Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memancing Ikan Betok Besar, Lengkap Dengan Umpan

Umpan khusus untuk mancing ikan betok yang besar sepertinya perlu kalian ketahui, karena bila hanya pakai yang alami dan biasa digunakan terkesan hanya sebatas itu saja.

Kalaupun dapat bisa dipastikan kebetulan saja, selebihkan untuk ukuran yang biasa.

Umpan khusus untuk mancing ikan betok yang besar sepertinya perlu kalian ketahui

Berbeda bila memancing target ikan betok yang besar memang sudah ditentukan, jadi pas mancing yang mesti kalian perhatikan ya tinggal umpan yang lokasi saja.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan betok besar di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan betok tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan betok besar, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan betok besar yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan betok yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan betok, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan betok dengan cepat.

Perlu diketahui, ikan betok besar hampir sama seperti yang lain.

Semakin besar ikan, maka akan bertambah sensitif terhadap pemancing apa lagi pas dilokasi yang sering ada orang mancing, pasti ikan betok besar akan menjauh tempat tersebut dan sekaligus umpan yang kalian gunakan.

Walaupun ikan betok besar awalnya tertarik untuk makan, tapi pas diketahui ada orang yang mancing pasti akan pergi menghindari dan tidak akan memakan umpan yang kalian pakai.

Jadi untuk memancing ikan betok yang hanya untuk besar saja, maka bukan cuma umpan saja yang harus diketahui tapi cara mancing juga harus tau, sekaligus diterapkan bila hanya untuk memancing babon.

Pertama yang harus diketahui adalah tempat yang biasa mendapatkan ikan betok, bila terkesan banyak dan sering dapat pasti tetap ada yang sudah berukuran besar.

Tapi keberadaan ikan betok besar memang menjauh dan bersembunyi, karena sensitif terhadap pemancing, bila yang kecil ya memang terus makan dan terkesan ganas.

Karena ikan menjauh, sudah tentu harus mengunakan joran pancing mengunakan Reel atau tegek yang cukup panjang.

Minimal 270 atau 300 sudah pas lah, tapi perhatikan sikon memadai tidak bisa mengunakan yang panjang, untuk simpelnya ya pakai joran terpasang Reel saja biar mudah.

Jadi untuk memancing betok babon pastikan dulu jangkauan, lemparan umpan yang di gunakan minimal jauh dari tempat kalian duduk.

Semakin jauh lebih bagus, karena sensitif tadilah bila kalian mancing dengan jarak dekat pasti sulit dapat.

Setelah paham dengan lokasi titik yang jauh untuk dipasangi umpan, pastikan jangan banyak bersuara atau mengobrol-ngobrol sama teman walaupun jarak sudah jauh, pastikan santai dan tetap tenang.

umpan ikan betok besar yang pasti dimakan dengan cepat

Bila umpan untuk mancing ikan betok babon yang dipakai tetap sama saja seperti:

  • Cacing biasa / Sampah.
  • Kroto semut angkrang.
  • Ulat bambu / pisang.
  • Anak tawon.
  • Dan pelet racikan.

Untuk pengunaan umpan tidak pengaruh untuk ikan betok babon ini, yang penting titik mancingnya jauh dari kalian duduk dan mata kail yang dipakai tajam dan kuat.

Bila beberapa hal diatas bisa kalian terapkan, silahkan dicoba untuk mancing ikan betok babon karena dalam satu lokasi yang banyak ikan betoknya sudah pasti tetap ada yang berukuran besar minimal 5 jarian tapi karena memang sudah sensitif jadi sulit untuk dipancing dan jarang-jarang pemancing mendapatkannya.