Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Mujair, Liar dan Kolam Mau Pakai Racikan atau Alami?

Umpan Ikan Mujair, memang perlu diketahui saat akan memancingnya di alam liar atau kolam pemancingan, bila yang digunakan cocok maka babon ikan mujair pasti lebih dulu untuk kena pancing sebelum yang berukuran sedang dan kecil-kecil.

Karena biasanya yang kecil akan kalah bila umpannya akan di makan yang lebih besar.

Umpan Ikan Mujair memang perlu diketahui saat akan memancingnya

Itu juga sebabnya bila pas di pancing yang didapat ikan mujair besar lebih dulu, biasanya berhubungan dengan umpan yang digunakan memang tepat dan disukai.

Memancing ikan mujair babon diutamakan lokasi tempat untuk kita meletakan umpan dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan mujair di 1 titik kita meletakan.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan mujair bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya, tapi bila sudah makan lebih mudah untuk hoki.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan mujair yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Jadi kunci untuk mendapatkan ikan mujair yang banyak pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan mujair yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tapi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pasti akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Maka dari itu bila ingin memancing ikan mujair sebaiknya memikirkan umpan yang tepat untuk digunakan.

Bila kurang pas biasanya yang kecil lebih dulu kena tapi juga kadang tidak dapat sama sekali pas dipancing.

Maka dari itu, sebaiknya kalian menyiapkan umpan yang pas saja saat akan memancing tanpa umpan yang lainnya dan aneh-aneh.

Selain itu harap perhatikan dimana lokasi yang akan kalian pancing, ikan mujair liar dengan umpan alami atau di kolam peliharaan karena lokasi berbeda sebaiknya gunakan juga umpan yang berbeda.

Jangan menyamakan umpan bila kalian akan memancing ikan mujair dari umpan alami ke kolam.

Tapi sebaliknya umpan yang biasanya dipakai saat mancing di kolam akan lebih top bila kalian gunakan untuk mancing mujair liar, karena umpan racikan biasanya akan lebih menarik untuk dimakan ikan liar.

Tinggal sesuaikan lokasinya saja, bila lokasi sudah kalian tentukan sekarang tinggal coba gunakan umpan yang pas saja untuk digunakan.

Umpan Ikan Mujair Alami

Untuk mengunakan umpan ikan mujair secara alami pastinya liar kan? Kalau liar kadang mudah kadang juga sulit tinggal tergantung umpan yang digunakan.

Tapi biasanya kalau mengunakan umpan terus-terusan tidak akan dimakan lagi, jadi perlu di sesuaikan dengan di kasih jarak atau umpan bergantian.

Beberapa umpan ikan mujair secara alami kurang lebih sebagai berikut:

  1. Cacing sampah.
  2. Jangkrik liar.
  3. Capung merah.
  4. Ulat bambu.
  5. Ulat hongkong.
  6. Dan laron.

Kalau mancing liar kan biasanya cukup mengunakan cacing saja sudah cukup sebenarnya itu belum tepat bila cacing tanah, coba kalian cari cacing sampah yang warnanya merah tua dan mudah putus lebih cepat lagi untuk dimakan ikan mujair.

Begitu juga dengan Jangkrik, terkadang banyak pemancing cukup membeli saja padahal bila mengunakan Jangkrik yang dicari malam hari kesannya lebih cepat dan ganas untuk dimakan ikan mujair.

Berbeda bila jangkrik yang dibeli proses makanan jangkrik akan mempengaruhi aromanya saat digunakan jadi sering kali diabaikan untuk dimakan.

Sedangkan bila Capung merah tentu harus dicari, kalau mengunakan ulat untuk yang bambu masih bisa dicari untuk mendapatkanya sedangkan ulat hongkong ya terpaksa beli.

Sedangkan Laron pastinya dicari tapi tergantung musim saja!

Umpan Racikan Mujair Liar

Sedangkan bila masih ikan mujair liar, tidak perlu repot-repot mengunakan umpan racikan yang aneh-aneh.

Cukup buat umpan sekedarnya saja dengan bahan utama pelet, adapun yang pertama silahkan siapkan:

  1. Pelet Moja 87.
  2. Susu Bubuk Dancow.
  3. Dan Essen Oplosan.

Untuk pembuatanya terkesan mudah, cukup masukan pelet seplastik ke wadah lalu air panas untuk menghaluskannya setelah itu masukan 1 sendok teh Susu Bubuk Dancow aduk merata sekiranya sudah rata masukan 10 tetes Essen Oplosan lalu aduk lagi sampai menjadi rata.

Untuk membuat umpan racikan ikan mujair liar ini di khususkan Essen dengan aroma yang di tes dulu karena biasanya mengunakan yang wangi.

Tapi beda lokasi biasanya akan berbeda juga entah itu wangi atau amis tapi kunci utamanya tetap saja mengunakan pelet.

Jadi bila kalian ingin mengunakan racikan dengan Ide tersendiri usahakan untuk mengunakan pelet sebagai bahan utama (dasar) nya.

Bila pelet yang kalian gunakan termasuk yang khusus untuk mujair seperti pelet 66 dan sebagainya bisa langsung kalian gunakan tanpa campuran lain tapi bila mengunakan pelet pakan usahakan mengoplos dengan Essen.

Umpan Mujair Kolam Tanpa Essen

Membuat umpan untuk mancing mujair di kolam memang ada yang mengunakan Essen tapi ada juga yang tidak, tinggal menentukan yanh cocok saja.

Sedangkan yang tanpa campuran Essen kalian bisa mencoba yang pertama ini tapi siapkan dulu beberapa bahan berikut:

  1. Pelet Oke 99.
  2. Biang Susu German.
  3. Pasta pandan.
  4. Dan 1 Ons Keroto.

Untuk membuatnya, pertama hancurkan dulu pelet oke 99 mengunakan air panas lalu campurkan dengan seujung sendok teh biang susu german dan pasta pandan lalu aduk rata.

Terakhir pindahlan ke plastik lalu lumat-lumat mengunakan tangan biar sebagaian keroto hancur dan aromanya semakin kuat.

Sedangkan bila kalian memilih yang mengunakan Essen siapkan bahan berikut:

  1. 2 Bungkus Katulampa atau 1 bungkus saja.
  2. 1 Bens Kara.
  3. 1 Ons Keroto.
  4. Dan Essen Mujair Premium.

Untuk pembuatannya masukan Katulampa ke wadah lalu hancurkan dengan air panas, masukan 2 sendok Bens Kara dan Keroto lalu aduk sampai rata.

Setelah terlihat rata berikan 10 tetes Essen Mujair secara bertahap sambil di aduk terus setelah selesai pindahkan ke plastik dan siap untuk digunakan.

Racikan dengan Essen diatas bila tanpa keroto tidaklah masalah dan masih bisa langsung kalian gunakan, bila ingin yang lebih baik lagi jangan pakai keroto telur semut angkrang tapi gunakan telur semut cetet (yang kalau gigit sakit).

Kesimpulan
Membuat umpan racikan sebenarnya bermacam-macam terutama untuk ikan mujair kolam, tapi mencoba akan lebih baik lagi supaya ketemu umpan yang pas dan tepat sedangkan untuk mujair liar sebaiknya di gunakan secara bergantian saja karena bila dipakai terus lama-lama juga tetap tidak mau dimakan lagi, terutama mujair liar bila yang digunakan makan alami karena secara tidak langsung memang makanan tersebut sudah tersedia banyak di dalam air.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Mujair, Liar dan Kolam Mau Pakai Racikan atau Alami?"