Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Mancing Ikan Kerapu, Paling Banyak Dipakai!!!

Mancing ikan kerapu ternyata susah-susah gampang juga ini, terlebih bila belum bisa mempresiksi pasang surutnya air laut bisa jadi zonk.

Juga saat memancingnya jadi mesti ada pemancing yang berpengalaman untuk teman memancing kalau tidak was susah juga, terlebih bila kita masih terbila pemancing baru untuk ikan kerapu.

Mancing ikan kerapu ternyata susah-susah gampang

Tapi walaupun baru saja memancingnya dan kena, pasti akan membuat ketagihan untuk mancing ikan kerapu.

Nah untuk kalian yang dirasa masih baru untuk mencoba mancing ikan kerapu tidak ada salahnya untuk sama-sama belajar.

Untuk yang dipelajari hampir sama saja dengan yang lainnya, seperti umpan dan teknik mancingnya selain itu ya tidak ada lagi sih karena yang paling penting adalah umpan dan teknik mancingnya saja sih.

Untuk memancing ikan kerapu ini setidaknya ada 2 teknik yaitu.

Tajur dan Jingging jadi mengunakan umpannya juga mesti bermacam-macam sih supaya pas untuk memancingnya.

Tinggal sesuaikan dulu tekhnik mancing yang akan digunakan barulah sesuaikan dengan umpan yang akan digunakan.

Contohnya begini, kalian akan mancing teknil tajur enggak mungkin kan pakai umpan jingging pastinya salah kaprah dibuatnya, walaupun tetap dapat tapi kan bukan cara memancingnya ikan kerapu seperti ini.

Tinggal gunakan cara yang pas dan juga umpan yang pas supaya maksimal saat memancingnya.

Cara Mancing Tajur Ikan Kerapu

Untuk cara memancingnya dengan teknik tajur hampir sama saja dengan yang lainnya, bila kalian mengunakan kapal pastinya sudah ada lubang untuk menajur pancing yang kalian gunakan.

Untuk panjang senar yang digunakan menyesuaikan saja karena tergantung kedalaman air, bila kalian memancingnya dari pinggiran laut usahakan kalian mengetahui bahwa lokasi kalian itu tempatnya ikan kerapu dan membuat cagakan supaya joran pancing yang kalian gunakan tegak terus.

Bila pancing yang kalian gunakan lebih dari 1 sebaiknya bagian ujung joran pancing kalian diberi Lonceng atau Bel supaya saat ditarik ikan kerapu kalian bisa mengetahuinya.

Kecuali bila joran yang digunakan hanya satu jadi kosen memperhatikan ujung pancing mentiung saat dimakan ikan.

Tidak ada perbedaan lainnya sih sebenarnya dengan mancing liar di sungai atau rawa-rawa.

Jadi tidak begitu ribet bila akan memancingnya, tinggal sesuaikan umpan yang akan kalian gunakan.

Umpan Alami Ikan Kerapu

Untuk umpan yang bisa kalian gunakan memancing

Untuk umpan yang bisa kalian gunakan memancing ikan kerapu secara alami adalah jenis ikan juga seperti:

  1. Ikan Tongkol.
  2. Ikan Sarden.
  3. Ikan Teri.
  4. Sotong.
  5. Dan Cumi-cumi.

Tapi untuk mengunakan umpan diatas tidak bisa hidup karena hanya mengunakan dagingnya saja.

Sebagai rekomendasi gunakan daging ikan tongkol.

Jadi hanya cukup tinggal iris sebesar ukuran yang disesuaikan dengan mata kail yang kalian gunakan.

Sedangkan ikan sarden dan Teri kurang lebih sama saja dengan cukup diambil dagingnya saja lalu pasang dimata kail pancing yang kalian gunakan termasuk sotong dan cumi-cumi gunakan yang mati saja.

Uniknya dalam mengunakan umpan-umpan diatas tidak perlu besar cuma-cuma, cukup di cantelkan saja dan pastinya bila terlihat ikan kerapu pasti di sambar.

Cara Jingging Mancing Ikan Kerapu

Bila kalian mengunakan trik Jingging untuk memancing ikan kerapu, maka cukup bawa 1 saja untuk digunakan, kalaupun membawa 2 palingan hanya untuk cadangan saja.

Sedangkan untuk caranya kurang lebih sama saja, tinggal Jingging terus sampai disambar.

Tidak perlu dengan beraneka macam cara yang penting lempar dan denyut terus umpan dan pancing yang digunakan.

Saat strike barulah diangkat sesuai dengan cara menariknya yang penting semua peralatan mendukung termasuk Reel dan senar yang kalian gunakan.

Bila tidak mendukung ya bisa-bisa senar putus ataupun Reel pancing menjadi rusak jadi harus disesuaikan betul saat memancingnya.

Bila peralatan memadai, ya cukup tinggal pilih umpan yang cocok untuk kalian gunakan saja, tinggal jingging saja.

Umpan Minnow Jingging Ikan Kerapu

umpan minnow jingging ikan kerapu

Mengunakan berbagai Umpan tiruan memang tempatnya Jingging tapi bukan berarti bisa mengunakan berbagai Minnow saja, harus tepat yang digunakan lebih kurangnya membuat ikan kerapu mengejar untuk disambar.

Sedangkan untuk mereknya ada banyak sekali, tapi tetap namanya Minnow atau anak ikan tiruan sebaiknya mengunakan yang bisa bergerak atau lebih top lagi memiliki rangkaian layaknya bulu yang lebih disukai ikan kerapu.

Pada umumnya umpan jingging tinggal beli perkotak saja yang lengkap dengan berbagai pilihan, bila membeli yang per biji terkadang masih ada yang belum cocok untuk digunakan sehingga butuh lebih dari 1 saat akan digunakan.

Kalau ada bermacam-macam maka tinggal pilih yang cocok dan langsung di gunakan.

Terkesan simpel hanya saja arahnya berbeda dengan Casting bila jingging memang di gunakan saat memancing di laut sedangkan Casting ya dirawa dan sungai juga arah melemparkannya harus tepat.

Kesimpulan
Memancing ikan kerapu memang tidak mudah, juga bukan sulit tinggal pemancingnya yang disukai dengan teknik trik apa dan juga umpan yang cocok apa untuk digunakan bila sudah pas kemungkinan sudah enak saja mendapatkan ikan kerapu yang besar dan sesuai dengan keinginan.