Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Utama Tang dan Grip Pancing

Tang dan Grip dalam perlengkapan alat pancing memang sangat dibutuhkan, tapi hanya untuk yang biasa mengunakannya saja bila yang mancing hanya sebatas sekali-sekali saja sepertinya tidak begitu diperlukan.

Tang dan Grip dalam perlengkapan alat pancing memang sangat dibutuhkan

Termasuk juga sebagian pemancing masih banyak juga yang tidak membutuhkan ke 2 alat ini, tapi justru untuk yang memang mengetahui fungsi dan kegunaanya, sudah pasti ini memang sangat diperlukan juga.

Untuk kalian yang mungkin memang belum mengetahui tapi hanya biasanya melihat saja, ada baiknya untuk kalian ketahui dengan jelas dan lebih jauh lagi dengan begitu pastinya kalian akan tau kalau alat ini juga dibutuhkan.

Supaya lebih mendetail, coba kita ulas satu-persatu supaya pas dalam pembahasannya.

Alat ini sangat dibutuhkan untuk penjepit

Pertama Tang Pancing
Alat ini sangat dibutuhkan untuk penjepit, tapi bukan hanya sebatas itu saja karena teksturinya yang kecil mungil ini, tapi justru lebih banyak hal kita butuhkan alat ini.

Contohnya mata kail yang kalian gunakan terdapat kesalahan seperti bengkok atau kurang tepat, maka tang pancing bisa kalian gunakan untuk meluruskannya, termasuk pada lubang simpil mata kail bila kurang rata kalian bisa menyetingnya dengan alat ini.

Selain itu masih banyak kebutuhan lainnya seperti terdapat kerusakan pada Ring joran pancing kalian seperti bengkok, ada yang lepas atau memang patah dan butuh di sesuaikan pastinya tang ini alatnya kan.

Dan yang lebih parahnya lagi adalah ada mata kail yang nancap ke kulit, pada saat tembus pastinya akan serba salah untuk melepaskan, ditarik maju ada simpul senar yang menganjal di tarik keluar ada cakok tajam yang menganjal di ujung runcing mata kail.

Dengan tang ini, kalian bisa mematahkan bagian simpul senar lalu melepaskan dengan mudah atau langsung dipatahkan pada bagian ujung runcingnya saja sekalian.

Jadi fungsi tang pancing juga ada banyak manfaatnya dan pastinya cepat atau lambat kalian akan membutuhkannya.

Sedangkan bila untuk yang satu ini Grip terbilang tidak

Kedua Grip Pancing
Sedangkan bila untuk yang satu ini Grip terbilang tidak terlalu banyak fungsinya tapi pas dibutuhkan sangat tepat sekali, contohnya untuk menaikan ikan ke darat bila langsung ditarik mengunakan senar kadangkan putus nah kalau pakai Grip pastinya mudah untuk dinaikan.

Bukan hanya sebatas itu saja, tetap ada yang lainnya yaitu untuk mengaitkan mulut ular saat akan mengambil mata kail, hal ini juga sangat dibutuhkan karena ada beberapa kejadian tanpa Grip langsung menaikan ular yang kena pancing tapi malah senar putus dan mematuk bagian tangan dan ada juga yang kakinya.

Bila mengunakan Grip pastinya mulut ular akan tetap terkunci dan sulit untuk melepaskanya, karena kuncian Grip semakin ditarik untuk melepaskannya maka akan semakin kuat terkunci.

Hanya saja fungsi dari Grip ini hanya tujuan yang tidak seberapa besar seperti Tang tadi, namun tetap juga diperlukan untuk berbagai keperluan saat mancing.

Nah diatas adalah sedikit ulasan tentang Grip dan Tang Pancing, bila kemungkinan kalian memang belum mengetahui lebih jauh dari itu sebaiknya coba digunakan saja langsung.

Info Tambahan
Untuk kalian yang penasaran untuk harganya tidak terlalu mahal dimana Tang cukup dengan Rp.15.000 dan Grip Rp.20.000. Untuk membelinya ya tetap saja ditoko pancing, bila didaerah kalian tidak ada toko yang jual maka bisa langsung cari orderan melalui Shopee, Bukalap atau Tokopedia alat pancing dan usahakan mendapatkan potongan Ongkos Kirim supaya tidak terlalu mahal untuk membeli Tang dan Grip Pancing.