Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Tombro Alami dan Racikan Kolam

Umpan ikan tombro air tawar, memang terkadang paling asik untuk dimancing karena bila tidak bisa memancing di sungai alam liar maka bisa memancingnya dikolam.

Kan sudah banyak kolam yang peliharan ikan tombro untuk pemancingan umum dengan begitu tinggal datang lah pokoknya yang penting siap biaya hariannya.

Umpan ikan tombro air tawar, memang terkadang paling asik untuk dimancing

Berbeda dengan mancing di alam liar, pokoknya tanpa bayar yang penting lengkap sajen pemancingnya seperti minyak motor, cemilan dan sebagainya.

Memancing ikan tombro diutamakan lokasi tempat untuk kita meletakan umpan dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan tombro pada lokasi yang kita pancing.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam, karena pada titik ini ikan tombro bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya, tapi bila sudah cocok mengunakan peralatan dan umpan tetap saja hoki.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan tombro yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Jadi kunci untuk mendapatkan ikan tombro yang banyak pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan tombro yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tapi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pasti akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Bila mancing ikan tombro di kolam wah makin hitungan lagi, mulai dari biaya mancing, kopi atau teh tentunya sekalian bisa makan siang kan.

Kalau disungai, laparpun siap kuat ditahan yang penting ikan tombro strike naik ke daratan, maka dari itu untuk kalian yang hobi mancing ikan tombro di berbagai lokasi tidak ada salahnya menentukan umpan yang pas untuk digunakan.

Mau pakai umpan racikan atau alami asal tau cara mrmbuat dan mengunakanya maka sudah siaplah untuk mancingnya.

Kecuali ikan tombro di kolam, umpan yang digunakan akan lebih bermacam-macam dan racikan tersendiri maka dari itu sebagai pemancing kolam pastinya harus kita ketahui umpan yang tepatnya supaya hobi mancing yang ada pada kita tidak sia-sia hasilnya.

Untuk kalian yang ingin membuat umpan atau mengunakannya, silahkan sesuaikan dulu dengan tempat yang akan kalian ikan tombronya baru simak umpan yang akan dibagikan disini.

Umpan Alami Ikan Tombro Alam Liar

umpan ikan tombro liar dari buah yang wangi

Umpan pertama yang bisa kalian siapkan untuk mancing ikan tombro di alam liar adalah buah, karena pada umumnya ikan ini hanya memakan yang beraroma wangi seperti:

  1. Buah Belimbing.
  2. Buah Pisang.
  3. Buah Para / Karet.
  4. Buah Lengkeng
  5. Dan Buah Rambutan.

Untuk mengunakannya pastilah kalian bisa, tapi kalau memang masih belum mengerti pengunaanya tetap akan kita jelaskan kok.

Yang pertama buah belimbing, tapi ini yang asli bukan yang asem gunakan yang sudah matang berwarna kuning tua.

Usahakan yang masih padat, cukup potong dadu mengunakan pisau karter lalu pasang hingga 4 potongan ke mata kail atau bisa kalian sesuaikan sendiri.

Sedangkan mengunakan umpan pisang, usahakan memilih yang tidak terlalu tua karena nantinya akan mudah hancur bila di gunakan.

Untuk ukurannya cukup potong sesuai dengan ukuran mata kail yang kalian gunakan tapi usahakan potongannya bisa urut saat dimasukan.

Sedangkan bila kalian akan mengunakan buah para / karet, usahakan di pilih yang mengkal saja dulu lalu bakar di bara api secara langsung sampai bau wanginya keluar dan siap kalian pakai, potongannya juga menyesuaikan saja.

Sedangkan bila kalian mengunakan buah lengkeng atau rambutan cukup ambil buahnya dan buang bijinya lalu potong sesuai ukuran yang akan kalian gunakan.

Nah kemungkinan kalian sudah ngertilah kan, selanjutnya akan kita bahas tentang yang di kolam dulu sebelum racikan di semua kondisi ikan tombro yang biasanya kalian pancing.

Umpan Ikan Tombro Kolam

umpan racikan pelet untuk mancing ikan tombro di kolam

Bila kalian yang sangat menyukai memancingnya di kolam silahkan siapkan bahan untuk membuat racikan ikan tombro dibawah ini terlebih dahulu:

  1. Pelet Apung.
  2. Biang Susu German.
  3. Pasta Pandan.
  4. Dan Essen Oplosan.

Untuk membuatnya, pertama ambil 5 sendok makan pelet apung dan masukan ke wadah terlebih dahulu lalu masukan air panas secukupnya untuk menghancurkan pelet supaya halus.

Lalu masukan seujung sendok teh biang susu ke dalam gelas dan beri air panas 3 sendok makan dan aduk.

Kemudian masukan susu tadi ke dalam wadah pelet dengan 1 sendok teh pasta pandan dan aduk sampai rata.

Terakhir masukan 9 atau 10 tetes Essen Oplosan lalu aduk lagi sampai rata selanjutnya pindahkan ke plastik dan siap untuk kalian gunakan.

Untuk membuat umpan ikan tombro kolam ini, hal yang harus di siapkan hanyalah pelet, biang susu dan Essen pilihan.

Sedangkan pasta kadang di butuhkan tapi terkadang juga tidak termasuk Pelet Apung kalian masih tetap bisa mengunakan yang lainnya yang penting pelet pakan ikan.

Racikan Umpan Untuk Mancing Ikan Tombro

racikan umpan ikan tombro pakai roti tawar

Sekarang kita ulas untuk mancing disemua kondisi spot ikan tombro, bisa kalian gunakan di alam liar juga di kolam pemancingan tapi sebaiknya gunakan saja di sungai untuk pemancingan di kolam jadikan cadangan saja.

Karena pastinya di kolam akan ada banyak racikan yang juga dibuat pemancing lainnya.

Untuk bahan utamanya silahkan siapkan beberapa umpan dibawah ini:

  1. Roti tawar.
  2. 2 butir kuning telur bebek.
  3. Royco ayam.
  4. Dan 4 siung bawang putih.

Untuk membuatnya, pertama ambil dulu gilingan dapur lalu haluskan bawang putih yang di campur dengan Royco Ayam setengah bungkus saja.

Setelah halus kasih 3 sendok makan air lalu ambil 3 lembar roti tawar dan buang pinggirnya lalu sobek-sobek sambil di masukan ke gilingan tadi dan ulangi lagi bertahap sampai rata.

Terakhir masukan 2 kuning telur bebek ke gelas lalu kocok, setelah itu masukan roti yang sudah di campur tadi ke plastik lalu unsahakan yang tidak mudah sobek plastiknya.

Lalu campurkan telur dan lumat mengunakan tangan sampai merata, bila terlalu benyek silahkan tambahkan 1 atau 2 keping roti tawar lagi dan sambil di sobek supaya umpan pulen tidak terlaku benyek.

Pembuatan umpan racikan diatas, untuk yang paling penting digunakan adalah bawang putih jadi kalian bisa tidak mengunakan royco tapi tetap mengunakan bawang putih termasuk telur bebek juga bisa tidak kalian gunakan bila ingin cepat jadi umpannya.

Tapi sebaiknya, tetap gunakanlah semua bahan yang telah di sebutkan tadi karena pasti akan perbedaannya dengan mengunakan campuran atau tidak, selain roti tawar yang di gunakan kalian juga bisa mengantinya dengan Mie Instan yang banyak di toko atau warung, tinggal beli saja.

Umpan Ikan Tombro Pakai Mie Instant

umpan ikan tombro pakai mi goreng instan

Untuk berbahan dasar mie ini paling banyak digunakan, hanya saja bukan ikan tombro lagi yang menjadi target mancingnya tapi ada banyak lagi ikan yang lainnya juga mau memakan racikan umpan ini, untuk membuatnya silahkan siapkan bahannya dulu yaitu:

  1. Mie Instan Goreng.
  2. 1 butir kuning telur bebek.
  3. 2 siung bawang putih.
  4. Dan kunyit bubuk.

Untuk pembuatannya, pertama silahkan ambil mie instant lalu remukan mengunakan tangan dan blender atau giling sampai halus, kemudian giling 2 siung bawang putih sampai halus sambil dikasih 1 sendok makan air lalu campurkan dengan mie yang sudah di blender tadi lalu aduk.

Setelah bawang putih merata dengan mie yang sudah halus tadi, masukan kuning telur bebek dan aduk lagi atau langsung di pindahkan ke plastik supaya dilumat pakai tangan saja, dan yang terakhir masukan 2 sendok teh bubuk kunyit lalu aduk lagi sampai pulen dan umpan siap untuk kalian gunakan.

Selain umpan mie diatas, kalian juga masih bisa membuat umpan yang lainnya mengunakan ubi jalar yang wangi tapi proses pembuatanya cukup rumit dan kadang jadi kadang juga tidak.

Racikan Ubi Untuk Umpan Ikan Tombro

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa pembuatan umpan pakai ubi jalar haruslah pas pembuatannya, karena kalau ada kesalahan umpan tidak akan jadi saat di buat, untuk bahan utamanya silahkan siapkan dulu bahannya:

  1. Ubi jalar sebesar gelas.
  2. 1 butir kuning telur bebek.
  3. Dan vanili.

Untuk membuatnya, pertama kukus dulu ubi jalarnya sampai lembut karena awalnya masih panas silahkan tunggu dingin dulu untuk di campurkan bahan lainnya.

Setelah terasa sudah dingin ambil wadah lalu giling mengunakan gelas atau botol kaca sampai halus dan masukan 1 kuning telur dan 2 sendok teh vanili lalu giling lagi sampai halus dan aromanya merata.

Sebelum membuat racikan umpan diatas, sebaiknya ubi jalar yang akan kalian buat diperhatikan terlebih dahulu untuk yang di gunakan adalah ubi warna putih dan tidak terlalu lama cukup 5 atau 6, 7 hari saja sebelum kalian gunakan atau kalau bisa yang masih baru di ambil saja dari kebunnya karena ubi jalar yang sudah menkeriut akan menjadi lain saat di gunakan.

Kesimpulan
Beberapa umpan diatas sudah terbiasa untuk di gunakan memancing ikan tombro, jadi tinggal kalian perhatikan akan digunakan untuk mancing dalam kondisi yang cocok. Sambil kalian pilih umpan mana saja yang pas di tempat kalian memancing sehingga bisa untuk digunakan selanjutnya untuk mancing ikan tombro.