Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Pari Laut dan Air Tawar

Umpan untuk mancing ikan pari secara alami memang sulit untuk di tentukan, karena kalau secara alami tentu kita tidak bisa melihat langsung apa saja yang sering dimakannya.

Tapi kalau untuk umpan mancing yang digunakan lalu sering dapat ikan pari, pasti ada cukup banyak jenis yang bisa digunakan, yang penting kita mau mencari dan mengunakan.

Umpan untuk mancing ikan pari

Tapi sayang ikan pari yang akan kita bahasa disini ada di 3 lokasi yang berbeda, jadi bila kalian ingin memancing pastikan mengunakan umpan yang sesuai. 3 spot ikan pari tersebut di:

  1. Air laut dan Pantai.
  2. Muara Sungai Ke Laut.
  3. Dan Sungai Biasa.

Dengan perbedaan keberadaan diatas pasti umpan yang mereka makan juga berbeda.

Memancing ikan pari yang paling penting diutamakan adalah lokasi tempat kita meletak umpan dulu, jadi harus tepat menentukan yang pas dan banyak ikan pari.

Untuk yang harus diperhatikan adalah bagian yang dalam dasaran, karena pada titik ini ikan pari bisa melihat keberadaan kita saat memancing, dengan begitu bila ikan pari mulai rasa sensitif yang kuat akan lebih sering menghindar dan diam saja walaupun umpan berada didekatnya.

Karena inilah dibutuhkan senar pancing yang halus, kuat dan mengandalkan bias tinggi agar lebih samar dilihat ikan pari yang kita pancing mengunakan umpan, jadi hal yang harus diperhatikan bukan saja sekadar umpan jitu tapi juga senar dan lokasi tempat kita meletakan umpannya tadi.

Kuncinya pastikan dulu bagian yang kita pancing itu dalam, karena rata-rata ikan pari yang besar dan berkumpul itu memang dilokasi seperti ini jarang di dangkalan.

Setelah bisa memprediksi, barulah start untuk semua yang akan kita gunakan atau persiapan.

Bila hanya sebatas umpan tentu ada banyak yang bisa digunakan, sekali meracik dan merubahnya menjadi jitu saat dipakai nanti sudah gacor waktu dipasang ke mata kail.

Jadi jangan hanya mengandalkan untuk umpan yang jitu saja, walaupun tetap di utamakan tadi semuanya harus terkontrol dan sesuai untuk kita pancing, seperti beberapa hal diatas tadi.

Bukan hanya sebatas umpan saja ya, karena mengunakan yang umum saja bila sudah tepat cara perhitungan pastinya akan strike dan bawa pulang banyak ikan juga.

Sama dengan umpan yang akan kalian gunakan, pasti beda walaupun sama nama tapi tetap saja berbeda, tinggal lokasi mancing lah yang di sesuaikan.

Bukan hanya umpan saja yang harus kalian ketahui bila ingin memancing ikan pari, tapi cara mancing dan waktu yang harus tepat, sebaiknya disesuaikan juga supaya hasil pancing akan sesuai, yang pasti senang karena sudah strike ikan pari.

Nah berikut akan coba kita bahas dari umpan yang umum saja sekaligus cara untuk mencarinya.

Umpan Ikan Pari Sungai

Untuk yang pertama adalah ikan pari sungai, karena biasanya bila sudah strike akan terasa lebih bersemangat untuk memancingnya, beberapa umpan yang bisa kalian gunakan untuk mancing ikan pari sungai sebagai berikut:

  • Udang.
  • Kijing.
  • Anak Ikan Kecil.
  • Dan juga cacing kalung.

Beberapa umpan diatas paling sip untuk digunakan, namun yang paling top adalah udang, kijing dan anakan ikan bila sulit ditemukan maka gunakan saja cacing kalung yang besar.

Jadi sebelum akan berangkat untuk memancing ikan pari pastikan dulu bahwa umpan-umpan diatas sudah disiapkan untuk tinggal dibawa dan mengunakan saja.

Pas sampai di lokasi tinggal pasang umpan ke mata kail pancing lempar deh ke air, selanjutnya tinggal nunggu saja ikan pari memakan umpan dan strike.

Umpan Ikan Pari Di Muara Sungai ke Laut

Bila lokasi tempat kalian memancing ikan pari di muara sungai maka pasti kan untuk mengunakan umpan yang berbeda walaupun masih sedikit mirip dengan nama seperti:

  • Udang Muara.
  • Kijing Muara.
  • Cacing Kalung.
  • Dan Anakan Ikan Di Muara Juga.

Umpan diatas mesti kalian siapkan dengan cara mendapatkan dilokasi mendekati seperti Udang muara, kalian sebaiknya menemukan udang tersebut di lokasi memancing setidaknya mendekati.

Sama dengan Kijing, kalau bisa usahakan saat mencari yang mendekati muara termasuk anak ikan yang kecil-kecil juga yang terbiasa di sana.

Sedangkan cacing kalung ya hanya mengikuti saja tapi tetap cepat juga mendapatkan ikan pari bila mengunakan umpan ini.

Untuk mengunakan umpan yang saya sebutkan diatas hanya bila kalian memancing di muara saja.

Bila akan kalian pancing ikan pari laut tentu akan berbeda umpan jitu yang akan di gunakan.

Umpan Ikan Pari Air Laut

Nah ini yang sip lokasi mancing, tapi bila memancing dari pinggiran ya hampir tetap saja lah seperti lokasi lain hanya saja untuk mengunakan umpan pasti berbeda, tapi ada yang sama nama saja.

Berikut umpan yang mesti kalian bawa bila ingin mancing ikan pari laut:

  • Udang Laut Ukurannya Besar.
  • Gurita, Potong Bagian Yang Akan Digunakan.
  • Sotong Ukurannya yang menyesuaikan.

3 umpan diatas boleh dicoba untuk memancing ikan pari laut termasuk saat mancing dari pinggir pantai.

Kalau lagi ada ikan pari yang mengetahui umpan diatas tadi, tidak akan butuh waktu lama untuk memancingnya pasti langsung di sambar.

Terlebih bila ikan pari laut, tidak akan perlu waktu yang lama untuk menunggu, karena umpan diatas termasuk makanan sehari-hari ikan pari bila digunakan untuk umpan ya sedang pas banget.

Tapi inti dari memancing ikan pari ini hanya pas berada dilokasinya saja karena tidak semua tempat yang kalian pancing bisa ada ikan pari yang lewat atau disana.

Jadi bukan hanya umpan yang kalian butuhkan tapi juga tempat mancingnya usahakan yang sesuai, simpelnya di lokasi yang sering dapat ikan pari nah mancingnya disana saja! Sampai disini semogga berhasil mancing ikan pari di hari ini.