Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Trik Mancing Ikan Gabus (Toman) Umpan Katak, Pasti Landed!

Mancing ikan gabus dan toman pakai umpan katak mengunakan 3 trik ampuh memang jarang meleset, setiap kali disambar pastinya akan langsung kena ke mulut atau bagian krongongan ikan gabus.

Tak jarang juga sekalian bagian ekornya, terkadang tetap saja sangkut mata kail karena kecepatan tinggi untuk menyambar umpan yang dipasang.

Mancing ikan gabus dan toman pakai umpan katak mengunakan 3 trik ampuh memang jarang meleset

Tapi disayangkan, terkadang para pemancing yang mengunakan katak sebagai umpan hanya sebatas memasang dan menunggu saja.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan gabus dengan trik di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan gabus liar tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan gabus liar, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan gabus liar yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan gabus liar yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan gabus, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan gabus liar dengan cepat.

Tidak ada mengunakan beberapa trik untuk memancing, jadi bila hanya sebatas itu maka ikan gabus atau toman yang didapat ya sebatas itu juga hasilnya.

Berbeda dengan yang selalu berusaha untuk mengunakan beberapa cara lain, sekali strike ikan pasti akan bermacam-macam jenis dan juga jumlah ikan yang didapat.

Beberapa trik yang mungkin cocok untuk kalian gunakan sebagai berikut:

  • Menganti cara pemasangan kataknya.
  • Membuat katak alami bergerak dengan teknik casting.
  • Dan langsung tenggelamkan umpan katak yang kalian gunakan.

Dengan beberapa trik diatas pastin strike tidak akan menghiati usaha, yang penting punya kemamuan dan tekat yang kuat untuk memancing dan dapat ikan.

Maka dari itu, untuk yang kemungkinan ingin mencoba mengunakan beberapa trik ini tidak ada salahnya dicoba dulu.

Karena bila pas, pasti akan mendapatkan banyak ikan secara melimpah, beberapa trik yang bisa kalian gunakan, kita coba mulai dari yang pertama yaitu satu!

1# Cara Pasang Katak Supaya Terus Bergerak

trik mancing ikan gabus pakai umpan katak jarang tidak dapat

Untuk yang pertama, cobalah pemasangan umpan katak mengunakan teknik mengambang dan terus bergerak.

Untuk pemasangan, cukup kaitkan mata kail kalian melalui paha kaki sebelah boleh kiri atau kanan.

Selanjutnya, setelah tembus paha tadi lanjutkan dengan menembus lagi ke bagian bawah perut supaya bisa bertahan hidup lebih lama.

Fungsi hanya mengaitkan ke sebelah kaki saja, itu supaya katak nanti bisa terus bergerak mengunakan kaki yang sebelah.

Dengan begitu, pasti akan terdapat riak air dan memancing ikan gabus atau toman datang ke sumber, pas ketemu katak yang sedang terpasang maka langsung Strike deh.

Perlu diperhatikan, pemasangan untuk menembus paha katak tadi dan dilanjutkan ke bagian bawah perut jangan terlalu jauh.

Cukup kaitkan mata kail secara tipis saja ke bagian bawah perut, ada diatas sedikit paha tadi bila terlalu tinggi (perut) maka pasti tidak lama akan tetap matilah.

Trik diatas adalah mengunakan cara mancing tajur yang mengunakan rating atau kayu saja sebagai garan, bila kalian mengunakan joran + Reel akan lebih baik pakai cara selanjutnya.

2# Cara Mancing Casting Umpan Katak Langsung Disambar

cara mancing casting umpan katak langsung disambar

Kebanyakan cara ini digunakan bila spot mancing ikan gabus atau toman yang sudah sulit makan, baik karena sering dipancing atau juga memang sudah berkurang.

Berbeda bila habitat ikan-ikan masih jarang dipancingi, cukup pakai soft frog atau lure pastinya akan langsung strike.

Kalau dilokasi seperti ini bulak-baliklah castingnya pakai Soft Frog yang ada hanya capek doank lagi.

Kecuali bila langsung mengunakan umpan katak asli (alami), tinggal cara memasangnya saja lagi yang dicocokan.

Karena kebanyakan yang mengunakannya, hanya langsung menamcapkan mata kail ke bagian mulut atas dan menembus bawah saja kemudian membuat riakan air dengan teknik casting.

Pemasangan diatas boleh saja dipakai bila katak yang digunakan sudah mati, tapi kalau masih hidup pastinya sayang banget untuk disia-siakan.

Karena pemasangannya akan lebih baik lagi bila menembus bagian perut ke tengah kedua kakinya.

Dengan teknik ini pastinya saat dilemparkan, nantinya pas di gulung katak akan bergerak secara alami untuk terlepas dari mata kail dengan begitu dianggap umpan alami tanpa pancingan yang digunakan maka ikan gabus atau toman langsung landed dah pastinya.

Bila trik diatas masih terkesan sulit, masih bisa mencoba yang ke 3 terakhir dan pastinya karang meleset untuk mancing ikan predator buruan casting ini.

3# Mancing Ikan Gabus / Toman Pakai Umpan Katak Di Tenggelam Kan

mancing ikan gabus / toman pakai umpan katak di tenggelamkan

Trik inilah yang pamungkasnya, walaupun casting tetap saja mengunakan cara ini pasti dapat ikan gabus / toman yang sedang ditarget.

Jadi untuk teknik mancing ini caranya simpel dan mudah tapi tetap ada resikonya bila pakai cara ini, untuk mengunakannya seperti ini.

Pertama cukup kalian casting umpan katak alaminya, bila sudah terlalu lama tidak dimakan ikan atau kataknya memang sudah mati maka lemparkan langsung umpannya ke titik target yang kalian pancing lalu biarkan tenggelam.

Setelah semua senar mendekati joran tenggelam semua, cukup kasih cagak supaya joran tidak langsung dibawa ikan gabus bila dimakan nanti.

Mengunakan teknik ini memang lama dimakannya, tapi jarang yang meleset selagi memang lokasi yang kalian pancing ada ikan gabus atau tomanya.

Tapi bila memang sudah tidak ada ikannya, malah yang didapat bisa resikonga saja yaitu pas mau mengulung senar terdapat kayu atau sangkutan di dasar air pastinya akan tersangkut dan menarik paksa, akhirnya ya putus mata kailnya.

Kesimpulan
Mengunakan cara diatas bisa dikatakan tepat dan pas, tapi bila kalian hanya mengunakan teknik casting.

Pastinya akan berpindah-pindah terus, dan tidak akan bisa pakai cara diatas karena pastinya akan membuat kalian menunggu ikan yang memakan umpan pancing yang digunakan.