Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jadi Youtuber Mancing, Terapkan Cara Ini!

Tips untuk jadi Youtuber Mancing yang serius membutuhkan penerapan channel yang tepat termasuk saat mengupload videonya, jadi bukan hal yang mudah membuat sebuah channel YT menjadi besar sesuai dengan yang kita harapkan tapi setidaknya kita bisa melakukan beberapa hal untuk mengembangnya.

Jadi mencari tips dan caranya inilah yang kadang kebanyakan belum banyak yang mengetahuinya

Jadi mencari tips dan caranya inilah yang kadang kebanyakan belum banyak yang mengetahuinya, yang di fokuskan hanya cukup upload konten saja lalu berharap bisa berkembang lalu tidak berselang lama bosan dan mulai enggan untuk meneruskan channel YT mancing.

Itulah kebanyakan pemilik channel mancing yang sering update video dengan penuh harapanya, tinggal lihat saja channel tersebut cepat atau lambatnya nanti akan berangsur-angsur tidak upload lagi dan mulai stop ngabisin quota Internet untuk jadi youtuber mancing.

Tapi alangkah baiknya bila punya harapan mengurus channel YT mancing, mempelajari semua kekuarangan yang ada pada diri lalu menerapkan semua yang sudah dipelajari dan selanjutnya tinggal fokus saja upload video untuk di tonton pengemar atau teman-teman sesama mancing kita.

Nah untuk kalian yang membutuhkan informasi seputaran Youtuber Mancing dan mensetting semuanya maka tidak ada salahnya kalian mencoba untuk menerapkan melalui artikel yang akan kami tuliskan mulai dari Nol sampai tinggal fokus upload konten saja.

Dimulai dari Nol ya, tapi sebelum membuatnya pastikan dulu kalian sudah membuat 1 video untuk bahan tes upload yang pertama kalinya.

Baru Pertama Buat Channel Youtuber Mancing

Beberapa langkah pertama untuk jadi youtuber mancing harus menyiapkan semua keperluannya, setelah itu baru ambil hp dan setting untuk mencocokan karakter atau Niche lengkap dengan semua pengaturannya.

Beberapa tahap awal ini yang harus kalian tentukan dengan tepat adalah:

  • Akun gmail lengkap.
  • Keseluruhan settingan channel.
  • Memahami isi video yang akan dibuat.
  • Dan beberapa tambahan yang dibutuhkan.

Beberapa hal diatas masih bergantung pada tekat dan niat kalian untuk fokus, maka dari itu bila kalian memiliki karakter mudah bosan pastikan untuk merubah dulu kebiasan tersebut dengan kesadaran hati ingin menjadi youtuber mancing.

Setelah kalian memiliki tekat yang kuat, pastikan cara yang akan kalian gunakan ini memang mulai dari awal bila sebelumnya kalian sudah meniliki channel saran dari kami cukup dirubah settingan pengaturan atau tetapkan saja dan lalu buat percobaan dengan membuat channel 1 yang baru.

Bila sudah mendapatkan kesimpulannya, sekarang kita bahas dari yang pertama dulu sebelum kalian teruskan nantinya.

Buat Akun Gmail Untuk Menjadi Youtuber Mancing

Untuk yang paling pertama sekali pastinya akun Gmail yang akan kalian gunakan, pastikan alamatnya mudah untuk di ingat misalkan nama lengkap atau sesuai dengan keinginan kalian.

Selanjutnya siapkan kata sandi yang mudah untuk kalian ingat tapi susah ditebak oleh orang lain, pastikan alamat Gmail dan sandinya terus aktif dan digunakan selamanya tanpa membuat yang baru, bila kalian sudah punya Akunnya maka tinggal rubah sandinya lalu siapkan Nomer yang selalu aktif untuk memverifikasikan ke akun Gmail yang akan kalian gunakan untuk menjadi youtuber mancing.

Setelah status ini terverifikasi, tinggal kalian masuk ke Youtube untuk membuat channel tapi harus ditentukan dengan yang tepat jadi berfikir dulu sebelum kalian membuatnya, maksudnya jangan buru-buru tapi pikirkan dulu.Akun gmail lengkap.

Nama Channel Youtube Yang Berhubungan Dengan Mancing

Nama channel mancing ini sebenarnya banyak yang menyepelehkannya, padahal kalau pas tepat maka akan lebih mudah memnculkan konten / video yang kalian upload karena sinkron dengan isi dari Niche channel yang kalian kelola.

Nah untuk menentukan nama channel ini ada 2 tips yang bisa kalian gunakan, dimana yang 1 pakai nama biasa sesuai nama asli kalian tapi proses berkembangnya lama atau gunakan nama yang berhubungan dengan sesuai Niche channel kalian yang berhubungan seperti:

  • Mancing.
  • Pemancing.
  • Fising.
  • Pancingan.
  • Dan sebagainya yang penting berhubungan.

Perlu di ingat bahwa pembuatan nama yang saya sebutkan diatas hanya untuk bersangkutan saja, bisa di depan nama kalian atau dibelakannya contoh: Hobi Mancing, Nama Mu Fishing, dan lain sebagainya.

Hubungan nama channel ini akan berpengaruh pada video yang kalian upload nantinya karena sistem YT akun lebih mendahului video kalian karena sesuai dengan Niche, walaupun nama sembarangan tetap di Indek tapi membutuhkan waktu yang lama untuk penyesuaian dari sistem YT tapi tetap Indek!

Ini adalah termasuk penyebab video yang kalian upload nantinya akan susah untuk berada di posisi teratas pencarian YT dan rekomendasi dari semua Fitur YT yang sudah ada.

Bukan hanya sebatas nama saja, masih ada yang lain lagi untuk kalian setting dipertama tahapan ini.

Menulis Tentang Mancing Di Channel Youtube

Tentang pada Channel ini mewakili dari mulai hubungan video juga akun yang kalian gunakan, inilah yang di sebut deskripsi untuk Channel mancing yang kalian kelola itu.

Tanpa kalian isi deskripsi ini tetap saja bisa tapi mengutamakan kepopuleran kalian, bila belum top bisa jadi lebih sulit untuk ditemukan video yang kalian upload kecuali artis ya pasti lebih mudah kan.

Jadi menulis deksripsi ini juga sebaiknya berhubungan dengan hobi kalian mancing contoh penulisanya kurang lebih seperti ini:

Channel youtuber mancing yang akan berbagi tentang Strike ikan Nila, Mujair, Patin, Lele kolam dan juga sering mancing disungai alam liar.

Kunci penulisan deskripsinya ambil saja singkat tapi tepat, sedangkan jumlahnya cukup saja 150 karakter walaupun bisa melebihi itu tinggalan saja untuk menuliskan deksripsi tanpa hubungan dan bersangkutan pada channel kalian.

Nah setelah membuat nama dan tentang ini selesai, selanjutnya tinggal kalian tambah Foto Profil dan juga Banner channel youtube kalian supaya lebih menarik untuk di lihat dan mulai setting semua isi channel kalian tapi jangan lupa untuk menambah tag-tag untuk channel kalian karena ini tetap akan dibutuhkan.

Cara Buat Tag Niche Channel Mancing

Untuk menambahkan tag kalian membutuhkan lewat Aplikasi Google Chrome atau Laptop supaya cepat menambahkannya lewat Dasboard Studio YT.

cara buat tag niche channel mancing

Untuk caranya silahkan klik gambar Gir pojok kiri bawah, setelah itu tambahan beberapa tag yang berhubungan dengan Niche channel kalian yang berhubungan dengan seputaran mancing karena Sistem akan menentukan Urutan yang menjadi Niche untuk yang pertama lalu Sub-Niche untuk perkembangannya.

Jadi isikan yang dibutuhkan saja seperti: Mancing (Niche) lalu beri tambahan Mancing Sungai, Mancing Kolam, Mancing ikan Lalu Tambahkan minimal 3 karakter seperti: Mancing Ikan Patin, Mancing Ikan Nila, seterusnya tapi jangan lupa untuk menambahkan tanda Koma setelah mengisikan tag.

Setelah semuanya selesai klik simpan (save) pada pojok kanan bawah, tapi perlu di ingat jangan membingungkan sistem YT dengan mengisikan Tag yang tidak ada hubunganya dengan mancing karena bila salah semua akan di abaikan dan akhirnya hanya mengambil Tag yang banyak menyukainya saja bila tidak sesuai dengan kontennya nanti maka akan sia-sia saja usahakan kalian.

Setelah selesai lanjutkan untuk menambahkan settingan lainnya lagi upload saja dulu video yang tadi sudah kalian siapkan untuk yang pertama.

Verifikasi Channel Youtuber Mancing dan Gmail

Ini termasuk penting tapi tidak harus dilakukan, tapi bila kalian pertama kali upload tadi sebaiknya diverifikasikan channel kalian supaya mendapatkan penilaian yang lebih dari pihak YT untuk selanjutnya seperti Upload video berdurasi panjang dan menganti Thumbnail (Gambar Video) dengan khusus.

Jadi yang dibutuhkan verifikasi dari YT ini ada 2 yaitu mengunakan Nomer hp untuk tujuan menganti Thumbnail dan verifikasi mengunakan KTP untuk tujuan mendapatkan status terverifikasi.

Untuk cara yang pertama, sebaiknya kalian mengunakan Aplikasi Google Chrome atau Studio Youtube Apps untuk caranya sebagai berikut:

  1. Lewar Google Chrome
    Pertama silahkan buka aplikasinya lalu ketikan di URL atau mengunakan Pencarian inikan alamat ini "Studio Youtube" setelah bisa masuk klik logo Video di sisi kiri dasboard YT lalu klik pilih gambar Pensil pada video kalian, setelah terbuka ada 3l4 tampilan pilihan Tumbnail lalu pilih yang tanpa gambar pada pertama bagian kiri setelah kalian klik akan diminta mengisi untuk verifikasi mengunakan nomer hp tinggal kalian klik dan isi nomer hp lalu isikan nomer yang di kirim Google.
  2. Studio Youtube Aplikasi
    Kurang lebih caranya hampir sama saja, silahkan kalian klik gambar konten di sisi bawah tampilan setelah muncul video klik tanpa Titik 3 di sebelahnya dan klik bacaan Edit, setelah terbuka lanjutkan klik gambar pensil dibagian pojok kanan dan klik Kustom gambar nanti akan ada permintaan verifikasi juga seperti diatas tadi.

Diatas untuk kalian mendapatkan status verifikasi dengan nomer hp sedangkan pakai ktp caranya sedikit rumit juga sih.

Verifikasi KTP Untuk Youtuber Mancing

Untuk verifikasi dengan cara ini kalian harus lewat Google Chrome atau Laptop / PC dengan masuk ke Studio Youtube lalu klik bagian pojok kiri bawah dengan tampilan Gir.

Setelah tampilannya berbeda, silahkan kalian klik pengaturan selanjutnya kalian akan melihat beberapa tampilan kurang lebih seperti ini:

cara verifikasi ktp untuk channel mancing

Klik pojok kanan bawahnya lalu klik Verifikasi mengunakan KTP, kalian akan dialihkan ke Google dan tinggal ikuti saja permintaan yang di tentukan Seperti tanggal lahir, ubah bila ada yang salah dan abaikan jika benar dan klik selanjutnya ada permintaan untuk foto KTP kalian tinggal klik dan foto lalu kirim.

Selanjutnya kalian bisa cek dari Gmail bila di terima dan di tolak akan ada pemberitahuan, selanjutnya begini: Kalau di tolak usahakan untuk foto lagi karena ada 2 kali pengiriman setelah itu bila masih gagal harus menunggu sebulan dulu tapi kalau berhasil ya sudah.

Mengunakan cara ini sebaiknya KTP kalian disiapkan dulu, tapi sebenarnya verifikasi ini tidak terlalu di butuhkan karena cukup mendapatkan subscriber Fitur ini akan tetap aktif tapi waktu menunggunya cukup lama sebaiknya diverifikasi saja bila kalian ingin cepat mengunakan Fitur ini.

Bila kalian selesai dari langkah ini, selanjutnya tinggal setting yang lainnya saja lagi.

Tentukan Kategori Mancing Di Channel

tentukan kategori mancing di channel

Tujuan pengaturan ini supaya video yang kalian upload nantinya akan sesuai dengan apa isi dari konten yang kalian buat.

Cara mengantinya cukup lewat Goigle Chrome karena bila lewat aplikasi Studio YT nantinya akan dirubah terus bila kalian Edit video, untuk caranya silahkan kalian masuk ke Studio tadi lalu klik Gir seperti akan memverifikasi tadi tapi pilih yang bacaan Default di sisi kiri pilihan.

Kalian akan melihat bacaan Opsi Lainnya, pilih kategori karena tidak ada yang berhubungan dengan mancing maka pilih saja Kategori Hiburan lalu klik simpan di bagian pojok kanan bawah.

Dengan menyetting ini bila saat kalian mengupload video tidak perlu memilih lagi Kategori karena sudah otomatis pilihannya tadi.

Jadi bila sudah selesai tinggal setting bagian lainnya saja seperti Thumbnail, Tag, Judul, Deskripsi Video dan Tagar pokoknya lainnya harus disesuaikan lagi saat video yang kalian upload.

Bila menentukan kategori diatas sudah selesai, tahap awal pembuatan channel kalian sudah selesai selanjutnya tinggal kalian memahami tambahan yang lainnya seperti membuat video, mencari judul yang tepat dan lain sebagainya tapi tetap harus sesuai, tetap akan kita ulas sampai selesai!

Buat Video Mancing Supaya Banyak Penonton

Untuk membuat video supaya banyak yang nonton setidaknya video yang kalian buat bermanfaat atau setidaknya menghibur orang yang pertama sekali nonton video yang kalian upload.

Jadi untuk membuat video ini bisa langsung kalian rekam saat mancing sekalian terus sampai dapat, karena untuk membuat video mancing membutuhkan dapat ikan jadi kalau tidak dapat ya rekamannya tinggal hapus saja bila dapat tinggal edit untuk membuang durasi yang pas belum dapatnya.

Jadi usahakan untuk terus dapat ikan, tapi hindari untuk membuat video yang hanya memancing orang menonton hanya dengan menambahkan Judul dab thubnail yang menarik padahal isi videonya sama saja tidak menarik karena bila sekali orang sudah tidak tertarik sebagus apapun konten selanjutnya yang kalian upload bisa saja akan diabaikan penonton, jadi bersifatlah apa adanya.

Nah video mancing kalian sudah ada sekalian menarik strike ikan tinggal lanjutkan saja mulai dari edit, menyiapkan cara memilih judul lainnya, maka dari itu sebelum video yang kalian upload di publikasikan sebaiknya di Pribadi kan saja dulu untuk menyiapkan tambahan lainnya, namun tetap harus mulai lebih dulu dari editnya, kalian membutuhkan Aplikasi tambahan ini.

Tapi sebelum apa saja aplikasi yang kalian butuhkan, sebaiknya pahami dulu tentang durasi video yang akan kalian upload ke YT.

Durasi Video Mancing Yang Pas Untuk Di Upload

Video yang diupload, tidak membutuhkan panjang bila tidak bermanfaat dan menghibur, sedangkan pendek bila sesuai dengan keingin penonton lebih tetap berarti.

Maka dari itu, untuk membuat durasi video yang akan kalian tentukan sebaiknya di pikirkan dulu seperti ini:

Kalian upload video panjang tapi penonton tapi penonton tidak suka, biaa jadi malah akan pergi untuk meninggalkan video atau hanya di klik Next...Next...Next mempercepat durasi yang strike ikan.

Tapi bila video durasi pendek, ambil saja 3 menit tapi di tonton dari awal sampai akhir tanpa jeda, sudah pasti video kalian lebih direkomendasikan Fitur YT, jadi video ini bukan masalah panjang atau pendeknya durasi dari videonya tapi kembali pada seberapa terhiburnya penonton yang melihat video mancing kalian.

Nah bila kalian sudah mulai paham dengan durasi diatas, selanjutnya tingga edit dan buat thumbnail gambarnya.

Aplikasi Edit Video Mancing

Seperti biasanya, kembanyakan yang digunakan adalah Aplikasi Kinemaster tanpa watermark. Bila yang masih terbilang Install dari Google Play versi gratis nantinya tetap akan ada logo Kinemaster pada bagian pojok kanan video yang sudah kita edit.

Untuk mengunakan yang tanpa tanda, kalian harus mengunakan yang Versi Premium atau berbayar, tapi tetap saja kalian bisa mendownload tanpa watermark yang gratis tapi ini tidak saya rekomendasikan karena pasti akan ada saja Bug yang akan membuat error hp kalian.

Back To Edit! Setelah kalian menyiapkan aplikasinya, maka tinggal potong saja bagian yang tidak di perlukan, cukup ambil yang dapat ikan lalu tambahkan pernak-pernik yang cantik sehingga penontonnya akan terhibur dengan video hasil editan kalian.

Intinya, mengunakan aplikasi untuk mengedit video mancing kalian bila kalian belum begitu paham dengan aplikasi kinemaster sebaiknya di pelajari saja dulu sebelum Apps itu terlanjur kalian gunakan terus nantinya.

Nah setelah kalian paham dengan Aplikasi untuk mengedit videonya, kalian juga harus memiliki apps untuk membuat Thumbnail yang cantik dan menarik.

Aplikasi Untuk Buat Thumbnail Gambar Video Mancing Ikan

Aplikasi yang paling digunakan biasanya Pixelabs tapi yang lainnya tetap saja ada banyak, tapi untuk pengunaanya lebih cepat dan mudah dengan mengunakan Pixelabs ini.

Untuk mendownloadnya, kalian tinggal masuk ke Google Play lalu searh Pixelabs setelah ketemu klik Install selanjutnya tinggal kalian buka untuk mengetahui cara mengunakannya.

Gunakan saja foto contoh untuk hanya dipelajari, untuk ringkas dan mudahnya pertama saat kalian buka klik Gambar tong sampah di pojok kiri atas supaya bacaan Text terhapus dulu lalu kli Titik 3 dipojok kanan atas dan pilih Ukuran Tumbnail Youtube supaya ukuran nantinya saat kalian akan upload menganti gambar video sesuai.

Setelah ukurannya di terapkan, barulah kalian upload foto ke Pixelabs dengan mempelajarinya menambahkan Tulisan yang menarik, mengutak-atik gambarnya dan semuanya harus dipelajari dulu atau cukup hanya sesuaikan ukurannya saja melalui aplikasi tersebut.

Sesudah kalian paham dari segi gambarnya ini, kalian juga bisa mulai dari segi durasi video yang di edit mengunakan kinemaster tadi, sedangkan bila gambar pastinya kalian hanya akan mengunakan 1 saja untuk mengantinya nanti selanjutnya tinggal pelajari tentang Tag, Judul dan Deskripsi pada video yang akan kalian upload supaya lebih menyesuaikan lagi.

Mencari Buat Judul Untuk Video Mancing Yang Benar

Ini peran penting untuk di tentukan pada video yang kalian upload, membuat judul bisa kalian sesuaikan dengan video kalian tentang ikan apa yang sedang kalian pancing dan strike.

Perlu di ingat, bukan hanya sebatas membuat judul saja tapi harus kalian pilih secara tepat, contohnya:

Kalian lagi dapat ikan nila, maka pelajari dulu dengan Pencarian terbanyak tentang mancing ikan nila dengan mengunakan bantuan Mesin pencarian Youtube atau langsung ke Situs Trends Google, cara mengunakannya cukup kalian isi tulisan mancing ikan nila lalu akan tampil beberapa hal yang sedang Trend paling banyak dicari.

Karena kalian masih baru membuat Channel ambil saja lawan yang paling sedikit untuk saingan mancing ikan nila nya, contoh pencarian terbanyak tapi sedikit seperti ini:

Mancing ikan nila paling cepat dapat

Diatas adalah contoh untuk kalian lawab dengan menambahkan beberapa karakter dibagian depan atau belakangnya, contoh lagi: Wow Ini Dia Cara Mancing ikan paling cepat dapat.

Diatas hanyalah contoh bukan untuk hanya menambahkan tanpa isi yang sesuai, misalkan Cara mendapatkan tapi isi video kalian hanya mancing dan strike-strike saja aslinya kan tidak bermanfaat dan sama dengan isinya jadi pelajari untuk di sesuaikan bukan hanya sebatas untuk di ambil supaya banyak yang nonton melalui Judul yang kalian buat.

Bila kalian sudah paham dengan Judulnya, selanjutkan sesuaikan dengan isi deskripsinya lagi supaya benar-benar relevant video yang kalian upload.

Cara Buat Tulisan Deskripsi Video Mancing Yang Benar

Untuk membuat deskripsi sebenarnya tidaklah sulit, cukup kalian tulis mewakili isi dari video yang kalian upload tanpa menambahkan hal yang berkaitan, contohnya video kalian mancing ikan patin lalu isikan saja dengan beberapa tulisan yang jelas dan mengarah ke isi konten kalian.

Dalam membuat deskripsi ini tidak perlu kalian menambahkan tulisan yang tidak sama dengan isi konten kalian, sebut saja seperti kata-kata yang juah tidak berhubungan dengan konten.

Sedangkan untuk berapa karakter yang akan ditulis, tinggal cukupkan 500 atau 1000 karakter saja, kan kalian juga bisa mengetahui berapa banyak tulisan yang sudah kalian tulis.

Sebenarnya untuk membuat tulisannya tidaklah sulit karena cukup kalian buat yang berhubungan dengan video sesudah itu ya selesai tinggal tambahkan tanda pagar saja, minimal kan ada 3 saja yang bisa ditampilkan dibagian bawah video yang kalian upload.

Bila sudah paham dengan membuat deskripsi selesai sudahlah kalian memahami untuk membuat channel mulai dari Nol sampai akhir, karena sampai ditulisan ini kalian tinggal buat konten dan upload saja terus.

Kesimpulan
Karena ini hanya berbagai cara untuk memulai saja pembuatan channel youtuber mancing dan setting pengaturan sampai membutuhkan sampai hanya menguploadnya maka kita belum bahas tentang yang lainnya untuk mencari subacriber yang banyak dan juga trik untuk mengejar 4000 jam tayang tapi bila ada waktu luang lagi pasti blog ini akan terus update tentang mancing.