Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Tapah Sungai, Kecil, Sedang dan Besar

Umpan ikan tapah saat dipancing memang harus pas, karena umpan yang tepat akan mewakili ukuran ikan tapah yang di dapat, terutama saat bertelur harus dipikirkan dengan tepat umpan yang akan digunakan. Bukan hanya sebatas umpannya saja yang harus diketahui, tapi harus mengerti juga cara memancing dan memilih ukurannya.

Umpan ikan tapah saat dipancing

Sekarang begini, contohnya kalian mancing ikan tapah di saat sudah bertelur atau pas anakan tapah yang kecil-kecil mulai bertebaran, pastinya akan lebih pas lagi dipancing.

Jadi, memancing ikan tapah ini harus disesuaikan dengan ukurannya karena yang kecil masih anakan bisa dengan mudah di dapat, bila sudah mulai besar antara 5 jarian akan mulai sulit dan bobot besar di atas 1 kiloan pastinya akan lebih sulit lagi.

Terutama untuk yang sudah bobot besar sampai 10 Kiloan, sudah bisa di pastikan walaupun pancing kita dimakan belum tentu bisa menaikan ikan tapah ke daratan karena perlawanan yang kuat juga tahan lama untuk bisa dengan mudah di naikan.

Termasuk umpan yang di gunakan, masih berbeda-beda dengan ukurannya jadi saat akan kalian gunakan pastikan dulu bahwa memang kalian sudah mengerti dengan tepat dan juga menaikannya, karena pastinya setiap pemancing sudah berpengamalan untuk menaikan ikan besar-besar atau putus tanpa disadari.

Bahkan mata kail juga bisa lurus atau patah, jadi mesti di kondisi kan dulu peralatan yang kalian gunakan, tapi secara pribadi kalian pasti sudah mengunakan peralatan yang tepat dan mengerti cara memancingnya, dan sekarang hanya mencari info tentang umpan setiap ikan tapahnya.

Umpan Ikan Tapah Kecil Anakan

umpan ikan tapah kecil yang masih anakan

Bila ikan tapah yang kalian pancing kecil seukuran 2 atau 3 jarian kemungkinan itu masih tergolong gampang, karena bersatu sama ikan lais biasanya bergerombolan jadi kalau tau lokasinya sudah pasti pas banget.

Sedangkan umpan yang sebaiknya kalian gunakan untuk masih anakan ini adalah:

  1. Jangkrik.
  2. Cacing Sampah.
  3. Ulat Jengkol.
  4. Dan Ulat Bambu.

Umpan diatas berhubungan dengan ikan lais, jadi saat kalian memancing dengan umpan tersebut secara tidak langsung kalian juga akan dapat ikan lais, intinya secara bergantian lah kadang yang naik ya ikan lais kadang juga anakan Tapah.

Untuk umpan yang lebih pas kalian gunakan adalah jangkri dan ulat jengkol, tapi yang lainnya juga cocok seperti ulat bambu dan cacing sampah tapi sayangnya ada banyak ikan lain juga menyukai ke 2 umpan tersebut jadi bila kalian gunakan kadang naik juga ikan yang lainnya.

Nah diatas adalah untuk ikan tapah yang masih gerombolan ukuran kecil dan masih anakan bila kalian ingin memancing yang lebih besar lagi bisa coba mengunakan umpan lainnya.

Umpan Ikan Tapah Ukuran 5 Jarian Dibawah 5 KG

umpan ikan tapah ukuran sedang bobot 5 kg

Untuk ikan tapah yang bobot segini masih bisa kalian pancing, jadi pas mengunakan umpan masih sangat bisa untuk disambar, maka dari itu akan bagus sekali bila kalian mengunakan umpan yang sesuai dan tepat seperti dibawah ini.

  1. Udang Sungai.
  2. Cacing Kalung.
  3. Ulat bambu.
  4. Ulat Pisang.
  5. Dan Ulat Jengkol.

Perlu di ingat, bila ukuran ikan tapah sudah besar minimal 5 jarian sebaiknya jangan mengunakan jangkrik lagi karena sudah pasti tidak akan dimakan ikan tapah besar, selain itu ikan tapah sudah tidak bergerombolan lagi sudah sering sendiri-sendiri.

Untuk umpan yang paling pas kalian gunakan adalah Udang Sungai, tapi usahakan masih hidup saat digunakan karena akan lebih cepat disambar bila yang kelihatan udang sungai dengan ikan tapahnya nanti.

Sedangkan umpan yang lainnya seperti Cacing Kalung dan ulat ya kalau kelihatan tetap saja dimakan, tapi tidak seganas udang, bila memang sulit di cari ya tidak ada salahnya untuk kalian mengunakan umpan yang lainnya.

Untuk rekomendasi adalah cacing kalung, karena aroma dari umpan ini memang disukai banyak jenis ikan tapi bila target tapah ya tidak ada salahnya untuk digunakan sambila bila tidak dimakan ikan tapah kemungkinan ada yang lainnya lebih dulu strike kan. Nah bila kalian ingin yang berukuran jumbo boleh coba yang lainnya lagi.

Umpan Ikan Tapah (monster) Ukuran Paling Besar Diatas 10 KG

umpan ikan tapah monster ukuran paling besar diatas 10 kg

Kalau mancing yang berukuran ini bukan hanya umpan yang harus kalian siapkan tapi juga peralatan seperti senar dan mata kail yang digunakan harus pas. Sedangkan umpan yang sebaiknya kalian gunakan adalah:

  1. Udang Sungai.
  2. Anak Ikan Seluwang.
  3. Anak Ikan Lele.
  4. Anak Ikan Gabus.
  5. Dan Anak Ikan Tilan.

Untuk ikan tapah yang sudah berukuran besar, pilihan umpan hidup diatas sudah termasuk pas untuk digunakan tinggal sesuaikan peralatan pancing dan juga lokasi kalian mancing.

Karena untuk ikan tapah yang sudah berukuran sedang hingga besar sensitifnya termasuk kuat sehingga saat mengetahui ada orang ikan tapah cukup diam saja tanpa bergerak sehingga kita tidak akan tau kalau didekat kita ada ikan tapah besar.

Bila pas dipancing mengunakan umpan-umpan yang sudah saya sebutkan diatas tadi, itu juga tidak akan langsung dimakan oleh ikan tapah yang berukuran besar mesti ada trik yang harus kalian gunakan untuk cara memancingnya dan juga mengetahui waktu yang tepat untuk ikan tapah ini.

Cara Mancing Ikan Tapah Pakai Umpan

Untuk mengetahui cara memancingnya tidak sesuaikan dulu ukuranya, mulai dari anakan 2, 3 jarian beranjak dewasa 5 jarian atau masih dibawah 5 KG hingga babon yang berukuran diatas 10 kiloan, kita bahas mulai dari cara memancingnya mengunakan umpan diatas tadi!

Mancing anak ikan tapah
Karena ikan ini berada di tengah-tengah air maka tidak bagus bila kalian mengunakan teknik dasaran, sangat direkomendasikan untuk mengunakan mengunakan pelapum besar dan timah yang sepadan dengan ukurannya supaya umpan yang kalian gunakan akan melayang-layang di air sehingga pas untuk mancing anakan tapah sekalian ikan lais.

Tapi bila kalian tidak biasa mengunakan pelampung maka kalian bisa mengunakan teknik rangkaian mata pancing di gantung supaya tetap melayang umpan yang kalian gunakan, kuncinya umpan melayang lah.

Mancing Ikan Tapah Ukurang Sedang
Untuk memancingnya, kalian masih harua mengunakan teknik melayang dengan mengantung mata kail diatas timah pemberat, karena pada umumnya ikan tapah tidak berada di dasaran air sehingga teknik ini yang harus kalian gunakan. Untuk mancingnya tetap sama saja tinggal menunggu ikan memakan umpan jadi tinggal nunggu dengan teknik melayang.

Mancing Ikan Tapah Paling Besar
Untuk memancing yang ini di khususkan waktu malam saja karena bila yang sudah besar sangat jarang bisa dipancing di siang hari, untuk umpan yang di gunakan sebaiknya yang hidup.

Lebih tepat lagi memasang tajur di sekitaran kalian memang, dengan memasang akan ikan diperbukaan air yang penting tengelam kurang lebih setengah jengkal tangan saja, kecuali bila kalian mengunakan joran pancing lebih dari 1 maka sangat di sarankan.

Kesimpulan
Memancing ikan tapah yang paling besar memang susah-susah gampang dan sangat jarang bisa kena pancing karena sensitifitasnya yang tinggi sehingga saat mengetahui ada pemancing atau bahkan suara, bisa di pastikan akan sulit untuk mendapatkannya.

Kecuali ukuran masih anakan dan baru dewasa kemungkinan pasti tetap kena dipancing, jadi intinya sesuaikan saja cara memancingnya dipastikan tetap akan kena pancing ikan tapah target kalian.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Tapah Sungai, Kecil, Sedang dan Besar"