Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mancing Ikan Bujuk Siri / Gabus Luncung Loreng Yang Susah Makan

Mancing ikan bujuk sirih / gabus luncung loreng dengan warna yang cantik dan juga jarang-jarang terlihat tapi ada.

Biasanya kan ikan gabus loreng ini sering terlihat hampir disemua spot kita casting atau mancing, tapi sayangnya malah makannya memang susah tidak seperti kebanyakan gabus lainnya.

Mancing ikan bujuk sirih / gabus loreng dengan warna yang cantik

Bujuk sirih / gabus loreng ini bila yang sering kami alami dan terlihat saat mancing, ia hanya mendatangi dekat dengan umpan yang kita gunakan lalu seolah-olah akan memakan tapi mencium lalu mundur dan pergi.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan bujuk siri di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan bujuk siri tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan bujuk siri, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan bujuk siri yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan bujuk siri yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan bujuk siri, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan bujuk dengan cepat.

Bila di lempari umpan / casting terkadang hanya diam saja, walaupun melintas diatas, depan, sampingnya terkadang juga langsung hilang begitu saja.

Waktu dulu sejenak berfikir ini ikan bujuk sirih kok tidak mau memakan umpan, sedangkan yang digunakan sudah pas dan tepat dalam mengunakannya seperti:

  • Cacing.
  • Kodok alami.
  • Lure saat casting.
  • Dan pakai jig tetap saja tidak mau.

Walaupun belum di makan saat itu pantang mundur dan berfikir lagi umpan yang di makannya.

Ternyata memang umpan yang kami gunakan salah, termasuk yang tidak di sukai ikan bujuk sirih / gabus loreng saat dipancing.

Pas mengunakan umpan yang tepat tidak perlu waktu yang lama langsung strike dan landed.

Umpan digunakan untuk mancing bujuk sirih / gabus loreng ini adalah:

Umpan digunakan untuk mancing bujuk sirih / gabus loreng ini adalah
  • Bila Mancing Tajur
    Pakai Jangkrik dan ulat pisang, dijamin langsung strike.
  • Bila Casting
    Tetap sama saja mengunakan jangkrik tapi masangnya sedikit berbeda, pasang umpan langsung di Lure jadi pasangkan 2 atau 3 dan pastinya juga strike.

Ternyata letak kesalahannya, hanya tidak pas dengan umpan yang dipakai saja.

Tapi ada juga teman yang memancing casting mengunakan Lure dan masih tetap dapat saja tapi hanya 1 atau 2 ekor, yang lainnya tetap gabus biasa.

Pas tanya sama teman kok bisa dapat ini emangnya pakai umpan apa? Jawabnya simpel!

Ini ya cuma dipancing casting pakai lure, memang ada banyak bujuk sirih dispot yang dipancing tapi hanya kena satu ini saja.

Dikemudian hari, kami coba praktekan dengan teknik yang pernah dipakai, hasilnya memang tetap dimakan dan banyak yang landed.

Akhirnya kelar sudah yang dipikirkan untuk umpan mancing ikan bujuk sirih / gabus loreng ternyata memang umpan yang digunakan itu salah.

Nah untuk kalian yang ingin memancing ikan ini, tapi tidak mau makan silahkan dicoba untuk mengunakan umpan yang lainnya lagi.

Seperti yang sedikit kami jelaskan diatas, jangan mengunakan umpan yang biasa kalian gunakan.

Karena ikan bujuk sirih tidak sama dengan gabus lainnya yang memakan umpan jenis Kodok alami sesekali makan cacing.

Termasuk casting mengunakan Lure, hasilnya sama saja kurang di minati ikan ini.

Bila kalian ingin sambil ngestingnya cobain juga untuk sambil mencantelkan jangkrik atau ulat pisang di beberapa bagian Lure yang kalian gunakan.

Tapi bila sudah diakali mengunakan berbagai macam umpan diatas masih juga tetap tidak mau makan ikan bujuk sirihnya.

Kemungkinan memang ada kesalahan lainnya dan kunci untuk mendapatkannya ya pasang perangkap atau sekalian ditajur saja semalaman.

Itu kalau memang kalian penasaran banget untuk mendapatkannya, bila masih hanya terpikirkan masih sulit ya tinggal ambil sisi baiknya saja Ikan Bujuk Sirih / Gabus Loreng memang belum rezeki.