Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Mancing Udang Galah Capit Biru Di Sungai

Umpan udang Galah capit biru di sungai, sebenarnya ada bermacam-macam yang bisa digunakan, kadang tanpa disadari mengunakan umpan biasa pas dikira dapat ikan ternyata strike Udang Galah capit biru.

Seperti yang kita ketahui, udang capit biru memang habitat utamanya ada disungai.

Umpan udang Galah capit biru di sungai

Maka dari itu tak heran bila ada banyak sekali pemancing yang memang hanya menargetkan untuk memancing udang galah capit biru ini.

Bila sedang pas strike, nah disini dia sekali dapat sampai capek di buatnya untuk strike, karena kan ada beberapa trik untuk memancing udang galah ini selain hanya memikirkan umpan yang akan digunakan saja.

Kalau hanya umpan kan ada banyak sekali yang menjadi makanan alami dari udang galah ini jadi tak heran bila pas pada tempatnya maka sering kena pancing juga padahal awalnya tidak niat untuk mancing udang.

Maka dari itu, untuk kalian yang senang memancing udang galah capit biru ini, sebaiknya perhatikan dengan tepat lokasi pemancingan kalian bila sudah pas bahwa itu habitatnya maka tinggal siapkan umpan yang cocok saja.

Sekaligus cara supaya banyak udang yang berkumpul di dekat kalian memancing walaupun tadinya hanya di jarak yang jauh karena aroma umpan yang kalian gunakan bisa mengundang udang galah bisa mendatangi umpan kalian.

Umpan Udang Galah Capit Biru

Untuk memancing udang galah, pastinya kalian harus menyiapkan umpan yang akan digunakan terlebih dahulu bukan? Nah adapun beberapa umpan alami yang sering digunakan untuk mancing udang ini adalah:

  1. Cacing Sampah / Lembut.
  2. Udang Mati.
  3. Dan Hati Ayam.

3 umpan diatas tidak akan meleset bila kalian gunakan untuk mancing udang galah.

Bukan hanya sebatas itu saja bahkan ikanpun akan ikut makan juga biasanya, sedangkan untuk cara mengunakannya tidaklah sulit.

Bila kalian mengunakan cacing sampah yang lembut, tinggal cantelkan ke mata kail pancing yang kalian gunakan.

Sedangkan untuk ukuran tingga sesuaikan saja yang penting tidak terlalu banyak dan sedikit saat digunakan.

Bila mengunakan udang mati, kalian cukup mengambil dagingnya saja dengan mengupas kulitnya untuk ukuran juga masih tetap menyesuaikan mata kail yang kalian gunakan lah pokoknya.

Untuk hati ayam, nah ini umpan yang tepat sekali untuk kalian gunakan mancing udang galah capit biru.

Untuk mengunakannya cukup cuil mengunakan pisau karter atau kuku jari kalian, untuk ukuran besar kecilnya umpan tinggal menyeseuaikan dengan mata kail biasanya tidak lebih besar hanya pas saja.

Dengan mengunakan umpan diatas, masih terbilang umum untuk digunakan mancing udang galah capit biru, bila ingin membuatnya berkumpul di lokasi kalian memancing masih ada caranya.

Pakai Kelapa Untuk Mancing Udang Galah Sungai

Bila kalian ingin udang galah banyak mengumpul di tempat kalian mancing, kalian bisa mencoba untuk mengunakan kelapa tapi harus di buat dulu karena ada 2 macam yang sering digunakan.

Untuk cara membuatnya pertama cari dulu kelapa yang dirasa benar-benar tua.

Lalu kupas dan tinggal kalian persiapkan untuk membuat yang biasa atau khusus karena pembuatannya ada yang dibakar dan ada juga yang di sangrai (gongseng).

Tapi perlu kalian ingat untuk jangan digunakan jadi umpan, karena tidak akan dimakan udang galah capit biru selain itu untuk mengunakannya juga pastilah susah dipasang ke mata kail.

Jadi cukup di buat saja untuk mengumpulkan udang supaya yang di bagian bawah arus akan naik menemukan sumber aroma lalu memakan umpan utama yang kalian gunakan.

Kelapa Bakar Untuk Mancing Udang Galah

Untuk pembuatan yang pertama, silahkan kalian ambil setengah saja kelapa yang tadinya kalian kupas untuk digunakan.

Setelah itu, hidupkan api kompor atau pakai kayu lalu bakar bagian atas dan bawah kelapa sampai gosong kehitaman tapi hanya dibagian luar saja tidak hagus semua. Cukup hitamkan saja warnanya.

Setelah jadi, ambil kawat ukuran sedang tidak terlalu besar lalu buat bolongan di tengah kelapa tadi dan masukan ujung kawat untuk membuat gantungan supaya saat kalian berpindah-pindah lokasi mancing udang masih tetap bisa dibawa.

Sedangkan untuk mengunakannya tinggal kalian celupkan saja saat mancing, tapi ingat arah kalian mancing bila pindah jangan ke bagian bawah arus sungai harus naik ke atas terus karena udang galah yang datang melalui arus bawah sungai itulah jadi bila arah kalian ke bawah pastilah udang galahnya sudah naik.

Bila kelapa bakar di atas kurang efektif kalian bisa mencoba cara selanjutnya.

Kelapa Parut Untuk Mancing Udang Galah

Untuk membuatnya, silahkan kalian parut dulu kelapa yang sudah di siapkan tadi, untuk banyaknya tinggal mengikuti saja seberapa banyak yang kalian butuhkan.

Lalu siapkan kuali dan alat untuk mengaduknya lalu gongseng saja langsung tanpa minyak sampai warna dari kelapa berbeda menjadi kecoklatan dengan aroma yang wangi.

Setelah itu kalian tinggal menyiapkan wadah untuk merendamnya bisa mengunakan:

  • Kaos Kaki
    Cukup masukan kelapa tadi sesuai kebutuhkan kalian, pas sampai tempat mancing juga tinggal rendam saja jangan lupa tambahkan tali atau apa saja supaya mudah untuk memasukan ke air dan mengambilnya lagi bila kalian akan pindah.
  • Plastik Kiloan.
    Bila ingin mengunakan plastik setidaknya kalian membuat 2 atau 3 wadah untuk kelapa tadi supaya ada cadangan dan minimal 1 pembuatan wadahnya mengunakan 2 lampis plastik supaya tidak mudah habis isi kelapanya, sebelum di gunakan tusuk-tusuk terlebih dahulu mengunakan garpu atau lidi supaya aromanya nanti akan keluar saat di rendam ke air.

2 cara diatas memang menjadi pemakaian umpan untuk kelapa yang diparut lalu di gongseng, bila kalian masih ada cara lain untuk mengunakanya ya dipersilahkan.

Intinya mengunakan umpan-umpan diatas dengan kelapa untuk mengumpulkan hanya ditrik mancingnya saja untuk selalu ke arah atas bila ingin pindah mancing udangnya.

Mancing Udang Galah Sungai Tidak Pernah Dapat

Untuk permasalahan pemancing udang ya disini, kalau sebelumnya sering dapat tapi akhir-akhirnya malah tidak dapat lagi.

Hal seperti ini sebaiknya diketahui dulu letak permasalahannya, bisa jadi karena cuaca yang tidak mendukung membuat air menjadi dingin sehingga udang galah memang tidak mau makan umpan, tapi biasanya kalau masih ada hari yang panas maka tetap akan dimakan karena suhu air berubah.

Atau juga seperti ini, sekarang kalian mancing udang tidak dapat, saat mancing di lain waktu tetap dapat nah itu memang sering terjadi bukan hanya pada diri kalian sendiri hampir semua pemancing pasti pernah mengalamainya karena tidak selalu mancing itu harus dapat udang.

Bila kalian mancing sudah tidak pernah dapat lagi udang galahnya, nah ini baru jadi pertanyaan serius dalam hati, bisa jadi ada banyak sekali permasalahannya.

Mulai dari limbah yang di buang ke aliran sungai sampai memang sengaja ada yang meracuni untuk mendapatkan udang galah yang lebih banyak didapat.

Untuk yang kebanyakan terjadi adalah di racuni seperti putas, akodan dan sebagainya supaya bisa mendapatkan udang banyak dan bisa dijual untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Tapi sering juga terjadi, bila di bagian atas sungai terdapat perusahaan atau pengelolahan apapun yang membuang limbah namun mengandung zat yang tidak di sukai udang galah pastinya mereka akan pindah untuk mencari lokasi air yang cocok untuk kehidupannya.

Nah sampai disini semogga berbagi cara untuk memancing udang galah capit biru diatas bisa memberikan kalian strike yang cukup mencapekan.