Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Nilem, Besar Kecil Kena Pancing

Umpan ikan nilem memang sangat dibutuhkan sekali untuk mancing, karena bila salah-salah mengunakan maka tidak akan dapat sama sekali ikan nilem yang sedang dipancing.

Maka dari itulah untuk yang sedang ingin memancing nilem mungkin beberapa umpan yang akan dibagikan berguna untuk kalian pakai.

cara cari umpan mancing untuk ikan nilem

Tapi jangan lupa, sebelum pergi memancing persiapkan dulu dengan mencari beberapa umpan, setelah siap barulah berangkat.

Jangan nanti mau berangkat pas sibuk nyari umpan saat akan memancing bisa ngabiskan waktu saja kan.

Memancing ikan nilem hal yang perlu diutamakan dulu adalah lokasi tempat kita meletak umpan, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan nilem.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam dan berarus sedang hingga deras, karena pada titik ini ikan nilem bisa melihat keberadaan kita, dengan begitu bila mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya kita letakan.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang kuat, halus dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan nilem yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kunci utamanya hanya itu saja pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan nilem yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tadi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pastinya akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Bila kalian sudah niat dan menyiapkan waktu, berikut beberapa umpan yang bisa kalian gunakan untuk mancing ikan nilem:

  1. Nasi Hangat.
  2. Roti Chrispy.
  3. Kroto Angkrang.
  4. Dan cacing sampah.

Beberapa umpan diatas termasuk yang top digunakan untuk mancing ikan nilem.

Selanjutnya tinggal kalian saja mau mengunakan umpan yang mana saja tinggal cari dan pakai, tapi tau tidak kalian cara mencari beberapa umpan diatas?

Kalau belum tau caranya ya meleset juga, seperti nasi hangat bukan nasi begitu saja yang akan kalian gunakan tapi ada caranya loh.

Untuk lebih jelas biar saya coba jelaskan.

Cara Buat Umpan Mancing Pakai Nasi Putih

Untuk membuat yang pertama, siapkan dulu plastik setengah kiloan, usahakan memilih yang tidak mudah sobek plastiknya.

Setelah disiapkan buat dulu berapa banyak yang akan kalian gunakan misal orang 3 yang akan berangkat maka 1 centong sudah cukup.

Kalian ambil dulu Nasi usahakan yang masih hangat lalu taburkan Vanilla kue bertahap, taburkan seujung sendok teh dulu lalu lumat-lumat mengunakan tangan.

Bila sudah selesai ulangi lagi minimal sampai 4 kali dan aroma nasi menjadi wangi.

Setelah jadi perhatikan tekstur nasi yang kalian lumat tadi, bila bentuknya kenyal berarti sudah jadi tapi bila bentuknya masih seperti nasi itu belum jadi, terpaksa harus mengulangi untuk melumat sampai kenyal.

Kalau sudah jadi betul baru buat bolongan di ujung plastik, lalu pencet untuk mengeluarkan, bila hasilnya tetap lengket berarti sudah pas dan siap untuk di gunakan.

Umpan Ikan Nilem Dengan Roti Keju Crispy

Biasanya kalau orang mengunakan umpan ini bisa bertahan sampai 2 mingguan bila tidak sambil dimakan tapi.

Bila sambil dimakan ya pasti sehari juga sudah habis kan.

Untuk membuatnya tidak terlalu repot, tapi juga ada yang repot sih membuatnya, usahakan dulu yang simpel dan cepat saja.

Pertama siapkan plastik yang tidak mudah sobek lalu ambil 3, 4 atau 5 keping Roti Keju Chrispy atau sesuai dengan yang kalian butuhkan.

Selanjutnya rendam dulu Roti yang sudah kalian keluarkan tadi, tidak perlu waktu lama merendam cukup sekilas saja paling 5 detikan sudah cukup, lalu masukan ke dalam plastik dan lumat sampai pulen.

Kalau sudah pulen tidak buat bolong di ujung pakai gunting, dan tes umpan sudah pulen atau belum.

Untuk mengunakan umpan ini akan lebih top bila belum digunakan sama sekali untuk mancing nilem di lokasi tersebut.

Untuk membuat yang ribet ambil 5 keping roti lalu giling di dapur sampai halus, selanjutnya ambil gelas lalu masukan kuning telur, boleh ayam, bebek dan sebagainya yang penting ambil kuningnya saja.

Setelah dimasukan ke dalam gelas kocok sampai berbusa, lalu campur ke roti yang sudah kalian haluskan tadi dan aduk pakai sendok sampai merata, bila sudah pulen pindahkan ke plastik untuk wadahnya.

Cara Cari Kroto Semut Angkrang Untuk Umpan Ikan Nilem

Kalau nyari kroto ada yang mudah dan sulit juga ini, untuk yang biasa digunakan pasti yang sulit dulu, untuk cara nyarinya sebagai berikut.

Pertama carilah daun pohon yang dibuat untuk sarang semut angkrang, lalu gunakan alat untuk mengambil.

Setelah jatuh pergi menjauh dulu, karena biasanya masih banyak semut angkrang yang bertebaran kalau mendekat ya tetap di gigitlah.

Bila sudah terlihat sedikit semut yang masih hidup, barulah mendekat dan ambil kroto yang ada di sarangnya.

Selanjutnya tinggal bawa pulang, dan bersihkan ambil saja murni kroto.

Lalu bawalah mancing, sebaiknya siram dulu dengan air panas supaya nanti kalau dipakai mancing umpan tidak langsung hancur.

Bila cara diatas termasuk rumit untuk kalian kerjakan, ambil yang simpel dan mudah saja dengan cara membeli langsung kroto.

Bila untuk mancing ikan nilem palingan hanya butuh setengah ONS saja, itupun sudah cukuplah.

Cari Cacing Sampah Untuk Mancing Nilem

Umpan ini lagi, pasti paling mudah untuk ditemukan tapi hanya untuk yang tau saja.

Bukan hanya cukup cangkul dan ambil cacing, kalau itu cacing tanah bukan sampah, untuk mancing ikan nilem yang dibutuhkan adalah cacing sampah.

Kalian bisa mencari cacing yang biasanya ada di kotoran, seperti kotak sampah yang bau dan berair biasa kan ada cacing dilokasi seperti ini, atau di kedebok pisang yang sudah busuk ada juga cacing.

Kurang lebih yang kalian gunakan cacing sampah lah, baik itu dimana saja yang bisa ditemukan.

Untuk contoh cacing, itu warna merah dan mudah putus pasti kalian paham jenis cacing yang seperti ini.

Nah beberapa umpan diatas silahkan kalian coba yang mana saja, karena semuanya termasuk yang pernah dicoba hampir semua pemancing jadi tidak perlu di ragukan lagilah untuk memancing ikan nilem ini.

Kesimpulan
Mancing ikan nilem mengunakan umpan diatas bisa pas dan juga tidak, bila kalian memancing belum bisa memilih tempat lokasi dari ikan nilem.

Tapi bila kalian mengetahui lokasi pemancingan pasti akan memilih umpan yang mana paling cocok lalu di gunakan terus-menerus tanpa henti.