Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Ikan Lele / Lembat Terang Bulan, Begini Cara Cepatnya

Mancing ikan lele / lembat terang bulan dimalam hari, perlu extra pengetahuan yang diketahui.

Bila salah bisa-bisa tidak dapat sama sekali karena susah memancing saat bulan penuh.

Mancing ikan lele / lembat terang bulan dimalam hari

Terutama saat bulan purnama, mancing ikan lele liar, pasti terasa sulit banget sekalipun disenter nyari tidak akan terlihat lagi ikan lele / lembat.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan lele di alam liar, yang harus diperhatikan adalah jenis umpan yang biasanya dipakai.

Umpan yang sudah biasa untuk digunakan itu bisa disimpulkan sudah menjadi naluria untuk dimakan, karena sedari kecil sudah mengenal aroma dari makanan tersebut.

Tapi perlu diketahui ada beberapa ikan lele yang memiliki Sungut (kumis), tidak mengandalkan aroma melalui penciuman.

Dilansir dari situs hewan air seperti ikan yang berkumis dijadikan peraba untuk apa yang akan dimakan, jadi tidak mengandalkan penciuman lagi juga pandangan mata tidak begitu baik jadinya harus mendekat dulu melalui Indra peraba yang disimpulkan dengan nama kumis, padahal asli sebutannya bukanlah itu.

Walau begitu, umpan ikan lele lembat tetap diutamakan saat memancing, untuk yang lebih penting dari itu adalah jam makan ikan lele.

Dengan mengetahui waktu jam makan ikan, membuat kita bisa memprediksi saat akan berangkat mancing siang atau malam hari.

Setiap waktu ikan akan mulai memakan itu berbeda-beda, ada ikan yang aktif siang hari dan juga malam seperti jenis nokturnal.

Dengan memahami pola makan ikan juga karakter dari jenis ikan lele lembat yang akan dipancing, sudah jelas akan memberikan pengetahuan untuk kita berfikir cara yang terbaik untuk mendapatkan ikan yang banyak dan besar.

Disinilah kunci utama kita mengenal terlebih dahulu ikan lele yang akan dipancing, jadi jangan asal memancing saja bila merasakan jengkel tidak pernah strike.

Setelah mengetahui dengan jelas semua yang dibutuhkan untuk memancing ikan lele, barulah bisa menjadi suhu yang handal untuk mendapatkan ikan lele lembat dengan cepat.

Diatas hanya terjadi untuk yang belum mengetahui cara mancing, bila sudah paham terkesan biasa saja dan sangat diharapkan untuk kondisi seperti ini karena pasti tidak akan turun hujan pas sedang mancing.

Hal yang harus di ketahui saat mancing dalam hal seperti ini, adalah titik-titik ikan lele berada.

Karena biasanya bila terang bulan ikan ini akan menghindari cahaya, sehingga beberapa tempat yang terkena sinar sudah pasti tidak akan terlihat lele / lembat, tapi bila dititik tertentu tetap saja terlihat.

Jadi bila kalian mancing saat terang bulan ini, pastikan mengetahui bagian sungai yang rimbun dibeberapa tempat.

Bila tempat yang gelap sudah pasti tetap ada ikan lele / lembat, terutama bila ada bagian pinggir air terdapat pohon yang ada akar, sudah pasti lele berada di bawah karena bersembunyi dari sinar terang bulan malam hari.

Untuk cara memancing hanya sebatas itu saja, cukup cari titik lokasi yang gelap dan tertentup rimbunan.

Terlebih bila mengunakan umpan yang bau amis menyengat, sudah pasti tetap akan keluar dari persembunyian menemui sumber bau yang di gunakan.

Diatas bila memancing pada waktu sembarangan, sebut saja dibawah jam 10 malam saat terang bulan masih naik tinggi, harus memilih spot untuk menarok umpan.

Bila menentukan waktu yang tepat, biasanya tidak perlu lagi memilih dan bahkan lebih banyak ikan lele / lembat yang bisa kalian dapatkan dari biasa.

Untuk memilih waktu cukup mudah, perhatikan saat pertama kali purnama penuh, keesokan malam sebelum pergi untuk mancing pastikan saat bulan tenggelam.

Minimal jam setengah 4 subuh, sudah pasti ikan akan keluar untuk mencari makan, hampir semua yang tadi bersembunyi akan keluar dan sudah jelas banyak kan.

sudah pasti ikan-ikan akan keluar untuk mencari makan, hampir semua yang tadinya bersembunyi akan keluar

Hal inilah yang terkadang tanpa disadari oleh pemancing ikan lele / lembat terang bulan malam hari, kurang mengetahui waktu yang tepat untuk memancing.

Sedangkan bila saat waktu keluar dengan tenggelam bulan tadi, justru bisa dapat ikan lebih banyak lagi dari biasanya.

Hanya saja, bila kalian menargetkan jam 4 subuh untuk memancing, pasti kan tidak akan lama karena bila saat matahari mulai terbit nanti tetap saja ikan ini akan kembali ke sarang.

Jadi minimal hanya 3 jam saja paling lama kalian memancing pada waktu ini.

Walaupun sebentar, dapat ikan nanti tetap juga lebih sebanding dari biasa.

Tambahan
Bila kalian akan memancing pada waktu diatas, pastikan kalian mengunakan umpan cacing kaling atau ulat bambu yang direndam dengan kuning telur bebek.

Dengan aroma kuning telur pastinya ikan lele / lembat akan mencari sumber aroma tersebut walaupun terang bulan pastinya tetap akan mencari umpan tapi tetap harus berada di tempat yang gelap atau rimbun. Selama mencoba, salam Gentak!