Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Senangin / Kuro Alami

Umpan ikan kuro atau senangin memang terkesan simpel dan mudah untuk di temukan, sekali ketemu umpannya yang cocok dijamin letih dibuatnya saat strike apa lagi yang berukuran besar sedangkan ikan kuro yang sedang saja minimal sudah di atas 1 kiloan apa lagi yang besarnya.

Umpan ikan kuro atau senangin memang terkesan simpel dan mudah

Tapi sayangnya, tidak semua pemancing mau mengunakan bermacam-macam umpan yang terbiasa di gunakan, hanya sebagian saja yang mengunakan umpan khusus untuk ikan kuro sehingga yang dibawa saat akan memancingnya hanya itu saja walaupun bermacam-macam.

Hanya saja, tinggal mengunakan umpannya saja yang kadang pas kadang juga tidak karena ada trik khusus untuk memasang umpannya supaya begitu dimakan langsung mengait ke bagian bibirnya sehingga tidak terkena gigi dari ikan kuro ini.

Seperti yang kita ketahui, ikan kuro juga termasuk yang memiliki gigi tajam, bila pas kena pancing di bagian lebih dalam maka senar akan gesekan dengan giginya bila tidak kuat ya pastinya akan langsung putus, berbeda bila yang kena bagian bibirnya walau gimana pun tetap saja akan naik dengan cemerlang.

Maka dari itu bila kalian memancing ikan kuro, sebaiknya perhatikan juga pemasangan umpan yang di gunakan kalian jangan sampai terlalu masuk ke bagian mulutnya apa lagi sampai mata kail tertancam di kerongkongannya sudah pasti senar gesekan adu kekuatan dengan gigi ikan ini.

Umpan Alami Ikan Kuro Alami

Beberapa umpan yang sering digunakan oleh para pemancing ikan kuro kurang lebih sebagai berikut:

  1. Udang Laut.
  2. Cacing laut.
  3. Daging Ikan Sarden.
  4. Dan juga anak ikan bandeng yang masih kecil.

Beberapa umpan diatas, yang paling sulit untuk ditemukan adalah Cacing laut, selain itu masih terbilang mudah untuk ditemukan.

Sedangkan untuk cara memasangnya, umpan udang usahakan masih hidup dengan mengaitkan mata kail yang kalian gunakan hanya menancap di bagian ekornya saja biarkan tetap bergerak untuk memancing ikan kuro supaya lebih cepat menyambar umpan.

Sedangkan bila kalian mengunakan Ikan Sarden, terpaksa kalian hanya mengunakan dagingnya saja usahakan untuk memasangnya pada bagian ujung mata kail itu lebih besar umpan yang digunakan dari pada bagian simpul senar supaya kena bibir ikan kuro.

Bila mengunakan cacing laut, usahakan mengunakan yang hidup saja dengan memasang 2 cacing saja dengan mengaitkan bagian ekornya supaya masih tetap hidup saat dijadikan umpan.

Sedangkan bila mengunakan umpan anakan bandeng, usahakan yang kalian akan jadikan umpan bandeng laut supaya bisa tetap hidup, untuk mengunakannya hampir sama dengan mengaitkan bagian ekornya saja supaya tetap selalu hidup sebelum di makan ikan kuro.

Sedangkan yang sulit ya tetap mencari cacing lautnya saja, tapi mungkin bagi kalian yang terbiasa mencarinya ya cukup mudahlah menemukannya.

Cara Mencari Cacing Laut Untuk Umpan

Untuk mencari cacing laut, pastikan mengetahui keadaan airnya

Untuk mencari cacing laut, pastikan mengetahui keadaan airnya karena biasanya akan ditemukan di pinggiran dan ada juga yang di dalam air bagian pasiran tapi mesti tau ciri-ciri ada cacingnya.

Kalau yang dipinggiran biasanya ada pada pasir yang bercampur tanah, untuk membedakannya cukup sulit juga tapi tetap harus digali, untuk gampangnya perhatikan saja yang ada pohon pisangnya tinggal coba gali tanahnya itupun kadang ada kadang juga tidak, tapi bila pas ketemu biasanya ada banyak dan menjadi langganan untuk pencarian cacing.

Sedangkan untuk yang lebih pas lagi umpannya cacing yang berada di pasir lumpuran, tapi mencarinya susah karena harus masuk ke dalam air untuk mengambil pasir dan membawanya ke darat dan dipilih cacingnya.

Untuk yang lebih mudah mencari cacing laut sebaiknya beli atau minta orang yang biasanya mencarinya untuk dibayar, karena tidak mudah untuk mencari cacing laut ini hanya pada orang-orang yang sudah terbiasa saja.

Kesimpulan
Memancing ikan kuro memang terkesan mudah, tapi terkadang juga susah terutama umpan yang di gunakan tidak pas. Selain itu, akan lebih baik lagi bila mengetahui musim air laut pasang surutnya, dengan mengetahui kapan air naik dan surut pastinya kalian akan lebih mengerti ikan apa saja yang cocok dipancing termasuk kuro.

Sedangkan umpannya, masih terbilang seperti yang sudah disebutkan tadi hanya cacing saja yang susah dicari tapi bila sempat di gunakan pastilah akan top banget untuk mancing ikan kuro ini.