Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Nila Kecil Makan Umpan Lumut Terus, Usir Dengan Cara Ini!

Pas mancing ikan nila dengan umpan lumut dimakan ikan kecil terus, kalau strike ya itulah jarang dapat yang besar hanya segitu-gitu saja lah, sampai bosan dibuatnya kalau pas memancing seperti ini.

Pas mancing ikan nila dengan umpan lumut dimakan ikan kecil terus

Jadinya terpaksa cari cara supaya lumut tidak dimakan ikan kecil, pas ketemu cela nah baru asik mancingnya karena strike yang babon saja.

Sebelum kalian memancing ikan nila dengan lumut yang jitu, pastikan dulu semua yang akan digunakan untuk menghindari yang kecil sudah tepat.

Bila sudah baru ditentukan untuk umpan lumut mancing ikan nila dan lanjutkan untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sampai disitu saja, untuk yang ingin memancing ikan nila bukan cuma umpan yang harus ditentukan.

Tapi jam makan ikan nila juga harus sesuai waktu, karena setiap ikan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa dipastikan untuk mancing ikan ini dimulai jam sekian.

Termasuk indra penciuman ikan yang sedang akan dipancing juga harus diketahui, seperti kutipan pada beberapa situs hewan air bahwa ikan ada yang menangkap Indra perangsang memalui pencium, kumis dan langsung melihat apa yang akan ia makan.

Bila ikan nila yang kalian pancing tidak mengetahui jenis untuk targetnya, kemungkinan diawal pasti kesulitan namun berjalanya waktu nanti tetap akan ketemu juga sela memancingnya.

Jadi kunci membuat umpan jitu ada pada karakter ikan yang kita pancing, semakin kita ketahui pola makan ikan dengan begitu sudah bisa dipastikan yang buat tidak akan menghabis waktu sia-sia juga membuang sisa bahan umpan yang kita buat.

Apa lagi bila mengunakan umpan alami, tanpa diketahui dengan jelas yang disukai untuk ikan maka siap-siap untuk zonk bin boncos memancingnya.

Mulai dari sini, pelajari lah terlebih dahulu ikan yang dipancing sebelum meracik berbagai umpan!

Untuk yang kebetulan merasakan hal seperti ini, pas mancing ikan nila pakai umpan lumut lalu pas dipasang Pelampung bergerak langsung disentak kadang kena terkadang juga tidak, pas kena ini diangkat yang kecil.

Padahal harapannya yang dinaikan besar dikitlah ya, untuk mengatasi yang seperti ini cukup perlu mengetahui caranya.

Bila tidak dipelajari bisa jadi hanya seperti ini saja, terkadang ya dapat juga yang babon besar tapi kemungkinan jarang-jarang, karena sekali tarok umpan pastinya disambar yang kecil duluan.

cara umpan lumut tidak dimakan ikan nila yang kecil

Untuk mengakali hal seperti ini, bisa mencoba 3 cara yang tepat untuk mengatasinya yaitu:

  1. Tambahkan Coton Buds.
  2. Beri Campuran Tambahan Ke Lumut.
  3. Dan Buat Umpan Racikan.

Nah ke 3 cara diatas bisa dengan cepat mengatasi supaya ikan kecil tidak makan umpan lumut yang dipakai, untuk lebih jelasnya kita bahas mulai dari yang pertamanya.

Mancing Ikan Nila Pakai Cotton Buds tapi ini hanya penambahan saja yang dimasukan mulalui senar utama dengan memberikan setidaknya 5 mata kail sekali pasang.

Cara memasangnya pertama buatlah lubang dibeberapa bagian contton buds, yang dilubangi mengunakan silet atau pisau karter lalu buat simpul dimata kail dan masukan lewat luar kedalam menjadi 1 dan kunci ke senar pancing utama.

Saat kalian menambahkan lumut, usahakan pemasangannya lebih banyak dan besar dari biasanya.

Dengan begini kalau nanti ada ikan kecil yang tersangkut dimata kail, maka yang lainnya tidak akan mengumpul lagi.

Karena membuatnya mengunakan lebih dari 1 mata kail, sudah pasti yang besarnya akan ikut kena juga bila makan lumut yang dipakai.

Bila pengunaan cotton buds diatas kurang pas dan masih saja di ganggu ikan nila yang kecil, kalian bisa mencoba untuk pakai cara yang keduanya.

Beri Campuran ke Lumut yang disukai hanya untuk nila besar saja, untuk bahan yang akan digunakan adalah masako ayam saja.

Tapi pengunaanya harus tepat caranya mudah, yaitu tinggal tambahkan masako ke dalam wadah lumut yang ada airnya.

Lalu masukan masokan secukupnya, bila airnya banyak kalian boleh memasukan 1 bungkus ke dalam wadah lalu aduk-aduk sampai rata.

Jangan lupa lumutnya dikeluar masukan dan bolak-balik supaya merata setelah itu tunggu tekstur lumutnya berubah menjadi agak coklat.

Silahkan dicoba pastinya ikan nila yang kecil tidak akan memakan lumut ini kalau strike pasti untuk yang besar saja, tapi sayangnya lumut dengan cara ini tidak bisa bertahan lama hanya seharian saja minimal 12 jam an setelah kalian beri campuran masako tadi.

Bila umpan seperti ini masih kurang tepat juga tinggal kalian coba untuk mengunakan cara racikan.

Untuk membuat racikan yang pertama cukup gunakan Pelet pakan ikan, ambil 3 sendok makan lalu siram air panas secukupnya dan lumat sampai halus kemudian kasih setengah sendok makan pasta Pandan dan setengah sendok teh vanilli lalu aduk sampai rata dan siap untuk kalian gunakan.

Dengan racikan sederhana ini pastinya ikan nila kecil tidak akan mau makan karena targetnya memang untuk yang besar saja tapi sekali-kali tetap mau juga makan yang kecilnya, nah beberapa cara diatas bisa kalian gunakan dan memilihnya yang tepat untuk kalian pakai supaya ikan nila yang kecil tidak memakan umpan yang digunakan.