami Ikan Mas Di Sungai

umpan alami ikan mas liar di sungai

Perlu diketahui umpan ikan mas di alam liar masih tetap pada 2 jenis umpan dimana yang 1 wangi dan yang 1 nya lagi amis.

Tinggal kalian pilih mana yang cocok, untuk yang amis sebagai berikut:

  1. Cacing tanah / sampah.
  2. Usus ayam.
  3. Kijing / Remis.
  4. Dan Bekicot.

Umpan diatas dari yang aslinya amis saja, kalian bisa mengunakannya kapan saja saat akan berangkat mancing.

Sedangkan untuk mengunakan cacing hampir sama saja tinggal pasang ke mata kail dan gunakan, akan lebih baik lagi bila yang kalian gunakan adalah cacing sampah karena aromanya lebih amis dari cacing biasanya.

Sedangkan bila kalian ingin mengunakan cacing kalung memang lebih amis tapi kurang di sukai ikan mas sungai.

Sedangkan bila kalian mengunakan usus ayam, cara mencarinya cukup beli saja di penjual ayam potong lalu bawa tinggal potong sesuai dengan mata kail yang akan kalian gunakan.

Bila umpan kijing atau remis, tinggal cari atau beli saja langsung dipasar untuk mengunakanya pertama silahkan pecahkan dulu untuk mengambil isinya lalu tinggal pasang.

Bila mengunakan bekicot kurang lebih sama saja tinggal pecahkan dulu.

Tapi sebelum digunakan sangat dianjurkan untuk di masukan dulu ke dalam toples dan di tutup rapat hingga 3 harian sebelum digunakan supaya aromanya lebih kuat lagi.

Umpan Buah Wangi Untuk Mancing Ikan Mas

umpan buah wangi untuk mancing ikan mas sungai

Kalau di alam liar, buah wangi menjadi umpan yang sesuai untuk digunakan beberapa nama buahnya sebagai berikut:

  1. Buah Pisang.
  2. Buah Mengkudu.
  3. Buah Mangga / Macang.
  4. Dan Petai.

Untuk mengunakannya, bila kalian mengunakan pisang usahakan yang Ambon dan tidak terlalu tua karena nanti lebih mudah hancur terkena arus.

Cukup yang ada bau wangi dan juga sudah masang sedangkan untuk mengunakannya tinggal potong mengunakan pisau karter sesuai ukurang yang dibutuhkan.

Bila mengunakan buah mengkudu, usahakan yang masih mengkal saja sudah bisa tapi sebaiknya tua tidak terlalu matang karena pastinya akan ada bau wanginya yang disukai ikan mas untuk mengunakannya masih sama saja.

Bila kalian mengunakan buah mangga atau macang, juga hampir sama gunakan saja yang tidak terlalu matang tapi sudah ada wanginya.

Sedangkan pengunaanya tetap hampir sama saja dengan yang lainnya.

Bila kalian mengunakan Petai nah ini banyak yang salah paham, padahal termasuk umpan buah yang di sukai ikan mas disungai untuk mengunakannya juga hampir sama saja potong mengunakan pisau karter atau langsung saja cantelkan ke mata kail pancing yang kalian gunakan 1 biji.

Racikan Umpan Untuk Ikan Mas Sungai

racikan umpan ikam mas sungai

Umpan racikan juga sebaiknya digunakan saat mancing disungai.

Karena bila sudah terlanjur digunakan oleh pemancing lain mau tak mau umpan ini harus juga kalian bawa, setidaknya buat saja 2 racikan sekaligus wangi dan amis, untuk yang pertama silahkan siapkan bahannya dibawah ini:

  1. Roti tawar.
  2. 1 butir kuning telur.
  3. Vanili.
  4. Biang Susu German.
  5. Dan Essen Oplosan Ikan Mas.

Untuk membuatnya, peratama silahkan ambil 4 keping roti tawar lalu hancurkan sambil masukan ke dalam wadahnya dan kasih 2 sendok air panas kemudian lumat-lumat mengunakan alat supaya hancur.

Setelanjutnya ambil gelas lalu masukan kuning telur dan kocok sampai berbusa.

Setelah terlihat berbusa campurkan 2 sendok teh vanili ke dalam dalam susu dan seujung sendok teh biang susu german lalu kocok lagi sebentar sekiranya sudah bercampur masukan ke wadah roti tawar dan aduk rata sampai pulen.

Saat akan digunakan pindahkan ke plastik lalu campurkan 10 tetes Essen Oplosan ikan mas dan lumat pakai tangan.

Bila racikan yang kalian buat masih benyek maka tambahkan 1 keping lagi roti tawar karena terkadang ada yang memberikan air panas pada awal pembuatannya kebanyakan lalu jadi benyek umpannya.

Racikan diatas yang mengunakan roti tawar tapi tetap bisa kalian ganti mengunakan pelet jika mau, sedangkan bahan lainnya tidak perlu ada yang diganti untuk memancing ikan mas.

Nah diatas adalah umpan yang wangi saja, untuk selanjutnya coba kita ulas lagi supaya mancing kalian strike ikan mas yang besarnya.

Racikan Umpan Amis Ikan Mas

umpan ikan yang amis

Bila kalian akan membuat umpan yang amis dan tepat, silahkan siapkan bahan untuk membuatnya dulu sebagai berikut:

  1. Pelet Amis.
  2. Deho Amis 1 kaleng.
  3. 1 kuning telur bebek.
  4. Dan Essen Oplosan Amis.

Untuk membuatnya, pertama masukan pelet Amis ke wadah dan kasih air panas secukupnya untuk menghancurkan pelet Amis gunakan alat untuk melumatnya.

Lalu masukan Deho dan 1 butir kuning telur bebek dan aduk lagi sampai rata.

Terakhir campurkan 2 sendok makan Essen Oplosan Amis lalu aduk lagi, bila sudah jadi tinggal masukan ke plastik lalu siap untuk digunakan.

Untuk pengunaan pelet Amis bisa kalian ganti mengunakan roti tawar atau mie instan goreng, tapi sebaiknya sebelum di racik hancurkan dulu roti tawarnya atau mie instan yang akan kalian gunakan.

Untuk Deho dan Essen bisa kalian ganti yang sesuai dengan selera kalian, tidak harus menuruti uurutan diatas yang saya buat, tapi bila saya yang membuat racikan untuk mancing ikan mas liar memang mengunakan bahan diatas.

Kesimpulan
Umpan ikan mas sungai diatas hanya untuk berbagi saja, selebihnya tinggal sesuaikan dengan kalian ingin mengunakan umpan yang mana, kalau bisa dicoba semua untuk mencari umpan yang pas untuk kalian gunakan memancing ikan mas di sungai.