Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Wader Yang Besar, Tanpa Ribet dan Cepat Jadi

Umpan untuk mancing ikan wader yang besar saja memang perlu yang khusus, bila hanya mengunakan umpan standart biasanya besar kecil makan semua.

Tapi lebih sering ikan wader yang kecil-kecil saja memakan umpan yang digunakan karena yang besar biasanya hanya melihat saja.

Umpan untuk mancing ikan wader yang besar

Tapi berbeda bila saat kita mancing mengunakan umpan yang tepat, pasti sebelum ikan kecil memakan yang besar lebih dulu.

Intinya seperti ini, waktu kita akan memasukan umpan ke dalam air ikan kecil akan memakan umpan tapi karena aroma lebih kuat maka ikan besar datang langsung memakan umpan.

Silahkan kalian perhatikan bila ikan wader yang besar makan umpan, lebih cepat dan gesit ketimbang yang kecil.

Memancing ikan wader harus diutamakan dulu okasi tempat kita meletak umpan, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan wader.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam juga berarus sedang juga deras, karena pada titik ini ikan bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan wader yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpan yang jitu tadi.

Kunci pertama untuk mendapatkan banyak ikan wader pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan wader yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tadi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pastinya akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Tapi untuk bisa melihat pastikan saat kalian mancing di air yang bening dan juga tidak terlalu dalam.

Kalian pasti melihat jelas cara ikan wader memakan, jadi kurang lebih begitulah bila kita mancing dengan umpan yang di sukai maka yang besar terlebih dahulu.

Kecuali bila yang besar sudah tidak ada lagi maka yang makan umpan barulah yang kecil-kecil saja.

Nah beberapa umpan yang biasa digunakan untuk mancing wader yang besar saja sebagai berikut:

  1. Nasi Ketan dan racikan.
  2. Pelet 88 dan racikan.
  3. Mie Instan dan Racikan.
  4. Dan juga kroto angkrang.

Bila kalian mengunakan umpan diatas untuk mancing ikan wader yang besar boleh di coba!

Tapi sebelum kalian bisa mengunakan umpan diatas, ketahui dulu cara untuk membuat supaya pas saat akan digunakan.

Umpan Ikan Wader Nasi Ketan

Untuk membuat umpan ketan ini, pastikan kalian memiliki nasi atau pulut, setidaknya beras lah yang akan dimasak dulu.

Bila belum punya, bisa kalian beli dulu dipasar beras ketan kemudian rebus sampai masak.

Untuk takaran memasak tinggal disesuaikan, ketika sudah masak ambil secentong saja lalu siapkan wadah.

Masukan ketan yang baru jadi tadi, kemudian campurkan dengan vanila kue lalu aduk mengunakan alat apa saja yang penting bercampur rata.

Setelah pulen, tunggu beberapa saat sampai agak dingin lalu masukan ke plastik setengah kiloan yang tidak mudah sobek dan umpan siap digunakan untuk mancing ikan wader besar.

Untuk mengunakan tidaklah rumit, tinggal buat bolongan lalu ambil ketan dan pasang ke mata kail pancing yang halus dan tajam, tinggal mancing saja kan!

Pelet 88 Untuk Umpan Ikan Wader

Untuk pelet ini bisa beli di toko pancing, bila sulit di temukan bisa kalian ganti dengan Pelet joss atau apa saja yang penting pelet pakan ikan.

Untuk membuatnya, silahkan ambil wadah terlebih dahulu lalu ambil 4 sendok makan pelet yang telah kalian siapkan atau takaran menyesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah kalian masukan ke wadah siram dengan air panas, kurang lebih hanya untuk menghancurkan pelet saja.

Setelah hancur tambahkan pasta pandan hijau setengah sendok teh lalu aduk sampai rata, setelah merata tinggal pindahkan juga ke plastik dan umpan pelet siap untuk kalian gunakan memancing ikan wader.

Mie Instan Racikan Umpan Ikan Wader

Selanjutnya kita mengunakan Mie Instan saja terkesan cepat juga sih di makan ikan wader.

Untuk yang pertama tanpa bahan tambahan saja langsung Mie Instan goreng tapi jangan gunakan bumbu dan minyaknya cukup ambil saja mie.

Silahkan kalian rendam dengan air panas supaya ngembang dan lembut setelah selesai tunggu dingin dan siap untuk kalian pakai.

Hanya tinggal di cuil-cuil kecil saja mengunakan kuku, lalu pasang ke mata kail untuk yang simpel ini jangan disepelehkan karena termasuk umpan jitu untuk mancing wader.

Bila kalian ingin membuat dengan racikan pertama saat dikeluarkan dalan keadaab kering silahkan tumbuk dulu sampai halus.

Untuk lebih cepat menghaluskan tinggal blender saja, setelah halus biarkan dulu karena kalian harus mengocok kuning telur ayam dulu sampai berbusa bila sudah selesai ngocoknya barulah di campurkan ke mie yang sudah halus dan aduk sampai pulen.

Lebih cepat untuk prosesnya masukan saja ke plastik dan lumat pakai tangan, setelah pulen siap deh kalian gunakan untuk mancing.

Mancing Ikan Wader Pakai Umpan Keroto

Kalau untuk kroto ya siapa yang tidak tau, kalau ini bisa digunakan untuk mancing ikan wader yang besar-besar tapi yang kecilnya juga mau makan ini sih, jadi sulit di fokuskan untuk umpannya.

Tapi kalau kalian tetap ingin mengunakan keroto untuk umpan ikan wader sebaiknya sebelum di gunakan kalian siram air panaslah terlebih dahulu supaya aroma kroto tidak mudah hilang begitu saja.

Karena ini sudah termasuk umpan yang umum untuk mancing ikan wader jadi tinggal kalian gunakan saja atau memilih untuk membuat umpan yang sudah saya sebutkan diatas tadi.

Tapi juga mengunakan umpan keroto ini jangan salah-salah karena bukan hanya mentok untuk ikan wader saja yang memakannya, tapi ikan lain seperti Baung, Keting, Betok, Lele dan sebagainya juga mau memakan keroto jadi pas kalian gunakan umpan ini maka akan ada banyak ikan lainnya ikut makan, jadinya Hoki deh.

Kesimpulan
Dengan bertambahnya pengamalan untuk membuat umpan ikan wader diatas setidaknya juga akan menambah untuk pengetahuan kita, yang mungkin sebelum mengetahuinya kita memang belum tau sama sekali, dengan membaca diartikel blog ini jadi tau umpan apa saja yang bagus di gunakan untuk mancing ikan wader ukuran besar!