Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Umpan Geol Sendiri, Cukup Beberapa Jam Pasti Jadi!

Cara buat umpan geol sendiri Soft Frog untuk casting berbahan kayu dengan warna yang menarik? Kalian pasti bisa juga buat sendiri yang penting tau cara untuk membuatnya dan juga bahan yang dibutuhkan, tapi perlu diketahui bila masih tahap baru belajar untuk membuatnya pastikan sabar, tlaten dan benar-benar belajar buat sendiri.

Pengen buat geol Soft Frog untuk casting berbahan kayu dengan warna yang menarik

Karena proses pertama membuat umpan geol dan berbagai Soft Frog memang membutuhkan ketelitian dan juga menghabiskan banyak waktu, terutama untuk kalian yang masih tahap pertama kali untuk membuatnya, sudah pasti akan memakan waktu.

Walaupun lama sepertinya tidak masalah karena memang anggap saja untuk mengisi waktu luang, dari pada sendirian begong-bengong lebih baik ada hal positif yang dikerjakan.

Untuk kalian yang ingin membuat sendiri umpan Geol Soft Frog ini, beberapa hal yang sebaiknya kalian siapkan adalah:

  • Pisau yang tajam dan juga beling.
  • Kayu yang sudah kering, rekomendasi adalah kayu kapuk.
  • Cat semprot / pilox dan cat minyak.
  • Tang kecil dan yang besar, tapi cukup yang sedang saja.
  • Satu bugkus peniti.
  • Dauble Hook.
  • Dan juga warna-warni karet pentil ban sepeda.

Bila semua bahan diatas telah kalian siapkan, selanjutnya tinggal mencoba untuk membuatnya. Pertama ambil dulu kayu yang akan digunakan, bila yang dari pohon kapuk bahannya lebih ringan tapi bila sulit ditemukan kalian bisa cukup pakai kayu sembarangan saja yang penting tidak terlalu keras.

Setelah siap, potong dulu mengunakan gergaji sesuai dengan ukuran yang akan kalian buat, lalu kikis mengunakan pisau yang tajam dulu sampai terbentuk umpan Geol pakai pisau karter juga bisa, setelah jadi haluskan mengunakan pecahan beling atau amplas.

Pas bahan utama ini sudah jadi, ambil peniti dan luruskan mengunakan tang yang sudah kalian siapkan lalu bakar di atas api lilin sampai merah dan berlahan-lahan masukan ke bagian tengah kayu yang sudah dibentuk geol tadi untuk menembus lubang tengahnya, usahakan sampai tebus walaupun agak lama mengunakan peniti yang dibakar.

Perlu kalian perhatikan, sebaiknya lubangi saja tengahnya sampai tembus dari pada mengunakan paku ulir yang hanya ditancapkan saja ke Geol, karena cepat atau lambat paku ulir tetap akan goyang lalu terlepas dan sulit untuk memasangnya lagi. Jadi usahakan ditembus saja dengan cara peniti yang dibakar walaupun lama yang penting tembus.

Setelah tembus jangan langsung dicabut peniti tadi tapi biarkan saja dulu terpasang karena akan dibutuhkan saat akan mewarnai nanti.

Selanjutnya ambil ranting kayu kecil yang panjang kurang lebih 2 jengkal saja terlebih dahulu, lalu tancapkan kayu yang sudah jadi umpan Geol tadi dan semprot mengunakan cat pilox untuk warna dasarnya dan tunggulah kering.

semprot mengunakan cat pilox untuk warna dasarnya dan tunggulah kering

Pas sekiranya sudah tidak lengket lagi, padukan dengan warna lain seperti merah, hijau, kuning dan silver intinya kalian sesuaikan dengan warna kesukaan kalian saja lagi.

Setelah kering catnya, barulah kalian siapkan bahan utama untuk mengikat karet pentil dan dauble hook, untuk karetnya cukup potong-potong sesuai ukuran terlebih dahulu usahakan berbagai warna lalu bersamaan dengan dauble hook ikat pengunakan peniti yang sudah kalian luruskan lagi yang lain lalu lepaskan yang masih tertancap untuk diganti dengan yang baru.

Setelah karet dan doble hook terikat kencang barulah coba pasang dengan memasukan bagian atasnya ke lubang pada umpan Geol yang sudah di buat tadi, pas sudah tebus barulah langsung buat bulatan simpul selanjutnya mengunakan tang kecil untuk diikatkan senar utama nantinya.

mengunakan tang kecil untuk diikatkan senar utama nantinya

Nah sampai disini jadi kan umpan geol yang akan kalian gunakan sebagai umpan mancing casting sendiri, mudah tapi butuh sabar cara buat umpan geol sendiri dalam pembuatannya.